Skip links

8 Cara Jitu Mendapatkan 25.000 Follower Instagram dalam 3 Bulan

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial paling cepat berkembang di dunia. Melalui platform ini, produk lebih dikenal karena memiliki beragam fitur yang mendukung strategi marketing. Oleh sebab itu, saatnya mencari cara jitu mendapatkan follower.

Table of Contents

Instagram dinilai sebagai platform ideal untuk mempromosikan produk atau jasa. Kini, media sosial tersebut menduduki peringkat ketiga paling populer setelah Facebook dan Youtube. Pertumbuhannya yang tinggi membuat pelaku bisnis mulai mencari cara jitu mendapatkan follower guna memajukan usaha.

Memulai bisnis melalui Instagram membutuhkan strategi tepat, salah satunya yakni mencari cara jitu mendapatkan follower. Pada ulasan kali ini, Crooud akan membagikan langkah tepat meraup pengikut prospek. Simak ulasannya berikut!

1. Mulai bermain Instagram

Ketika orang memutuskan untuk mengikuti suatu akun, artinya ada hal menarik di dalamnya. Berdasarkan itu, buatlah konten bagus, sarat akan makna juga memiliki gambar mendukung. Anda tidak dibatasi apapun dalam menentukan unggahan.

Kemudian pastikan mengunggah sekitar 1-3 gambar per hari sebagai permulaan. Sebuah studi oleh Quintly di tahun 2015 menyebutkan bahwa semakin konsisten, maka follower juga bertambah.

Nah, apabila unggahan feed harus diatur sedemikian rupa agar menarik, berbeda dengan di Instagram story. Melalui fitur ini, rekam peristiwa-peristiwa lucu, indah, menegangkan hingga memorable untuk mengundang audiens.

Selain mengunggah konten secara konsisten, penting juga memastikan bio merefleksikan perkembangan bisnis terkini. Bisa juga menaruh tautan yang tersambung ke landing page produk. Sertakan pula foto profil berupa logo merek sebagai citra perusahaan.

Apakah langkah memulai Instagram di atas cukup mudah? Saatnya beranjak ke step cara jitu mendapatkan follower berikutnya.

2. Ikuti akun dalam lingkup usaha dan jaringan pertemanan

Apakah Anda ingin diikuti oleh banyak orang? Sebagai catatan, sebaiknya follow akun yang berada di lingkup jaringan dan usaha. Ini akan membantu dalam benchmarking, informasi terkini terkait bidang bisnis, memperluas pangsa pasar hingga meningkatkan peluang follow back.

Cara jitu mendapatkan follower dimulai dari klik tombol search dan pilih akun yang disarankan oleh Instagram. Alternatif lain yakni menggunakan hashtag relevan dengan lingkup usaha. Kemudian jika memiliki follower aktif, lihat daftarnya untuk ditambahkan sebagai teman.

Cara lainnya yakni jelajahi akun pesaing dan ikuti pengguna yang memberikan komentar atau menyukai. Hal ini akan membantu menemukan mereka yang kira-kira akan tertarik pada konten.

3. Beri respon pada komentar dan pertanyaan follower

Untuk meningkatkan jumlah follower usahakan merespon sebaik mungkin komentar atau pertanyaan dari audiens. Gunakan waktu sekitar sepuluh hingga dua puluh menit setiap harinya guna membalas tanggapan.

Situasi demikian akan menciptakan keterikatan dan perasaan akrab antara Anda dan para follower. Efek positifnya yakni mereka akan setia mengikuti, lantas tertarik, menjadi pelanggan tetap dan menyebarkan konten.

Pada konten selanjutnya, atur strategi untuk berinteraksi lebih dekat, misalnya mengajukan pertanyaan atau meminta pendapat terkait produk atau layanan. Bisa juga menyisipkan informasi mengenai sesuatu yang tengah viral, topik ringan hingga lucu.

Aktif di Instagram berpeluang meningkatkan jumlah pengikut. Media sosial ini memberikan privilege pada unggahan yang banyak disukai, dikomentari dan engagement tinggi. Kemudian algoritma akan memberikan prioritas pada unggahan dengan jumlah traffic yang bagus.

Artinya, semakin konsisten mengunggah konten maka akan berpeluang mendapatkan banyak like dan komentar. Hal ini berpengaruh terhadap kenaikan jumlah follower secara signifikan.

4. Tinggalkan komentar di akun lain

Cara jitu mendapatkan follower selanjutnya adalah meninggalkan komentar di akun lain. Temukan yang potensial di lingkup usaha atau orang dengan minat sama. Lalu berikan pendapat mengenai unggahan mereka.

Usahakan meninggalkan komentar berbobot daripada frasa, “fotonya keren!” atau berupa emoticon. Beri pendapat edukatif, membangun ketertarikan dan memiliki nilai lebih.

