Skip links

Cara Membangun Bisnis Online, Cocok untuk Pemula

Ada ratusan cara membangun bisnis online. Meski tanpa modal dan tidak memiliki lahan, semua memiliki kesempatan yang sama untuk membangun bisnis online yang sukses. Bagaimana tahapannya?

Table of Contents

Cara membangun bisnis online – Berbisnis kian mudah dengan adanya media digital. Tidak perlu menyewa tempat atau bahkan modal besar. Cukup memanfaatkan gadget, Anda dapat memperoleh keuntungan dari mana saja. Namun demikian, bagaimana cara membangun bisnis online?

Tentu dalam prosesnya membutuhkan pengelolaan tepat supaya terus bertumbuh. Dalam ulasan kali ini Crooud memberikan gambaran terkait cara membangun bisnis online yang mudah diaplikasikan. Mari simak bersama!

Apa itu bisnis online?

Pertumbuhan E-commerce menjadi penanda bahwa dunia online semakin dilirik. Tidak ada jarak antara setiap orang dengan yang lain sebab akses lebih mudah.

Privilege yang ada bukan hanya dimiliki oleh pengguna, namun bagi beberapa orang yang peka terhadap perubahan. Lantas akan memunculkan ide-ide berbisnis online

Bisnis online adalah merujuk pada aktivitas jual beli barang dan jasa secara online. Pada model ini transaksi komersial terjadi melalui jaringan digital atau elektronik, misalnya e-Bay, PayPal, Shopeepay, Gopay, transfer bank, dan jenis pembayaran lainnya.  

Semua jenis kegiatan bisnis yang berlangsung melalui internet adalah contoh bisnis online. Jangkauan pasarnya sangat luas hingga meraup pengguna hingga ke beberapa daerah bahkan negara. Cara transaksinya pun mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

Contoh-contoh bisnis online

Di berbagai penjuru dunia, banyak contoh bisnis online yang telah berkembang dengan pesat. Berkaca pada Indonesia saja, ada beberapa layanan berbasis online yang memiliki aset yang luar biasa, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Ruang Guru, dan masih banyak lagi. 

Perusahaan-perusahaan tersebut tentu tidak langsung menjadi besar, namun dibangun dan dirintis dari awal. Berikut beberapa gambaran bisnis online yang bisa dicoba:

Kategori 1: Jual barang

Yang paling mungkin dilakukan untuk memanfaatkan jaringan internet menjadi sebuah bisnis, yakni memasarkan barang di media sosial atau bahkan membuat domain sendiri. 

Konsep yang dapat dilakukan bermacam, Anda dapat bermitra dengan berbagai perusahaan penjualan atau membeli barang lalu menjualnya kembali, dsb. 

Beberapa contoh yang bisa dilakukan, menjual berbagai macam baju, sepatu, tas, souvenir, buku serta masih banyak lagi lainnya.  

Kategori 2: Jual jasa

Selanjutnya ialah bisnis online jual jasa. Kategori ini menekankan pada keterampilan yang dimiliki, kerjasama langsung antara klien dan pemilik bisnis.

Beberapa contoh bisnis online dengan cara menjual jasa antara lain, desain grafis, sablon, jasa SEO, pengembangan website hingga kepenulisan. Bisa juga bergerak di bidang yang lebih formal seperti pengatur keuangan, pembukuan, konsultan, dsb.

Keuntungan berbisnis online

Keuntungan memiliki bisnis online yang paling terlihat adalah fleksibilitas waktu dan tempat. Selain itu ada pula poin plus lainnya, yakni sebagai berikut:

Berjalan 24/7

Karena pada dasarnya modal utama yang harus dimiliki adalah jaringan internet, maka dalam kerjanya, pemilik bisnis online bisa terus mengoperasikan setiap waktu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Fleksibilitas tempat kerja

Selain waktu, kemudahan yang diberikan adalah fleksibilitas tempat kerja. Anda tidak perlu keluar rumah atau ruangan untuk menjalankan bisnis. 

