61+ Contoh Ide Usaha Yang Bisa Anda Lakukan Sekarang (Terlengkap)

Home - Tips Bisnis - 61+ Contoh Ide Usaha Yang Bisa Anda Lakukan Sekarang (Terlengkap)

Menjadi pengusaha memang menawarkan keleluasaan dari segi waktu dan penghasilan. Tidak heran jika saat ini ada banyak orang yang berkeinginan menjadi seorang wirausaha. Khususnya di masa pandemi seperti ini, dimana situasi dipenuhi ketidakpastian.

Namun tentu pasti ada banyak keraguan, terutama saat membicarakan tentang ide usaha apa yang harus dilakukan.

Pertanyaan yang muncul umumnya : Apa peluang usaha yang bisa digarap menggunakan pengetahuan dan pengalaman saya? Apa contoh ide usaha yang bisa dieksekusi dengan modal minim, atau usaha apa yang bisa dilakukan dari rumah tanpa melepas profesi utama?

Jika Anda saat ini sudah kebelet sekali membuka usaha dan sedang mencari informasi lengkap terkait peluang-peluang usaha yang bisa anda lakukan, maka tulisan ini saya jamin akan sangat membantu. 0

Pada artikel ini, kami akan berusaha menjelaskan gambaran peluang, ringkasan ide usaha, tips serta langkah-langkah yang diperlukan untuk mulai membuka usaha.

Pengertian peluang usaha sendiri adalah kesempatan atau ruang gerak yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk memulai suatu kegiatan usaha. Tujuannya tentu saja untuk memperoleh hasil berupa omzet dan laba.

Tanpa perlu menunggu lagi, berikut adalah 61+ contoh ide usaha dan peluang usaha yang bisa Anda lakukan sekarang jika anda berencana untuk membuka usaha Anda sendiri. Dimasa mendatang kami akan berusaha mengupdate dan melengkapi terus artikel ini agar selalu relevan dengan trend dan perkembangan dunia usaha.

Di Masa Sekarang, Peluang Usaha Apa Yang Berpeluang Untuk Sukses?

Saya rasa semua sepakat, di era digital seperti saat ini, bisnis-bisnis yang mampu mengikuti perkembangan dinamisme pasar dan menggunakan website serta digital marketing secara aktif adalah yang biasanya paling berpeluang untuk besar dan berkembang. 

Namun tentunya anda harus ingat, fundamental bisnis tetaplah berlaku dari dulu hingga sekarang: pastikan peluang usaha yang anda pilih memiliki pasar dan calon konsumen. Dengan semakin tinggi nya penggunaan internet, semakin masyarkat yang mengetahui sebuah produk dan usaha dari internet. Sehingga menemukan klien dan pelanggan potensial tidak akan terlalu sulit. Mengingat jangkauan internet yang bisa dikatakan tidak terbatas. 

Secara mengejutkan bisnis real estate dan kebersihan juga mendapatkan rate tinggi. Masuk akal, karena semua orang butuh rumah. Sementara efek pandemi sejak tahun 2020 kemarin meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan.

Namun bukan berarti bidang usaha lain tidak berpotensi. Anda bisa menjelaskan cara mengidentifikasi peluang usaha dengan melakukan riset kecil-kecilan, pengamatan dan mempelajari lingkungan sekitar Anda. Apa yang dibutuhkan orang dan bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut. 

Kesimpulannya, bisa dikatakan bahwa usaha yang paling menguntungkan saat ini adalah usaha yang dinamis dan bisa mengikuti selera pasar.

Peluang Usaha Apa Yang Bagus Untuk Dimulai Saat Ini?

Sebenarnya, jika Anda ingin memaksimalkan laba sekaligus meringankan beban kerja. Maka usaha yang cocok adalah jenis yang sudah terbukti lumayan mudah mendulang kesuksesan. Walaupun peluang itu adalah peluang usaha di desa. dengan kategori usaha menengah, kecil dan mikro.

Bagaimanapun juga, jika Anda ingin menjadikan passion sebagai pekerjaan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Maka jenis usaha yang cocok adalah yang menuntut Anda memberikan skill terbaik sekaligus menawarkan kehidupan kerja yang seimbang.

Pertanyaan di atas tidak memiliki jawaban yang sudah pasti benar. Karena ada banyak sekali contoh ide usaha dan bisa dimulai saat ini. Anda yang lebih tahu mana yang akan memberikan kebahagiaan, stabilitas dan kesuksesan. Untuk membantu menemukan jenis bisnis yang cocok, coba tanyakan empat pertanyaan berikut kepada diri Anda sendiri:

  1. Apa minat dan bakat Anda? Sesuatu yang Anda sukai, hobi atau hal yang membuat Anda tertarik dan ingin melakukannya bahkan dalam jangka waktu lama.
  2. Apa kebutuhan utama di pasar yang Anda tuju dan bagaimana cara Anda memenuhi kebutuhan pasar tersebut?
  3. Siapa klien ideal Anda? Pelajari demografi mereka, berapa usianya, apa pendidikannya, bagaimana dengan tingkat pendapatannya, dll.
  4. Apa lingkungan kerja yang ideal bagi Anda? Ada orang yang suka bekerja sendiri, membiarkan sebagian besar tanggung jawab berada di bawah kuasanya. Ada juga yang senang bekerja dalam kelompok.

Jika Anda berhasil menemukan jawaban yang tepat dari empat pertanyaan di atas, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi jenis bisnis yang cocok untuk Anda.

Kesimpulannya: bisnis kecil terbaik yang bagus untuk dimulai saat ini adalah yang mendukung passion dan kemampuan Anda. Serta ada permintaan pasarnya.

Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Uang?

Sebenarnya tidak memerlukan uang untuk menjadi pengusaha kecil. Langkah pertama untuk mewujudkannya adalah tetap mempertahankan pekerjaan Anda saat ini dan menjadikan bisnis baru Anda sebagai pekerjaan sampingan. Kemudian susunlah rencana bisnis dan analisis konsumen Anda serta pasar dan tantangan yang mungkin ada.

Mendekati akhir dari proses perencanaan ini, Anda sebaiknya sudah tahu berapa dana yang dibutuhkan untuk membangun bisnis Anda. Carilah investor untuk mendanai bisnis tersebut. Opsi berutang adalah pilihan terakhir.

Kesimpulan: pilihlah peluang usaha yang membutuhkan dana sedikit. Jika dana Anda tidak cukup, Anda dapat mencari tambahannya melalui investor. 

Bagaimana Cara Menjalankan Usaha Kecil Dari Rumah?

Usaha yang dijalankan di rumah haruslah cukup fleksibel dan gampang dijalankan sembari melakukan tugas-tugas lainnya. Kenyataannya tidak semua jenis usaha mudah dilakukan dari rumah. Sehingga Anda sebaiknya memastikan bahwa ide usaha rumahan Anda memang mudah dijalankan dan fleksibel. Usaha yang membutuhkan banyak tempat dan beberapa karyawan tambahan tidak cocok dijalankan dari rumah.

Dalam rencana dan anggaran bisnis Anda, pastikan untuk memasukkan dana perlengkapan dan peralatan ke dalamnya. Masukkan mata anggaran untuk dana internet, stationery, dan dana lain yang terpisah dari dana anggaran rumah tangga Anda. 

Tentukan tempat kerja Anda menggunakan tempat file serta komputer yang berbeda dari yang dipakai keluarga. Agar proses kerja lebih maksimal dan berkas-berkas Anda lebih rapi.

Kesimpulan: ada banyak jenis bisnis online dengan biaya rendah yang bisa Anda mulai dan jalankan dari rumah.

Apa Saja Step-By-Step Dalam Memulai Sebuah Usaha?

,Memulai sebuah usaha memang memerlukan banyak persiapan. Namun dengan panduan yang tepat Anda bisa bekerja secara efisien.  Berikut adalah sembilan langkah untuk memulai usaha atau bisnis Anda.

1. Mengidentifikasi Ide Bisnis Anda.

Sangat penting untuk mengidentifikasikan dengan jelas, apa bidang bisnis yang ingin Anda jalankan. Sarikan ide usaha tersebut dari pengalaman, kemampuan, pendidikan dan skil Anda. Bagaimana cara Anda menjalankan usaha penitipan anak misalnya, jika Anda belum pernah mengunjungi TPA yang sukses? Atau belum pernah memiliki pengalaman mengasuh anak?

Lakukan riset, pelajari bidang yang ingin Anda buka. Apakah memang sesuai dengan minat, kemampuan dan target pasar Anda.

2. Mulailah Dengan Hobi Atau Bisnis Sampingan.

Sebagai permulaan, jadikan hobi Anda sebagai sarana pendulang uang. Tidak perlu langsung terjun menjadikannya pekerjaan penuh waktu. Mulailah dengan menjadikan hobi tersebut usaha sampingan Anda.

Mengelola bisnis sampingan akan sangat berguna bagi para pemula. Anda mungkin akan melakukan kesalahan, mengalami kesulitan, namun akan ada banyak waktu untuk memperbaiki dan mencari jalan keluar.