Langkah ini bermanfaat untuk membuat nama perusahaan atau merek lebih terkenal. Setidaknya sempatkan waktu beberapa menit saja dalam sehari untuk meninggalkan komentar.

5. Mengunggah saat prime time

Mengunggah konten pada prime time berpeluang meningkatkan jumlah follower. Adapun waktu yang tepat ialah saat malam hari sebab sebagian besar pengguna lebih banyak membuka dan melakukan aktivitas online di Instagram setelah beraktivitas seharian.

Selain itu, berdasarkan data statistik Instagram, waktu yang tepat ialah Senin sampai Kamis pukul 6 hingga 12 siang karena tidak banyak persaingan. Sedangkan Jumat dan menjelang akhir pekan adalah hari paling sibuk di platform ini.

Instagram juga memiliki algoritma yang bisa membatasi kesempatan konten untuk terlihat oleh orang lain. Dengan memahami ini, Anda bisa memastikan konten seperti apa yang dapat diakses semua pengguna.

Perlu diketahui bahwa mengunggah konten di waktu senggang Instagram lebih menguntungkan. Tidak banyak kegiatan dilakukan oleh pengguna, sehingga post yang sudah dinaikkan akan terlihat hingga malam dan keesokan harinya.

6. Tambahkan hashtag sesuai

Hashtag adalah tagar yang digunakan untuk menghimpun konten dengan tema yang sama. Ini bisa menjadi referensi pengguna dalam mencari sesuatu secara cepat. Misalnya ketika mengetikkan #jualbajuanak, maka akan dibawa pada kumpulan foto, video serta akun relevan.

Sebenarnya tidak ada aturan spesifik mengenai hal ini, namun sejumlah studi menemukan bahwa rata-rata unggahan dengan 3 hingga 20 hashtag mendapatkan respon lebih banyak. Mayoritas studi menyebutkan bila 11 tagar adalah jumlah paling optimal.

Cara paling baik untuk menyematkan hashtag adalah di kolom komentar. Dengan begitu tidak akan memotong jumlah kata untuk caption gambar. Selain itu, feed juga terlihat lebih bersih.

Pastikan pula memilih hashtag yang tepat dan relevan dengan unggahan. Bila perlu gunakan tagar viral dan spesifik menunjukkan hari atau waktu pengunggahan konten, misalnya #SeninSemangat atau #MalamMinggu. Keduanya memiliki lebih dari 563K unggahan, mencakup banyak tema serta enggamenet cukup tinggi.

Cara lainnya ialah bereksperimen dengan menggunakan hashtag berbeda. Tujuannya menyisir pengguna lebih luas. Trik dimulai dari memadukan tagar spesifik dengan yang sedang viral.

7. Tulis caption unik dan menarik

Selain gambar dan video, salah satu bagian penting dari cara jitu mendapatkan follower ialah caption. Riset membuktikan bahwa keterangan singkat namun unik menambah ketertarikan audiens. Bisa pula menuliskan informasi berupa bullet list atau ringkasan artikel dari blog.

Walaupun menyusun caption membutuhkan kreativitas, namun hasilnya sangat signifikan terhadap unggahan. Lakukan riset dan amati akun kompetitor. Lantas perhatikan tulisan dalam unggahan dan reaksi netizen.

Manfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat caption versi sendiri yang lebih menarik. Seiring dengan berkembangnya bisnis, ini bisa menjadi ciri khas yang selalu ditunggu-tunggu oleh calon konsumen karena bermanfaat sekaligus menghibur.

8. Promosi silang

Meningkatkan follower bisa dengan saling menyambungkan beberapa akun media sosial. Ini disebut sebagai promosi silang karena satu konten dapat diunggah di berbagai platform dalam waktu bersamaan.

Cara jitu mendapatkan follower ini memungkinkan calon konsumen yang tidak memiliki Instagram juga bisa melihatnya dari platform lain, seperti Facebook atau Twitter. Semakin sering melakukan hal tersebut, maka membuka peluang untuk meningkatkan pengikut.

Strategi lainnya yakni mengirimkan surel yang mencantumkan link profil Instagram. Beri tahu penerima bila perusahaan mengajak mereka untuk mengikuti terus konten yang diunggah dan menjadi pengikut. Sebagai tambahan, buat semacam giveaway atau kuis agar pengguna media sosial semakin tertarik untuk follow.

Kesimpulan

Memanfaatkan Instagram sebagai media promosi merupakan langkah tepat. Selain produk atau layanan dapat tersebar luas, juga meningkatkan citra perusahaan, sehingga lebih mudah dikenal. Oleh sebab itu, saatnya mencari cara jitu mendapatkan ratusan ribu follower guna menaikkan penjualan sekaligus engagement

Leave a comment