Atas dasar itu, pemilik bisnis online bisa melakukan dan mengelola berbarengan dengan pekerjaan atau kegiatan lain yang menuntut untuk keluar ruangan.

Modal awal rendah

Bisnis online merupakan solusi tepat bagi pemilik modal kecil, namun ingin profit besar. Dengan ketepatan dalam membaca situasi dan melakukan secara efektif, maka kegiatan usaha bisa dilakukan maksimal meskipun hanya bermodal jaringan internet dan gadget. 

Kemudahan dalam berkomunikasi

Salah satu hal penting dalam berbisnis adalah kelancaran komunikasi dengan berbagai pihak, seperti mitra kerja atau pelanggan. Bisnis online akan memberikan kemudahan itu karena pada dasarnya adalah memanfaatkan jaringan internet. Maka komunikasi atau pertemuan yang dilakukan dengan berbagai pihak sebagai besar juga melalui virtual.

Pengelolaan mandiri

Dengan memiliki bisnis online, siapa saja bisa berkarya dan memutuskan segala sesuatunya dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi konsep usaha mula-mula tidak berkaitan keputusan dari pihak lainnya.

Aman untuk pemula

Seseorang yang akan memulai bisnis akan merencanakan segala hal supaya dapat berhasil, salah satunya adalah mengantisipasi kerugian. Akan tetapi tidak perlu khawatir sebab bisa dikatakan bahwa membangun bisnis online sangat ramah dan aman bagi pemula.

Cara Membangun Bisnis Online

Ide bisnis dari mana saja

Sebelum memulai dan menjalankan bisnis online, pastikan apa yang akan dikerjakan sesuai dengan potensi dan keterampilan serta keresahan yang dirasakan. Mengapa demikian?

Sebab Anda akan mengetahui banyak hal tentang itu, termasuk bagaimana cara menghadapi permasalahannya. Di sisi lain, menentukan dan mencari ide bisnis bisa dilakukan dengan berbagai macam hal, dari saran teman atau kerabat, tren, kebutuhan calon konsumen serta survey. 

Ide bisnis dari permasalahan serta kebutuhan

Tidak selamanya masalah yang dihadapi menjadi beban. Olah hati dan pikiran yang kita rasakan, sehingga menjadi peluang yang bagus untuk bisnis. 

Contoh saja misalkan kita kesulitan dalam mencari situs web. Dari situ bisa dimanfaatkan untuk membuat jasa pembuatan website dan bekerja sama dengan orang yang ahli di bidangnya.

Riset awal

Proses riset ini menjadi bagian yang wajib dilakukan di awal berbisnis. Mulai dari bagaimana menentukan pasar, cara menghadapi persaingan, tujuan usaha dan rencana hingga strategi lainnya.

Riset lanjutan

Riset lanjutan diperlukan ketika telah menentukan jenis bisnis apa yang ingin dibangun. Hal ini penting dilakukan untuk benar-benar memastikan bahwa ide yang akan dibangun sesuai dengan rencana ke depan. 

Riset lanjutan sifatnya adalah memutuskan segala hal yang diperlukan. Mulailah untuk menentukan target konsumen yang akan dituju, konsep bisnis, ciri khas tertentu dari usaha, dan lain sebagainya. 

Pada proses ini juga, seorang pebisnis sudah mulai mempelajari keuntungan, kerugian, dan perencanaan lainnya. 

Pelajari aturan dalam berbisnis

Sebelum bisnis benar-benar beroperasi, persiapkan hal yang menyangkut administrasi dan hukum terlebih dahulu. Keuntungan dari mempelajari aturan yang berlaku akan berdampak jangka panjang, misalnya dari segi jaminan keamanan, fasilitas, hingga kemudahan dalam berkembang.

Kepemilikan bisnis 

Aturan dan penetapan dalam kepemilikan bisnis online memang tidak terlalu diperlukan jika dilakukan secara mandiri. Namun tidak ada salahnya untuk mempelajari terkait kepemilikan ini di awal-awal mebangun bisnis.