Bisnis sampingan juga akan menjaga arus kan relatif stabil karena Anda tidak perlu kehilangan sumber mata pencaharian utama. Anda akan memiliki kesempatan untuk menata bisnis Anda, mematangkan ide dan mengenali pasar sebelum akhirnya terjun sepenuhnya ke dunia wirausaha.

3. Tentukan Perangkat Lunak Yang Anda Butuhkan.

Perangkat lunak di sini termasuk aplikasi pembukuan dan manajemen usaha, kanal pemasaran digital, dll. Pilih perangkat atau tool yang paling efektif dan efisien bagi Anda. Walaupun hanya usaha kecil dan mikro, namun Anda harus tetap menjalaninya dengan profesional. Itu artinya Anda harus menggunakan  aplikasi pembukuan dan manajemen yang rapi serta promosi dan pemasaran yang tepat guna.

4. Merancang Rencana Usaha.

Jika Anda sudah menemukan ide usaha, sudah melakukan riset pasar dan yakin untuk mengeksekusi ide tersebut, mulailah merancang rencana usaha. Di dalam rencana usaha ini harus terdapat:

  • Gambaran ringkas. Yaitu kerangka rencana yang menunjukkan profil perusahaan dan sasaran pasar.
  • Model bisnis. Yaitu outline tentang apa jenis usaha Anda. Siapa konsumen Anda, apa aktivitas utama bisnis Anda, dan bagaimana struktur organisasinya. Termasuk keterangan mengenai produk yang Anda jual dan bagaimana caranya memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Kondisi pasar. Berupa gambaran singkat tentang siapa kompetitor utama Anda. Termasuk kelebihan dan kelemahannya.
  • Produk dan layanan. Bagian ini menjabarkan detail produk dan layanan Anda. Termasuk diferensiasinya dibandingkan dengan produk pesaing.
  • Manajemen dan operasional. Struktur organisasi, aliran tanggung jawab, dll.
  • Strategi pemasaran. Bagaimana cara Anda memasarkan produk. termasuk informasi tentang konsumen ideal Anda, rencana penawaran dan taktik penjualan yang akan Anda lakukan
  • Rencana keuangan. Outline lengkap mengenai keuangan, biaya, beban produksi, dll.
  • Kesimpulan.

Rencana bisnis harus bisa menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan pesaing. Singkat, dapat dilaksanakan dan terukur.

5. Putuskan, Apakah Usaha Ini Akan Menjadi Usaha Perseorangan Atau Partnership.

Bentuk bisnis partnership akan lebih kompleks daripada usaha perseorangan. Namun akan lebih mudah mengumpulkan dana. Anda bisa berpartner dengan orang lain atau badan usaha lain. Syarat dan ketentuannya akan mengikuti peraturan daerah tempat Anda membuka usaha.

Sementara perusahaan perorangan hanya dijalankan oleh Anda sendiri. Relatif lebih sederhana dari segi struktur dan secara finansial harta usaha dianggap menyatu dengan kekayaan pribadi Anda.

6. Buat Akun Bank Khusus.

Salah satu kesalahan fatal usaha menengah dan kecil adalah menyatunya keuangan rumah tangga dengan keuangan bisnis. Hal ini akan membuat satu sama lain tidak bisa diidentifikasikan dengan jelas.

Anda akan kesulitan mengkalkulasi keuangan usaha Anda, menghitung laba dan biaya operasional, serta bingung memisahkan mana uang milik usaha dan mana yang merupakan bagian dari anggaran rumah tangga.

Akibat lainnya, jika bisnis Anda mengalami kerugian atau masalah keuangan, anggaran rumah tangga akan ikut terdampak. Cara paling mudah untuk memisahkan kedua jenis dana ini adalah dengan membuat rekening terpisah. Hal ini juga akan mempermudah saat Anda akan menghitung pajak penghasilan dan zakat.

7. Bayangkan, Apakah Usaha Anda Dapat Berjalan Dengan Baik Dari Rumah?

Tanyakan kepada diri Anda, apakah bisnis ini cocok dan akan berjalan dengan baik jika dilakukan dari rumah? Beberapa jenis usaha memang cocok dilakukan dari rumah, namun sebagian lagi tidak. Lihat kondisi tempat tinggal Anda.

Jika memiliki ruang luas yang bisa disulap menjadi tempat bermain, pekarangan yang lumayan luas dan lingkungan yang aman, maka Anda bisa membuka tempat penitipan anak. Namun bila sebaliknya, tentu Anda harus mencari tempat khusus jika masih berkeinginan membuka tempat penitipan anak.

8. Tentukan Kantor Anda.

Jika usaha Anda bisa dilakukan dari rumah, maka tetapkan di mana lokasi usaha dan kantornya. Tidak perlu ruangan khusus, bisa jadi hanya satu sudut di ruang tengah yang nyaman dan berisi meja, komputer dan laci berkas. Namun saat Anda sedang mengerjakan bisnis Anda, disitulah tempatnya.

Menentukan tempat kerja sangat penting, terutama untuk memberitahu anggota keluarga lain bahwa Anda sedang bekerja. Tempat kerja juga akan menentukan jalannya bisnis Anda karena di sanalah Anda akan berkreasi, berpikir dan mengatur usaha ini.

Jika Anda seorang vlogger, misalnya. Anda perlu tempat dimana Anda bisa mengambil video dengan nyaman dan mengusung estetika. Bahkan jika usaha Anda adalah kuliner, salah satu sudut ruang makan bisa jadi adalah tempat Anda menaruh stok dagangan.

9. Mulailah Bekerja!

Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang. Anda telah menemukan ide, menyisihkan modal, membuat perencanaan bisnis dan mendapatkan dukungan keluarga. Maka selanjutnya adalah mulai bekerja.

Menjadi pengusaha bukanlah keputusan main-main. Di awal-awal Anda akan merasakan euphoria menjadi bos bagi diri sendiri, sekaligus lonjakan adrenalin saat menyelesaikan proyek demi proyek. Namun akan ada tantangan, kesulitan dan rintangan yang menghadang. Namun yakinlah, bahwa semua kerja keras dan keuletan Anda akan membuahkan hasil yang sepadan.

Apalagi Tips Tambahan Agar Usaha Anda Bisa Sukses?

Buat Rencana Bisnis Yang Solid

Anda sebaiknya telah mengetahui sedikit banyak tentang bidang usaha yang Anda ambil. Seperti langkah pertama diatas, pastikan ide usaha Anda sesuai dengan kondisi, pengalaman, pengetahuan dan kemampuan Anda. Lalu rancanglah rencana bisnis yang menyeluruh.

Fokus Kepada Pelanggan

Rahasia bisnis yang sukses adalah pelanggan yang terpuaskan. Fokuslah kepada kebutuhan pelanggan. Apa masalah mereka? Apakah Anda bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut? Jika bisa, bagaimana caranya?

Jika Anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan produk Anda menjadi solusi, mereka akan melakukan pembelian berulang.

Buat website Anda dapat diakses semudah mungkin. Karena pembelian melalui kanal online sangat tergantung kepada pengalaman konsumen saat mengakses website kita.

Buatlah daftar identitas pelanggan secara demografi. Hal ini akan mempermudah Anda dalam membuat program atau keputusan bisnis yang lebih fokus kepada kebutuhan mereka. Respon dengan cepat setiap keluhan dan permasalahan  pelanggan Anda.

Rancang Strategi Pemasaran Online

Saat ini tidak cukup hanya mengandalkan strategi pemasaran secara offline. Anda harus merambah penjualan secara online. Anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Membuat blog untuk mempromosikan produk Anda sekaligus memposting konten-konten bermanfaat.
  • Menggunakan iklan di media sosial.
  • Metode referral. Artinya Anda memberi insentif atau hadiah bagi pelanggan yang berhasil menarik konsumen baru untuk anda.

61+ Peluang Dan Ide Bisnis Yang Bisa Anda Kembangkan Untuk Membuka Usaha

Di bawah ini kami sajikan berbagai macam ide, peluang dan jenis usaha yang bisa Anda pilih. Beberapa jenis diantaranya memerlukan keahlian khusus dan sertifikasi. Namun ada juga yang bisa Anda kembangkan dari hobi.

Pada setiap bidang usaha, kami juga memberikan keterangan berapa besar modal yang dibutuhkan untuk memulai, berapa banyak waktu yang akan anda habiskan untuk melakukan bisnis tersebut, seberapa besar kemungkinan bisnis ini bisa di kembangkan jika anda menambahkan investasi, dan skill utama apa yang dibutuhkan untuk bisa sukses dibidang bisnis ini. 

Kami menerapkan sistem bintang pada setiap metrik tersebut, semakin sedikit bintang nya artinya semakin rendah atau semakin sedikit kebutuhan untuk matrik tersebut.

Keahlian Profesional 

Jenis usaha yang memerlukan keahlian profesional mewajibkan Anda untuk memiliki latar belakang pendidikan dan sertifikasi. Pengetahuan, pengalaman dan wawasan Anda akan sangat menentukan keberhasilan di bidang usaha ini. Berikut adalah beberapa ide usaha yang mengandalkan keahlian profesional.

Tenaga Pengajar

Dimanapun, kapanpun, keahlian ini selalu dibutuhkan. Zaman sekarang menjadi guru, pelatih atau tutor juga bisa dilakukan secara online. Berikut contoh-contohnya.

Guru Online

Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan akan guru online saat ini sangat banyak. peluang terbuka lebar, dengan jenjang pendidikan yang luas. Dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bagi Anda yang tidak berlatar belakang pendidikan guru pun usaha ini bisa dicoba. Anda bisa mengumpulkan beberapa teman yang bisa mengajar, lalu mengelola dan mengatur mereka di dalam wadah les online.

Bagi Anda yang lebih suka bergabung dengan platform mengajar, ada banyak sekali pilihan. Kelas.com, Ruang Guru, Quipper, dll. Tidak hanya mengajar mata pelajaran yang ada di sekolah, tapi juga keterampilan tambahan.

Robotika, digital painting, bahasa asing, kewirausahaan dan videografi adalah beberapa bidang yang banyak peminatnya. Termasuk anak-anak sekolah dasar. Selain itu, pekerjaan ini memiliki berbagai kemudahan:

  • Peralatan yang sederhana. Berbekal ponsel pintar dan jaringan internet, Anda bisa mengajar online.
  • Bisa dikerjakan dari mana saja serta mendapat siswa dari mana saja.
  • Anda dapat memilih untuk menjadi pengajar purna waktu atau paruh waktu.

Untuk menjadi guru online, sebaiknya Anda memiliki beberapa kualifikasi berikut:

  • Memiliki pengalaman mengajar. Tidak perlu di sekolah, di bimbel juga bisa. Kebanyakan platform mengajar memberi syarat pengalaman minimal satu tahun.
  • Memiliki kualifikasi bahasa Inggris yang baik. Lebih disukai jika berbahasa Inggris aktif.
  • Memiliki minimal satu kompetensi yang akan diajarkan. Kompetensi di sini berarti bidang yang benar-benar Anda kuasai. Bukan hanya sekedar bisa.
  • Kreatif. Ini adalah syarat mutlak karena di kelas online, siswa bisa kapan saja beralih atau dialihkan dari layar. Jika cara mengajar Anda monoton, mereka bisa cepat bosan.

Bagi Anda yang mengajar melalui bimbel online pribadi, tidak terlalu banyak syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajar. Asalkan kualifikasi di atas terpenuhi. Namun, bagi Anda yang ingin bergabung dengan platform mengajar online, Anda harus menyiapkan berkas dan lamaran. Berupa CV, transkrip nilai dan ijazah, serta sertifikat pendukung.

Instruktur Olahraga

Jika Anda suka berolahraga, hobi ke pusat kebugaran, menguasai beberapa teknik senam, pilates, yoga atau olahraga lainnya, Anda bisa menekuni profesi ini.

Membuka bisnis sanggar online atau menjadi instruktur online dapat menjadi pilihan Anda. Keduanya sama-sama menjanjikan. Anda bisa mengajar melalui aplikasi Zoom atau Google Meet dan langsung praktek bersama para murid.

Atau Anda bisa membuat video dan mengunggah teasernya di Instagram atau Youtube. Jika orang ingin mendapatkan video lengkap dengan berbagai bonusnya, mereka bisa membayar.

Untuk menjalankan kedua bisnis ini Anda harus memiliki kualifikasi tertentu. Agar bisa menjadi instruktur, Anda harus bersertifikat. Sertifikasi dan pelatihan dapat Anda dapatkan di sanggar-sanggar senam. Baik secara online maupun offline.

Ada juga beberapa tingkatan atau level yang harus Anda lalui sebagai instruktur. Jadi Anda hanya bisa mengajar jenis atau teknik tertentu sesuai level yang sudah Anda capai.

Kumpulkan dan perbanyak portofolio Anda. Hal ini akan mendukung karir Anda sebagai pelatih. Juga meningkatkan kepercayaan calon siswa Anda.

Jika bisa berkembang, bukan tidak mungkin Anda akan memiliki studio senam sendiri. Bukan  hanya mengajar melalui aplikasi video dan online meeting. Sebagai informasi, penghasilan seorang trainer olahraga atau pelatih senam berkisar antara 2-8,5 juta sebulan. Bahkan bisa lebih tinggi lagi jika level dan jam terbang Anda sudah mumpuni. Menggiurkan, bukan?

PAUD Dan Penitipan Anak

Di awal-awal masa pandemi Covid 19, usaha PAUD dan penitipan anak sempat mengalami kegoncangan. Selain kehilangan pelanggan karena para orang tua bekerja dari rumah, juga karena meningkatnya kekhawatiran penyebaran virus tersebut di kalangan anak-anak.

Namun sejatinya, usaha ini tidak ada matinya. Walau hanya dapat dilakukan secara offline. Untuk penitipan anak, Anda sebenarnya tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Jika rumah Anda memiliki ruangan yang menganggur, halaman untuk anak-anak bermain serta lokasi yang mudah dijangkau, Anda bisa memulai bisnis ini.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membuka penitipan anak adalah:

  • Faktor keamanan. Hal ini sangat krusial, mengingat anak-anak usia batita dan balita sangat aktif. Pastikan ruangan yang Anda siapkan aman. Steker dan stop kontak serta benda berbahaya jauh dari jangkauan anak-anak. Tangga tidak bisa diakses dengan mudah oleh mereka, dll.
  • Untuk penitipan anak, sebenarnya tidak diperlukan guru yang berpendidikan sarjana atau pendidikan khusus anak usia dini. Yang penting Anda merekrut orang yang menyukai anak-anak, sabar dan penyayang. 

Akan tetapi baik sekali jika ada satu atau dua orang yang berlatar belakang pendidikan anak usia dini, psikologi dan atau gizi. Untuk mengawasi dan memastikan anak-anak mendapatkan pengasuhan yang baik dan benar. Lain halnya dengan PAUD, karena tenaga pengajar harus sesuai standar.

  • Jangan lupakan perizinan. PAUD memerlukan izin dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan di wilayah tersebut.  Data guru-guru juga harus didaftarkan di Dapodik (Data Pokok Pendidik).

Tenaga Keuangan

Jika Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang manajemen keuangan, akuntansi, perpajakan dan bidang keuangan lainnya, bisnis ini cocok untuk Anda. Karena untuk terjun di bidangnya Anda memerlukan pendidikan dan sertifikasi khusus. Beberapa bisnis dan karir yang bisa Anda jalani di bidang ini adalah:

Akuntan Online

Jika Anda seorang sarjana Akuntansi, apalagi telah mengambil PPA (Pendidikan Profesi Keuangan), menjadi akuntan online merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Klien akan mengirimkan data-data keuangan kepada Anda melalui email, dan tugas Anda hanya menyusun data tersebut menjadi laporan keuangan dan mengirimkannya lewat media yang sama.

Tugas akuntan online mencakup pemrosesan transaksi, mengurus payroll dan membuat laporan keuangan. Para pengusaha membutuhkan jasa ini untuk merapikan sistem keuangan mereka atau audit eksternal.

Biasanya Anda akan dibayar per proyek, atau bisa juga per bulan jika Anda dikontrak dalam jangka panjang. Penghasilannya lumayan, sekitar 3-8 juta rupiah.

Perencana Keuangan

Jika akuntan online bertugas untuk merapikan laporan keuangan dan membukukan transaksi, maka perencana keuangan lebih dalam lagi. Sebagai perencana keuangan Anda bertugas untuk melakukan analisis mendalam terhadap laporan keuangan klien dan analisis investasi. Penuhi syarat berikut jika Anda ingin menjadi Financial Planner.

  • Anda harus memiliki sertifikasi sebagai analis (CFP—Certified Financial Planner) untuk bisa menjalankan profesi ini. CFP dikeluarkan oleh Financial Planning Standard Board (FPSB) Indonesia dan berlaku selama 2 tahun. Lalu bisa diperpanjang.
  • Patuh kepada kode etik sebagai akuntan dan perencana keuangan.
  • Update dan mengerti tentang produk-produk keuangan dan investasi, regulasi, dan strategi keuangan.
  • Anda juga harus memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik.

Konsultan

Menjadi konsultan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Terutama jika Anda memiliki latar belakang atau pengalaman di bidang tertentu. Bukan hanya konsultan bisnis, Anda juga bisa menjadi konsultan di beberapa bidang lainnya. Berikut adalah contohnya.

Konsultan Bisnis  

Jika Anda memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bisnis. Pengetahuan serta sertifikasi yang membuktikan bahwa Anda seorang expert, Anda sangat bisa menjadi konsultan bisnis. Anda akan dibayar sebagai pembicara di event-event industri dan bisnis. Memberi nasihat dan strategi bisnis bagi perusahaan-perusahaan. Juga merancang langkah serta melaporkan perkembangan bisnis perusahaan kepada para petinggi.