Di satu sisi, penetapan kepemilikan diperlukan jika membangun usaha dengan cara bermitra dengan beberapa orang. Hak serta kewajiban harus tertulis secara jelas supaya apapun yang menyangkut operasional dapat dipahami oleh berbagai pihak yang terlibat. 

Secara umum, konsep kepemilikan bisnis terbagi dalam beberapa kategori:

1. Kepemilikan tunggal

Sesuai dengan namanya, konsep kepemilikan tunggal berarti pemilik bisnis bersedia bertanggung jawab secara pribadi terhadap keuntungan, risiko, laba, rugi dari usaha yang dijalani.

2. Kemitraan

Bisnis online bukan tidak mungkin dilakukan berdua atau beberapa orang. Dengan demikian, aturan dalam kepemilikan diatur pada konsep kemitraan. Ini akan menghindari masalah-masalah seperti sengketa, bagi hasil dan lain sebagainya.

3. Perusahaan

Konsep kepemilikan perusahaan berarti menyerahkan dan membentuk perusahaan sebagai pemegang keputusan dan tanggung jawab. Tentu setiap bentuk korporasi akan berbeda-beda pedomannya.

Platform yang dipakai

Bisnis online tidak terlepas dari platform. Ialah media yang digunakan untuk kegiatan transaksi jual beli serta kegiatan lain yang menyangkut pemasaran serta pengelolaan keuangan.

Ada berbagai platform jual beli yang kini banyak digunakan oleh pebisnis pemula, seperti Instagram, Facebook atau bahkan marketplace contohnya yakni Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada hingga Blibli. Masing-masing memberikan jaminan kemudahan serta keamanan baik kepada penjual dan pembeli. 

Penting dicatat, pelajari dahulu sebelum memulai menentukan platform bisnis. Ini akan berdampak pada proses selanjutnya dalam mengembangkan usaha online

Cari vendor yang sesuai

Mempelajari mitra bisnis penting untuk memahami track record. Usahakan mencari vendor terpercaya dan memiliki sepak terjang bagus. 

Selain itu, menentukan mitra memang tidak hanya dilihat dalam satu sisi saja, tetapi juga penting menyelaraskan visi serta misi. 

Saatnya berbisnis online

Setelah memahami beberapa tips dan cara di atas, kini saatnya untuk merealisasikan membuka bisnis online. Jauhkan pikiran negatif dan mulailah untuk menyusun rencana. 

Tanamkan bila semua bisnis akan berjalan lancar apabila dimulai dengan rencana serta strategi yang matang.

Ciptakan lingkungan kerja yang profesional

Awali setiap bisnis yang dibangun dengan profesionalitas. Jangan menunggu bisnis menjadi besar dulu baru mengubahnya. Salah satu hal kecil yang bisa dilakukan untuk memulai ialah memisahkan email pribadi dan bisnis.

Selain itu, profesional juga bisa dibentuk dengan menentukan jam kerja. Kendati ini tergantung dari masing-masing pribadi, namun penting untuk menjadi disiplin. 

Berpikir proses 

Salah satu cara untuk membantu bisnis online bertahan lama dengan segala permasalahannya adalah tidak berpikir hanya pada tujuan. Konsep ini cocok bagi siapa saja yang akan memulai bisnis.

Keuntungannya adalah ketika memang bisnis yang ingin dibangun tidak berjalan sesuai harapan, maka semangat memperbaiki bahkan memulai ulang tidak surut. 

Selain itu, dalam prosesnya, berpikir bahwa ‘keuntungan kecil lebih baik daripada mengambil profit besar namun goal tidak tercapai’ sangat penting.

Pasarkan bisnis online

Sebaik-baiknya produk atau kualitas keterampilan akan sia-sia jika dalam pemasarannya kurang maksimal. Calon konsumen dapat mengetahui bisnis dari berbagai cara, salah satunya adalah media sosial.