Hal yang paling menyenangkan dari profesi ini adalah dinamisasi dan tantangan yang akan Anda hadapi. Anda juga harus mampu melihat pasar, jeli meraih peluang dan memilih niche yang tepat untuk klien Anda. Tentu saja Anda juga harus update terhadap perkembangan terbaru di dunia industri dan regulasi bisnis.

Tugas konsultan bisnis mencakup membuat analisa pasar dan konsumen, menyusun strategi, membuat laporan secara berkala mengenai pelaksanaan strategi, melakukan evaluasi, dll.

Konsultan IT

Apakah Anda memiliki keahlian di bidang komputer dan teknologi? Jika benar, maka gunakan kemampuan tersebut untuk membuka bisnis konsultan IT. Bahkan dengan sumber daya dan anggaran yang terbatas pun, usaha ini bisa berjalan.

Saat ini hampir semua lini usaha membutuhkan jasa konsultan IT. Bahkan usaha kecil dan menengah. Tuntutan untuk bisa bersaing di bidang digital marketing mengharuskan setiap usaha beradaptasi dengan teknologi. Di sisi inilah jasa Anda dibutuhkan, karena tidak semua perusahaan dapat merombak gaya bisnis mereka dengan cepat.

Tugas konsultan IT mencakup jasa membuat dan menginstall aplikasi, mengatur dan dan mengupdate teknologi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan komputer dan teknologi. Seperti memperkuat jaringan, mengatasi hacking, memblokir usaha peretasan dan masalah lainnya.

Pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote. Selain juga Anda memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerja Anda. Namun jika mau, Anda juga bisa bekerja di lokasi perusahaan tersebut. Dimana bayaran yang Anda terima tentu saja berbeda. Sistem pembayaran untuk konsultan IT biasanya per proyek, sekitar 2 juta hingga 15 juta rupiah. Tergantung beban kerja yang diterima.

Konsultan Pajak

Peluang usaha lain bagi Anda yang mahir di bidang akuntansi dan keuangan adalah konsultan pajak. Peluang ini memerlukan keterampilan dan kemahiran tertentu. Anda juga harus memiliki sertifikasi khusus untuk bisa menjalankannya.

Paling tidak Anda sudah mengambil PPA(Pendidikan Profesi Akuntansi). Juga sudah lulus pendidikan khusus perpajakan (Brevet A dan Brevet B). Seorang konsultan pajak juga dituntut untuk selalu update terhadap peraturan perpajakan yang berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu.

Seorang konsultan pajak biasanya bertanggung jawab dalam transaksi perpajakan perusahaan, menyiapkan dokumen perpajakan, melaporkan pajak perusahaan, dll. Pada perusahaan, masalah perpajakan terjadi secara kontinu sepanjang tahun fiskal. Artinya ada kemungkinan Anda akan dikontrak dalam jangka waktu panjang.

Konsultan SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan peringkat sebuah situs atau website di halaman mesin pencari. Dengan menggunakan keyword spesifik yang mengacu kepada hal yang paling sering diketikkan orang di mesin pencari.

Jika Anda sudah ahli dan berpengalaman di bidang ini, saatnya mencoba menjalankan bisnis sebagai konsultan SEO. Peluang kerjanya sangat besar, mengingat saat ini hampir semua lini industri memerlukan SEO.

Pastikan Anda telah memiliki sertifikasi di bidang SEO atau bisa membayar orang dengan kualifikasi yang mumpuni di bidang ini. Modal yang Anda butuhkan juga tidak terlalu besar. Sementara lingkup kerjanya seputar mengoptimasi situs klien, membangun link ke situs tersebut, serta menyelesaikan masalah-masalah teknis seputar SEO.

Agensi Public Relation

Profesi sebagai public relation tidak hanya bisa bekerja di sebuah perusahaan. Latar belakang dan pengalaman Anda sebagai PR juga bisa digunakan untuk membuka sebuah agensi. Banyak perusahaan menengah yang membutuhkan jasa PR tetapi tidak bisa membayar penuh karyawan di bidang tersebut.

Anda bisa mengisi celah bisnis ini dengan menyediakan jasa konsultasi di bidang PR. Ruang lingkup jasa agensi ini biasanya mencakup:

  • Membentuk citra perusahaan sesuai permintaan klien.
  • Melakukan proses bisnis marketing.
  • Melaksanakan event, konferensi pers, dll.
  • Memberi nasihat dan masukan yang berkaitan dengan hubungan perusahaan dengan klien, konsumen dan pesaing mereka.

Jika Anda berminat membuka bisnis ini, perbanyak kontak Anda di bidang industri tertentu. Perluas jaringan Anda dan perdalam pemahaman Anda akan dunia bisnis. Berita baiknya, nyaris tidak dibutuhkan modal dana yang besar untuk usaha ini. Modal utama Anda adalah kepercayaan dari klien dan kemampuan Anda sendiri.

Analis Data

Seorang analis data selalu dibutuhkan di berbagai bidang. Setiap perusahaan pasti memerlukan data yang lengkap, terdefinisi dengan baik, informatif dan mudah dimengerti. Itulah tugas Anda jika ingin menjadi seorang analis data.

Anda tidak perlu bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan untuk menjalani profesi ini. Bekerja sebagai freelancer juga bisa, dengan bayaran per proyek.

Anda harus memiliki ketahanan yang mumpuni dalam menghadapi tumpukan angka dan informasi untuk menjalani usaha ini. Akan lebih baik lagi jika Anda menguasai bahasa pemrograman seperti Python dan SQL. serta familiar dengan tools visualisasi data seperti Tableau, dll.

Hal penting lainnya adalah kemampuan komunikasi yang baik. Karena Anda harus menjadikan data tersebut mudah dimengerti klien. Juga mengubahnya menjadi wawasan bisnis yang mudah dilaksanakan.

Bagaimana jika Anda baru merintis dan belum berpengalaman sama sekali? Anda bisa mengambil kursus online untuk memperdalam pengetahuan Anda. Lalu bangun portofolio Anda dengan mengerjakan satu atau dua proyek kecil. Anda bisa melihatnya di situs-situs seperti www.edureka.co.

Setelah itu Anda bisa mendaftarkan diri di situs pekerja freelance seperti freelancer.com, www.toptal.com dan projects.co.id untuk mendapatkan pekerjaan dan proyek untuk dikerjakan.

Pembuat Aplikasi Dan Website

Jenis usaha ini adalah salah satu yang paling banyak diminati generasi milenial. Anda bisa bekerja secara remote, membuat dan menjual aplikasi buatan Anda sendiri, atau membuat aplikasi dan website sesuai pesanan pelanggan.

Mobile Application Development

Hampir semua orang memiliki ponsel pintar saat ini. Hal tersebut berarti perkembangan pembuatan aplikasi ponsel juga berkembang pesat. Bukan hanya game dan aplikasi hiburan, tapi juga aplikasi bisnis, keuangan, kesehatan, dll.

Walau kelas coding dan pembuatan aplikasi banyak bertebaran saat ini (termasuk untuk anak-anak), pada kenyataannya membuat aplikasi mobile yang mudah digunakan, informatif, aplikatif dan ringan tidaklah mudah.

Menjadi seorang mobile application developer tidak melulu berarti membuat suatu aplikasi yang benar-benar baru. Anda juga bisa mengembangkan dan memperbaiki aplikasi milik klien menjadi lebih baik lagi. Selain juga mendesain aplikasi sesuai pesanan dan kebutuhan klien Anda.

Selain kemampuan teknis yang mumpuni, Anda juga harus mampu menerjemahkan kebutuhan klien. Membuat sesuatu yang inovatif dan mampu memecahkan masalah klien. Anda juga harus update terhadap perkembangan teknologi mobile terbaru.

Selain membuatkan aplikasi pesanan, Anda juga bisa membuat aplikasi sendiri dan menjualnya. Atau menyediakannya di Playstore/Appstore dan bisa diunduh gratis. Pendapatan Anda akan datang dari iklan atau fitur in-app purchases.

Website Development

Selain developer aplikasi atau game, developer website juga merupakan profesi dengan peluang yang besar sekali. di zaman sekarang setiap perusahaan—bahkan yang kecil sekalipun—paling tidak membutuhkan website dasar untuk mendukung penjualan mereka.

Namun tidak semua pengusaha mengerti bagaimana cara membuat website. Jadi jika Anda berpengalaman di bidang IT dan desain, Anda akan mendapat kesempatan tak terbatas untuk terjun sebagai web developer.

Beberapa platform seperti Upwork dan Envato dapat Anda gunakan untuk meraih klien di masa-masa awal. Lalu lengkapi portofolio Anda dan pastikan Anda mendapat rekomendasi dari mulut ke mulut yang bagus. Semakin banyak klien Anda, semakin banyak yang merekomendasikan Anda. Lalu pada akhirnya semakin tinggi pula bayaran yang Anda terima.

Pengetahuan dasar yang harus Anda kuasai sebagai web developer adalah bahasa pemrograman. Termasuk HTML, JavaScript, PHP, dll. Memiliki pengetahuan tambahan mengenai aplikasi mobile dan UX design juga penting.

Pengalih Bahasa Dan Transkripsi

kemampuan dan minat Anda terhadap bahasa asing dapat dimanfaatkan untuk bekerja sebagai pengalih bahasa. Termasuk kemampuan Anda mengetik secara cepat dan cermat. Di bawah ini ada dua ide usaha untuk Anda sang ahli bahasa.

Transkripsi Naskah

Jika Anda memiliki pendengaran yang bagus dan bisa mengetik dengan cepat, cobalah untuk bekerja di bidang transkripsi naskah. Peluang ini terbuka lebar dan memungkinkan Anda untuk bekerja secara remote dengan pengaturan waktu yang fleksibel.

Salah satu peluang yang sedang trending sekarang adalah layanan transkripsi medis. Dimana hal ini diperlukan pada teknologi pengenalan suara dan dipakai pada aplikasi kesehatan online.

Jenis pekerjaan lainnya adalah mengubah rekaman suara menjadi dokumen tertulis. Biasanya hasil kerja Anda ini akan dipakai untuk rapat, presentasi, atau untuk keperluan hukum. Atau membuat subtitle untuk video presentasi dan pemasaran.

Jika Anda memiliki waktu bekerja yang tidak menentu, atau menginginkan jam kerja yang bisa Anda atur sendiri, profesi ini sangat pas. Anda bisa menentukan seberapa banyak pekerjaan yang akan Anda terima.

Untuk mendukung perkembangan usaha ini Anda disarankan untuk menjadi transkripsionis yang bersertifikat. Serta memiliki keahlian untuk memahami niche tertentu. Selain dapat mengetik dengan cepat dan tepat sambil mendengarkan rekaman suara.

Deadline pekerjaan ini biasanya singkat dan perputarannya cepat, jadi usahakan untuk selalu tepat waktu. Jika di awal-awal Anda masih beradaptasi,  terima sedikit pekerjaan saja dulu. Setelah itu pelan-pelan Anda dapat mengatur waktu dan meningkatkan kemampuan. Sehingga pekerjaan yang diterima bisa lebih banyak.

Pekerjaan ini termasuk yang membutuhkan modal rendah. Anda hanya membutuhkan komputer atau laptop, software yang tepat dan layanan perpesanan yang aman untuk mengirimkan hasil kerja.

Website TranscribeMe.com adalah tempat yang tepat untuk mencari pekerjaan transkripsi. Di sini ada banyak jenis pekerjaan mulai dari level pemula. Sehingga Anda dapat mencari pekerjaan sesuai kemampuan Anda.

Pengalih Bahasa (Translator)

Menurut penelitian dari IBISWorld, industri jasa pengalih bahasa menunjukkan penurunan pada tahun 2020. Namun seperti kebanyakan industri jasa lainnya, pengalih bahasa kembali merangkak naik pada tahun 2021. Tidak mengejutkan, karena internet membuka peluang usaha bagi negara-negara dunia ketiga untuk merambah pasar Amerika dan Eropa.

Trend ini membuka peluang bagi mereka yang bisa berbahasa asing untuk menjadi penerjemah. Misalnya untuk mengalih bahasakan dokumen, dan informasi website kepada bahasa negara yang menjadi sasaran perusahaan. Bagi Anda yang bisa berbahasa asing, hal ini tentu menciptakan peluang untuk menawarkan jasa alih bahasa.

Bagi Anda yang lancar bahasa asing secara lisan maupun tulisan, menjadi pengalih bahasa adalah ide yang bagus sekali. Dengan kemampuan tersebut Anda bisa menerjemahkan berbagai konten. Buku (baik cetak maupun e-book), website, dokumen-dokumen kerja, dll. Bahkan percakapan telepon.

Bayaran yang Anda terima biasanya berdasarkan jumlah kata yang diterjemahkan. Kompleksitas naskah, jenis bahasa dan ketajaman diksi. Hal yang penting di dalam bidang ini adalah testimoni dari pelanggan, portofolio dan spesialisasi.

Jika Anda belum memiliki pengalaman sebagai profesional, Anda dapat mengikuti kelas-kelas dan pelatihan bagi calon penerjemah. Cobalah untuk menerjemahkan sendiri beberapa naskah, buku atau transkrip. Jika Anda sudah percaya diri untuk mencoba menerima tawaran, bergabunglah dengan situs-situs freelance untuk mendapatkan pekerjaan.

Jika Anda sudah siap untuk terjun sepenuhnya menjadi seorang penerjemah penuh waktu, mulailah untuk memilih bidang spesialisasi. Hal ini penting untuk membentuk fokus dan citra Anda. Karena:

  • Dapat mempermudah pekerjaan Anda. Setiap bidang memiliki ragam bahasa yang berbeda. Misalnya kata edge pada bidang pemasaran berbeda jauh dengan edge pada bidang teknik bangunan. Menerjemahkan novel klasik tentu berbeda jauh dengan menerjemahkan buku pengantar akuntansi.
  • Memiliki spesialisasi akan mempertajam intuisi Anda dalam menerjemahkan. Hasil terjemahan Anda akan lebih halus dan tepat.
  • Memudahkan klien untuk memilih Anda. Karena portofolio Anda akan lebih fokus kepada bidang tertentu.
  • Meningkatkan rate pendapatan Anda, karena tentu kualitas terjemahan Anda juga lebih baik.

Agen Dan Pedagang 

bidang usaha ini sudah bukan hal baru lagi di dunia kewirausahaan. Bisnis dagang kecil-kecilan hingga yang menggurita. Berjualan secara online maupun offline dapat Anda coba sebagai usaha sampingan maupun bisnis utama Anda. Berikut adalah enam ide berdagang yang bisa Anda kembangkan dalam berwirausaha.

Agen Properti Online

Jika properti adalah passion Anda, ada beberapa bidang usaha yang bisa Anda tekuni. Baik secara individual maupun berkelompok. Misalnya membuka agen real estate. Bukan hanya membangun perumahan atau gedung, namun usaha ini juga memiliki banyak sisi untuk dikembangkan.

Anda bisa membeli properti (tentu jika modalnya memungkinkan) dan menyewakannya. Sebagai tempat untuk menjadi lokasi usaha, rumah maupun kos-kosan. Anda bisa membantu para pengusaha atau masyarakat individu mencari rumah, tempat coworking yang bagus, apartemen, dll.

Bisnis dan usaha semakin berkembang. Jumlah penduduk juga meningkat. Artinya semakin banyak orang memerlukan tempat usaha dan tempat tinggal. Baik untuk dibeli atau disewa. Rumah atau apartemen, atau bahkan kos-kosan. Pendeknya, ada banyak peluang terbuka lebar di bidang ini.

Dropshipper

Tidak semua pedagang online menyimpan sendiri barang yang didagangkannya. Jika Anda ingin menjual barang tetapi tidak ingin direpotkan oleh masalah penyimpanan dan pengemasan, pilihlah untuk menjadi seorang dropshipper. Bidang ini adalah peluang usaha modal kecil namun berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar.

Anda tinggal menerima pesanan, lalu meneruskannya kepada distributor. Mereka yang akan memproses pesanan, sedangkan Anda tinggal menerima bayaran saja. Menjadi dropshipper sangat memungkinkan bagi Anda yang tidak memiliki tempat luas untuk menyetok barang, memiliki keterbatasan modal dan waktu, atau baru berkecimpung di dunia e-commerce.

Membuka Toko Online

Membuka toko online ibarat menempuh jalan yang umum di dunia usaha. Belanja online sudah menjadi semacam budaya dan sudah umum dilakukan masyarakat. Berdagang online juga akan membuka pangsa pasar Anda seluas mungkin. Bahkan hingga ke luar negeri.

Keunggulan bidang usaha ini adalah Anda tidak perlu modal besar untuk memulainya. Tidak ada biaya sewa tempat atau peralatan yang rumit. Anda tinggal memilih platform yang cocok untuk membuka toko online Anda, barang apa yang dijual serta rutin memposting konten pemasaran. Masalah-masalah umum tentang membuka toko biasa seperti tenaga kerja, logistik, operasional, dll jauh lebih ringan.

Keberhasilan usaha ini tergantung kepada strategi bisnis Anda. Mencakup efisiensi pada berbagai area, pilihan jenis dan desain produk, pelayanan pada pelanggan, konten pemasaran, dll.

Anda dapat menyewa pemasar freelance untuk membantu penjualan. Memanfaatkan berbagai tools untuk melakukan pemasaran digital. Memilih akan membuka website sendiri (website berbasis WordPress cukup mudah bahkan bagi pemula). Atau bergabung dengan platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Toko Anda bisa buka 24 jam tanpa Anda harus membuka-tutup pintunya.

Toko Komputer

Bisnis kecil yang memiliki niche bagus dan peluang yang besar adalah toko komputer. Baik hanya menjual komputer beserta perangkat keras dan lunaknya. Maupun toko sekaligus tempat servis komputer dan laptop.