Gunakan semaksimal mungkin fasilitas media sosial yang ada untuk memasarkan produk atau layanan Beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan antara lain:

  • Instagram
  • Facebook
  • Tiktok
  • Platform Belanja Online (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dsb)
  • Web Pribadi
  • Web Lain (menyisipkan di beberapa artikel miliki instansi lain)
  • Membuat artikel pemasaran sendiri (sesuai dengan SEO)
  • SociaBuzz
  • GoogleAds
  • Youtube

Putar pendapatan

Bisnis online yang telah berhasil mendapatkan keuntungan bisa langsung diputar kembali sebagai modal. Atau bila perlu kembangkan lagi yang telah ada dengan berbagai inovasi serta fasilitas.

Hindari menyimpan keuntungan secara pasif sebab nilai mata uang lambat laun akan naik. Usahakan selalu memutar dan memaksimalkan profit.

Evaluasi secara berkala

Tidak perlu menunggu waktu lama atau ada masalah untuk mengevaluasi kinerja dari bisnis. Jika perlu, terapkan konsistensi pada sistem atau aturan waktu supaya bisa melihat kekurangan dan keuntungan. 

Dalam membangun bisnis online, evaluasi setiap kinerja sangat dibutuhkan sebagai pedoman mengembangkan usaha. 

Pembukuan yang rapi

Salah satu cara mengembangkan bisnis online adalah menata pembukuan sebaik dan serapi mungkin. Dari proses tersebut akan diketahui secara jelas pemasukan, pendapatan serta profit. Kemudian memudahkan dalam merencanakan anggaran serta modal. 

Mementingkan kepuasan pelanggan

Salah satu tips supaya bisnis online bisa bertahan ialah menempatkan kepuasan pelanggan di urutan pertama. Ini bisa menjadi cara membangun brand awareness, sehingga membuka peluang untuk membentuk loyalitas. 

Hal-hal yang harus dihindari dalam membangun bisnis

Tidak memahami keinginan pelanggan

Pelanggan adalah raja. Bukan tanpa alasan, karena mereka yang menjadi kunci kesuksesan dan pertumbuhan bisnis.

Dengan demikian, pahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Maka dari itu, riset tidak hanya dilakukan di awal, melainkan secara berkesinambungan.

Tidak disiplin

Meskipun menjadi bos dari bisnis sendiri, namun tetap ingat selalu untuk disiplin, produktif serta profesional. Tiga karakter tersebut berpengaruh terhadap perkembangan usaha di masa mendatang.

Takut memiliki saingan

Berbahagialah jika memiliki pesaing. Dengan adanya mereka, maka akan memudahkan dan memacu Anda untuk terus berinovasi serta memberikan yang terbaik.

Jiwa kompetitif ini memang dibutuhkan di setiap pekerjaan apapun, tanpa terkecuali sebagai seorang pebisnis. Gunanya untuk memantik ide-ide terbaru.

Memaksakan modal 

Modal merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis. Akan tetapi, pastikan agar tidak terlalu memaksakan. 

Misalnya begini, apabila ingin membuka bisnis online menjual produk apparel ori. Namun ketersediaan modal awal belum mencukupi. Sebaiknya mulailah dari hal kecil terlebih dahulu, seperti menjadi dropshipper atau reseller.

Dari keuntungan memulai bisnis tersebut bisa dikumpulkan sebagai modal menjadi distributor atau supplier resmi produk apparel ori. 

Tidak cukup berbeda

Salah satu tantangan dalam berbisnis online adalah menjadi beda. Mengapa hal ini sangat penting, karena akan memberikan kesan baru kepada pelanggan. Terlebih jika produk Anda lebih baik, variatif serta mengikuti tren.

Kesimpulan

Cara membangun bisnis online sebenarnya mudah, jika mengerti cara dan aturan-aturan yang harus dilakukan. Di sisi lain, penting menghargai proses karena sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil.

Leave a comment