Di zaman digital, saat pembelajaran hingga pekerjaan banyak yang dilakukan secara online, kebutuhan komputer dan perangkatnya kian meningkat. Semakin banyak orang yang menggunakan komputer, sementara sebagian besar dari mereka tidak mengerti perihal perbaikan dan perawatannya.

Toko komputer Anda bisa melayani masyarakat sekitar Terutama mereka yang lebih menyukai transaksi langsung untuk barang elektronik dan  suku cadangnya. Namun bisa juga berkembang melayani pelanggan dari tempat yang lebih jauh. Konsumen bidang usaha ini tersebar dari para pekerja, mahasiswa, bahkan pelajar.

Penyewaan Ruang Penyimpanan

Menjalankan usaha penyewaan ruang penyimpanan adalah ide yang cemerlang. Terutama di kota-kota besar, dimana orang tinggal di flat atau apartemen mungil dan tidak bisa menyimpan semua benda yang mereka punya. Bisa juga Anda menyewakan tempat sebagai gudang bagi para pengusaha atau pedagang.

Usaha ini memang memiliki peluang luas. Namun, Anda membutuhkan modal yang lumayan besar. Baik itu modal dana segar maupun properti yang cocok untuk dijadikan ruang penyimpanan atau gudang.

 Digital Marketing

Peranan internet semakin nyata hari demi hari. Akan sangat sulit bagi bisnis untuk berkembang jika tidak membuka lini pemasaran secara digital dan hanya mengandalkan pemasaran konvensional.

Para pemasar digital selalu diperlukan, baik oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil dan menengah. Sebagian besar dari mereka lebih suka menggunakan jasa pemasar freelance atau outsourching. Ini adalah peluang bagi Anda.

Jika Anda memiliki ketertarikan dalam dunia pemasaran, mengerti SEO, periklanan, bisa membuat konten pemasaran. Dapat membuat website dan menggunakan media sosial untuk memasarkan produk. Peluang menjadi pemasar digital cukup menggiurkan. Anda dapat bekerja dari rumah sekaligus berkesempatan meraih penghasilan hingga puluhan juta rupiah.

Karena digital marketing adalah hal yang penting sekali bagi sebuah perusahaan, Anda harus bisa merespon dengan baik strategi pemasaran klien. Dalam mengatur promosi melalui media sosial, Anda bukan hanya memposting konten dan membalas komentar. Tetapi juga tentang mengatur strategi dan rencana yang mudah diimplementasikan. Jika Anda menyukai hal-hal tersebut berarti bisnis digital marketing cocok untuk Anda.

Desainer

Anda menyukai seni, warna, komposisi bentuk, keteraturan bahkan keunikan? Apakah Anda juga seorang yang kreatif, menciptakan dan mengubah sesuatu menjadi luar biasa? Ya, Anda memiliki bakat seorang desainer. Ada banyak ide dan peluang usaha bagi Anda.

Desainer Grafis

Perusahaan, usaha kecil dan menengah, maupun bisnis yang baru diluncurkan, semua membutuhkan materi promosi yang menarik. Namun, tidak semua orang memiliki mata yang jeli dan peka terhadap komposisi bentuk dan warna.

Jika Anda memiliki bakat artistik dan tahu bagaimana mengatur sebuah konten agar enak dipandang mata, Anda dapat memulai profesi sebagai desainer grafis. Pekerjaan ini akan meliputi pembuatan flyer, iklan digital, poster, dan bahan visual lainnya. Mengatur dan mempercantik tampilan logo, gambar dan materi presentasi, dll.

Pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan tertentu. Misalnya menguasai aplikasi desain dan editing gambar dan video seperti Canva, Adobe Photoshop, Picsart, VN, dll. Untuk mempertajam skill desain Anda, ada banyak kursus dan pelatihan desain grafis baik secara online maupun offline.

Persaingan di bidang ini sangat ketat. Kualitas portofolio adalah kunci untuk menggaet pelanggan dan menentukan tarif. Akan tetapi menjadi desainer grafis tidak hanya menerima pesanan dari klien saja. Bisa juga menjual produk merchandise sendiri.

Baju Dan Merchandise Custom

Kemampuan yang diperlukan dalam usaha ini mirip dengan desain grafis. Yaitu kejelian mengkombinasikan bentuk dan warna serta kreativitas. Juga daya imajinasi dan seni yang tinggi.

Peluang bisnis ini lumayan besar. Anda bisa menerima pesanan kaos kustom lucu untuk seragam keluarga, acara kantor, atau hadiah. Anda juga bisa mendesain sendiri kaos dengan gambar unik dan tulisan menarik. Lalu menjualnya secara online.

Peralatan yang dibutuhkan memang agak mahal, misalnya printer khusus atau alat sablon. Tapi jangan khawatir. Saat ini sudah banyak percetakan yang menyediakan jasa printing dengan membebaskan desain dan bahan kepada konsumennya. Metode pemesanan dan proses desain juga bisa dilakukan via website. Atau istilahnya web to design.

Mendesain Dan Menjual Font Kustom

Jika Anda mahir dalam seni kaligrafi atau art lettering, memiliki selera seni dan kreativitas, maka Anda bisa mendesain dan menjual font sebagai usaha sampingan. Usaha ini akan menghasilkan passive income dari royalti pemakaian font tersebut oleh orang lain.

Untuk memulainya, Anda membutuhkan tablet dan pena digital. Font kustom bisa dibuat menggunakan Adobe Illustrator atau aplikasi RoboFont. Tambahkan gaya dan ketebalan tertentu agar font tampak lebih indah. Juga ikon-ikon dekoratif sebagai bonus.

Untuk mempromosikan font Anda, tampilkan penggunaan font tersebut dalam berbagai bentuk. Logo, mockup, postingan media sosial, dll. Hal ini akan memberikan gambaran lebih jelas kepada penggunanya nanti. Lantas, dimana font hasil kreasi ini bisa dijual?

Anda bisa mencoba www.fontspring.com atau www.creativemarket.com atau membuat landing page untuk memasarkannya. Untuk mendapatkan royalti, daftarkan font untuk mendapatkan hak cipta. Lalu terapkan sistem lisensi untuk penggunaan pribadi dan komunitas.

Desainer Interior

Tuangkan kecintaan Anda pada desain dan hobi mengatur ruangan dengan menjadi desainer interior. Jika selama ini Anda bekerja sebagai desainer di sebuah perusahaan konsultan, mengapa tidak membuka konsultan Anda sendiri?

Sebagai tahap awal, hanya dibutuhkan jaringan yang luas, portofolio yang bagus dan branding yang konsisten. Anda dapat memulainya dengan mendesain ruangan untuk rumah pribadi. Pekerjaan ini juga fleksibel. Anda bisa memiliki kantor di rumah dan sesekali berkunjung ke lokasi yang didesain.

Anda juga bisa menetapkan tarif per jam atau per proyek. Bekerja sama dengan toko atau pembuat furniture juga bagus. Anda bisa mendapat fee dari mereka untuk setiap furnitur yang dipilih oleh klien Anda.

Tenaga Kesehatan

memiliki keahlian di bidang kesehatan juga bisa menjadi peluang untuk membuka usaha mandiri. Berikut ini adalah beberapa ide untuk Anda.

Terapis Pijat/Spa

Ada banyak metode penyembuhan di dunia ini dan pijat adalah terapi yang paling sering dilakukan dan disukai. Termasuk di Indonesia. Menjadi terapis pijat sekilas terdengar seperti tukang pijat keliling, ya. Akan tetapi Anda bisa meningkatkan level dengan mengambil pendidikan bersertifikasi dan lisensi sebagai terapis.

Anda bisa membuka spa dan layanan pijat dari rumah. Atau menerima pesanan dan melakukan tugas di rumah pelanggan Anda. Tarif terapis pijat bersertifikat antara Rp100.000 hingga Rp300.000 untuk sekali sesi. Bayangkan berapa pendapatan Anda jika bekerja lima hari seminggu dan mendapat tiga sesi saja per hari.

Ahli Gizi

Jika Anda lulus dari jurusan Ilmu Gizi, menjadi ASN bukanlah satu-satunya jalan profesi. Anda bisa menjadi ahli gizi mandiri yang membuka jasa konsultasi gizi. Anda juga bisa bekerja secara freelance di klinik dan RS. Atau bergabung dengan aplikasi kesehatan dan mendapatkan pasien di sana. Promosikan diri Anda secara konsisten di media sosial, blog atau website Anda.

Anda bisa memilih fokus tertentu. Misalnya ahli gizi untuk ABK, lansia, atau orang dengan penyakit tertentu. Jangan lupa untuk tetap update terhadap regulasi pemerintah karena semua usaha dengan latar belakang kesehatan harus mendapat izin dari departemen terkait.

Perawat Lansia

Para lansia membutuhkan bantuan dalam banyak hal. Dari masalah kebiasaan sehari-hari hingga kebutuhan khusus. Kebanyakan dari mereka akan membutuhkan asisten pribadi yang akan merawat dan menemani mereka di rumah.

Ini adalah peluang bagi Anda. Kabar baiknya lagi, Anda tidak membutuhkan pendidikan khusus untuk menjadi perawat lansia dan membangun usaha yang sukses dalam waktu bersamaan. Walaupun ada beberapa keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang perawat lansia, seperti melakukan prosedur P3K. 

Pada dasarnya dengan menjadi perawat lansia tugas Anda meliputi membantu mereka untuk menggunakan fasilitas di rumah, menjaga dan menemani mereka, atau mengantar ke suatu tempat.

Event Organizer

peluang untuk usaha event organizer kini semakin berkembang. Tidak hanya mengurus acara pernikahan atau acara-acara perusahaan saja. terkadang peran EO juga dibutuhkan untuk mengatur penyelenggaraan acara-acara online.

Perencana Event

Perencana event bertugas untuk mengurus semua hal, penting dan sepele, dalam sebuah acara. Jika Anda adalah pribadi yang menyukai detail, memiliki pergaulan yang luas dan suka merencanakan sesuatu, bisnis ini sangat cocok. 

Anda perlu memperluas jaringan untuk mendapatkan vendor, seperti catering, penyedia tempat, hiburan, dll. Tidak perlu langsung membayar karyawan, kecuali satu atau dua orang asisten. Anda bisa menyewa pekerja freelance yang bekerja saat ada event saja.

Titik awal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur sebuah acara yang sukses dan menarik perhatian. Tidak perlu mewah namun mengesankan. Lalu akan mudah bagi Anda mendapatkan proyek berikutnya. 

Rekomendasi dari mulut ke mulut sangat menentukan di dalam lini bisnis ini. Karenanya pastikan dokumentasi yang detail untuk membuat portofolio usaha Anda lengkap dan menarik. Serta utamakan kualitas dan kenyamanan dalam setiap acara yang Anda selenggarakan.

Perencana Pernikahan

Bisnis ini mirip dengan perencana event, hanya saja niche Anda lebih fokus kepada acara pernikahan, pertunangan, dan segala perintilannya. Selain jaringan yang luas, Anda juga harus (atau memiliki koneksi yang) mengerti adat dan budaya dalam acara pernikahan. Apalagi Indonesia memiliki banyak budaya dan ada keunikan di dalam setiap komponennya.

Anda juga harus up to date terhadap trending pernikahan terbaru, terutama untuk tema pernikahan modern. Mode baju pengantin, trend warna, dll. Berikan berbagai pilihan kepada klien Anda untuk menentukan tema pernikahan, jenis dekorasi, pilihan gaun, tempat pesta, dll.

Pengetahuan Anda yang baik mengenai pernikahan—baik tradisional maupun yang modern—serta kemampuan Anda untuk mewujudkan pernikahan impian adalah kunci sukses di bisnis ini.

Penyedia Tempat Acara

Walau masih berhubungan dengan event, bisnis ini hanya fokus kepada menyediakan tempat dan akomodasi. Jika Anda memiliki restoran yang cukup luas dengan interior menarik, Anda bisa menjadikannya tempat untuk acara-acara private. 

Atau Anda bisa bekerja sama dengan pemilik gedung, wisma atau balai pertemuan untuk menyediakan tempat bagi event di kota Anda. Baik untuk acara besar maupun kecil atau privat. Seperti rapat, private party, dll.

Yang perlu Anda lakukan adalah memperluas jaringan dan partnership. Mempromosikan usaha Anda secara teratur secara online dan offline. Juga menyediakan penawaran yang menarik.

Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Unik

Jika Anda pintar mencari-cari celah, sebenarnya ada banyak peluang usaha yang belum banyak pesaing di sekitar Anda. Dari yang biasa hingga yang unik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Life Coach

Beberapa orang merasa hidup mereka terlalu sulit untuk ditangani seorang diri. itu sebabnya mereka membutuhkan seorang life coach. Berbeda dengan psikolog, konselor ini lebih kepada perpaduan motivator dengan teman curhat yang baik. 

Anda berusaha mendengarkan dan menyimak keluhan klien, memberinya semangat dan pandangan yang bijak. Lalu mendampinginya hingga kehidupan mereka lebih seimbang, bebas stress dan bahagia.

Jenis usaha ini hanya membutuhkan sebuah website, koneksi internet, dan keinginan untuk membantu orang lain. Walaupun pada dasarnya tidak ada latar belakang pendidikan khusus untuk menjadi seorang life coach, namun ada baiknya Anda mengambil kursus bersertifikat. 

Di Indonesia sertifikasi ini diadakan oleh beberapa lembaga. Misalnya ICC Indonesia dan NLP Institute Indonesia. Sedangkan biaya sertifikasi beragam, sekitar 3-5 juta rupiah.

Sebagai life coach Anda bukan hanya menghadapi klien pribadi, namun juga perusahaan dan organisasi. Training yang diselenggarakan oleh perusahaan dan organisasi biasanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

Biro Jodoh

Profesi yang satu ini sebenarnya bukan hal baru lagi. Bagi Anda yang suka mencarikan teman atau saudara pasangan, mungkin bisa berpikir menjadikan hobi Anda bisnis profesional. Buktinya, Tinder menjadi salah satu dating app yang paling populer sejagat.

Membuka biro jodoh (atau kita bisa sebut dating consulting) secara profesional berarti Anda membantu klien untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Sehingga mereka bisa mendapatkan kehidupan cinta yang berkualitas pula.

Pekerjaan utama Anda bukan hanya mencarikan pasangan yang tepat, tapi lebih kepada mengembangkan kemampuan interpersonal klien. Membangun rasa percaya dirinya dan menyiapkan kencan secara daring.

Bagaimana caranya? Tergantung kepada pilihan Anda. Bisa jadi melalui website yang memiliki program all in one, seperti milik Cora Boyd: www.coraboydcoaching.com. Ada sesi coaching, workshop, portal khusus untuk member, dll.

Untuk menggaet klien baru, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Fanpage di FB bisa menjadi pilihan untuk mengunggah cerita-cerita inspiratif. Atau gunakan fitur Swipe Life di Tinder. Dimana usernya memang mereka yang sedang mencari jodoh.

Karena ada sesi coaching, Anda juga perlu mendapatkan sertifikasi seperti halnya pekerjaan life coach. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas Anda.

Asisten Virtual

Saat ini banyak juga orang yang mencari asisten virtual. Tugasnya seputar melakukan pekerjaan administratif, menjawab dan membuat email, menjadwalkan janji dan even, melakukan belanja pribadi, dll. Anda mungkin juga akan diminta mengelola website atau akun media sosial, melayani pesanan online, atau mendesainkan materi promosi.

Jika Anda adalah seorang yang memiliki kemampuan manajemen waktu dan keahlian organisasional mumpuni, bidang ini bisa jadi merupakan ide usaha yang cocok untuk Anda.

Karena jenis pekerjaan yang diberikan sangat bervariasi, Anda juga dituntut untuk komunikatif dan bisa beradaptasi dengan cepat. Atau Anda bisa mengkhususkan diri sebagai asisten di bidang tertentu. Seperti mengkhususkan diri di bidang desain.

Asisten virtual bisa dibayar per jam kerja, per hari, atau per proyek. Tergantung kepada kesepakatan dengan klien. Anda bisa melakukan branding di media sosial atau website pribadi untuk menggaet klien. Atau mencari job di situs dan aplikasi pekerja lepas (freelance).

Personal Concierge

Jika dialihbahasakan, pekerjaan ini seperti asisten pribadi. Bedanya, Anda tidak bekerja kepada satu atasan saja. melainkan menerima pekerjaan dari para klien Anda. Jenis pekerjaan ini mungkin belum terlalu umum di Indonesia. Namun di kota metropolitan, dimana orang-orang sangat sibuk dengan pekerjaan. Terlalu banyak hal yang harus dikerjakan hingga waktu terasa kurang. Pekerjaan ini akan berpeluang sangat besar.

Peluang ini cocok untuk Anda yang memiliki sifat bekerja yang efektif dan efisien. Di bidang ini, tidak ada permintaan yang terlalu remeh. Orang yang membayar jasa Anda akan berharap permintaan mereka bisa dipenuhi dengan sentuhan personal.

Klien yang potensial adalah para eksekutif, mereka yang punya uang berlebih dan  terbiasa mengandalkan orang lain untuk urusan mereka. Sebagai seorang concierge, tugas Anda bisa jadi adalah:

  • Penyelenggaraan acara-acara privat seperti: arisan, baby shower, bridal shower, dinner tertutup, dll.
  • Menjemput anak klien di sekolah
  • Mengantar dan menjemput kembali binatang peliharaan klien ke pet grooming
  • Mengirimkan buket bunga
  • Melakukan personal shopping
  • Memesan tiket dan melakukan reservasi, dll.

Penyedia Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Sebagai penyedia pembangkit listrik tenaga matahari, tugas Anda adalah menyiapkan, memasang dan memeriksa secara berkala solar cell di properti klien. Lalu melaporkannya kepada mereka. Peluang usaha ini akan terus berkembang. Mengingat gaya hidup go green sedang trend di masyarakat. Termasuk menggunakan sumber energi terbarukan untuk rumah dan pabrik.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha di bidang ini, tentu Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang pembangkit listrik tenaga matahari. Sebagai langkah awal, Anda bisa menyediakan solar cell untuk kebutuhan rumah tangga. Anda bisa bekerja sama dengan pemasok untuk menjadi distributor mereka. Anda juga bisa menawarkan kepada klien paket pemasangan dan pengecekan berkala selama beberapa waktu.

Penitipan Dan Salon Hewan Peliharaan

Ada banyak sekali orang yang memelihara hewan di negeri ini. Saat mereka ingin bepergian agak lama, seperti mudik atau plesir ke luar kota. Hewan peliharaan mereka tidak bisa dibawa saat tuannya bepergian, bukan?

Inilah celah untuk peluang usaha penitipan hewan. Peluang besar bagi Anda yang menyayangi hewan dan memiliki pengalaman merawat dan memelihara mereka. Anda bisa menyediakan tempat untuk penitipan para hewan tersebut. Tugas Anda adalah merawat dan menjaga mereka serta mengirimkan laporan secara berkala kepada klien Anda.

Menyatukan penitipan dan salon hewan peliharaan juga ide yang keren. Sehingga Anda bisa memastikan para hewan tersebut sudah rapi, wangi dan cantik saat kembali kepada majikan mereka. Anda membutuhkan keterampilan (atau karyawan yang terampil) untuk memangkas hewan. Atau jika usaha Anda hanya penitipan hewan, maka Anda membutuhkan beberapa kandang, ruangan yang luas serta beberapa perlengkapan lainnya.

Professional Organizer

Professional organizer, atau ahli menata barang, berbeda dengan penata ruang. Pekerjaannya lebih kepada bagaimana mengatur, menata, menyimpan barang- barang di suatu ruangan. Agar lebih  rapi, mudah diambil ketika diperlukan dan ruangan menjadi lebih fungsional. Seorang penata barang lebih mengedepankan fungsi dengan meminimalisir jumlah barang dan menatanya dengan rapi.

Konmari adalah salah satu metode merapikan barang yang terkenal. Di zaman materialisme seperti saat ini, metode merapikan dan mengurangi jumlah barang di rumah sedang naik daun. Berkurangnya barang yang menumpuk di rumah dipercaya dapat mengurangi stress dan mendatangkan kebahagiaan. 

Nah, jika Anda salah satu pelaku Konmari atau metode bersih-bersih lainnya, menjadi professional organizer adalah peluang usaha yang menjanjikan. Karena tidak semua orang bisa melakukan metode tersebut dengan baik. Mereka membutuhkan bantuan orang lain dan mungkin saja itu adalah Anda. 

Dengan menjadi professional organizer Anda membantu klien untuk membuat dan menjalankan sistem merapikan dan mengurangi tumpukan barang di rumah mereka. Lalu membantu mereka membuat sistem penyimpanan yang efektif dan efisien.

Sebagai sarana promosi, Anda bisa melakukan branding di media sosial dan web pribadi. Seperti halnya usaha jasa yang lain, promosi dari mulut ke mulut sangat berpengaruh di sini. Mintalah klien Anda untuk memotret kondisi ruangan sebelum dan sesudah dirapikan. Gunakan foto tersebut untuk memperkaya portofolio Anda dan mengunggahnya di media sosial atau website.

Bukan hanya diminta merapikan ruangan di dalam rumah, Anda bisa saja dibayar untuk merapikan ruangan kantor, atau tempat penyimpanan. Bayaran Anda akan menyesuaikan dengan tingkat kesulitan, luas ruangan atau waktu yang diperlukan untuk merapikan suatu ruangan.

Memanfaatkan Aset Yang Dimiliki

Salah satu tantangan yang dihadapi saat akan membuka bisnis baru adalah modal. Baik modal dana, tenaga, maupun sarana dan prasarana. Jika Anda memiliki aset yang menganggur dan tidak digunakan dengan optimal, mengapa tidak mencoba untuk menjadikannya peluang usaha? Berikut adalah beberapa contohnya.

Food Truck

Jika Anda memiliki mobil yang lebih sering terparkir daripada digunakan, juga minat untuk memasak dan berjualan makanan. Maka tidak ada salahnya untuk menyatukan keduanya dalam bisnis food truck.

Anda bisa menyulap mobil Anda menjadi toko berjalan. Dengan bagian belakang yang dimodifikasi, Anda bisa berjualan aneka camilan hingga makanan berat. Jika memungkinkan, beberapa kursi lipat dan satu meja bisa diletakkan di dekat mobil Anda, untuk mereka yang tidak ingin take away dan memilih memakan makanan di tempat.

Usaha food truck populer akhir-akhir ini, diiringi pembatasan untuk makan di ruang tertutup karena pengaruh pandemi. Anda bisa ‘mangkal’ di taman-taman kota, lokasi car free day, atau di pinggir jalan dimana diperbolehkan berjualan. Lokasi di dekat perkantoran juga cukup strategis.

 

Modal yang Anda butuhkan tidak terlalu banyak. selain perlengkapan untuk berjualan makanan, Anda mungkin butuh sedikit modifikasi pada mobil. Atau mungkin tidak, karena meletakkan dagangan di area bangku belakang dan bisa diakses pembeli dari arah pintu belakang sebenarnya sudah cukup.

Namun pastikan dahulu lokasi mangkal Anda memang boleh dijadikan tempat berjualan. Kalau tidak, Anda bisa digeruduk Satpol PP.

Berkebun

Jika Anda memiliki halaman yang cukup luas untuk ditanami aneka tanaman atau paling tidak dipasangi instalasi hidroponik, pot-pot berbagai ukuran. Serta Anda memiliki ketertarikan dalam menanam dan membudidayakan tumbuhan, Anda bisa mencoba usaha berkebun rumahan.

Bagi beberapa orang berkebun itu menyusahkan, akan tetapi jika Anda menikmati waktu di sela-sela pekerjaan menyiangi dan merawat tanaman, kenapa hobi tersebut tidak dijadikan uang? Dengan memanfaatkan sedikit modal Anda bisa membuat instalasi hidroponik, membeli bibit dan media tanam. Lalu menanam beberapa jenis sayuran. Harga sayuran hidroponik di pasaran sekitar Rp10.000-Rp14.000 per ikat. Jika paling tidak Anda panen 100 pot, hasil yang didapatkan sangat lumayan.

Selain sayuran hidroponik, Anda juga bisa mencoba tabulampot (tanaman buah di dalam pot). Trend tabulampot sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu dan masih terus bertahan. Buah-buahan seperti jeruk, jambu kristal, bahkan durian dan melon apel bisa dibudidayakan di dalam pot. Biasanya pot yang digunakan berdiameter antara 60-75 cm. selain menjual buahnya, Anda juga bisa menjual bibit tanamannya.

Selain hidroponik dan tabulampot, Anda juga bisa mencoba membudidayakan tanaman hias yang sedang trend saat ini. Atau mencoba menanam tanaman-tanaman mini di dalam pot warna-warni. Seperti kaktus astro, lidah buaya dan sansevieria.

Menjual hasil berkebun tidak sulit. Anda bisa melakukannya melalui website, media sosial, atau membuka toko online di marketplace. Tentukan terlebih dahulu, apa yang ingin Anda jual: bibitnya, baik dalam bentuk biji atau anakan untuk ditanam. Atau hasil tanamannya, untuk dikonsumsi atau dijadikan hiasan. Bentuk hasil tanaman juga bisa beragam: dikeringkan, dalam bentuk segar, dikemas di dalam plastik, dijadikan buket, dll.

Anda harus memperhatikan kondisi tanaman atau hasilnya, untuk menentukan metode penjualan. Penjualan online hingga ke luar kota akan riskan bagi anakan tanaman atau sayuran segar. Akan tetapi bisa dicoba untuk bibit dalam bentuk biji-bijian atau tanaman yang tahan banting. Kaktus misalnya. Dengan kemasan yang baik dan aman serta paket penjualan menarik Anda bisa meraih laba lumayan dari hasil usaha berkebun.

Sopir Online

Jika memulai usaha sendiri, dengan modal dan tenaga sendiri terdengar sangat berisiko bagi Anda, mungkin Anda bisa mencoba usaha sampingan dengan menjadi supir online. Mobil yang Anda miliki, jika tahunnya tidak terlalu rendah, dapat didaftarkan pada perusahaan taksi daring seperti Gojek, Grab, Maxim, dll.

Menjadi sopir online dapat Anda jalankan di sela-sela kegiatan sehari-hari. Namun Anda harus mengatur waktu dan stand by setiap saat karena panggilan bisa datang kapan saja. Anda juga harus hafal jalanan kota plus jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan.

Selain menjadi supir online, Anda juga bisa melayani perjalanan ke luar kota. Dengan berbekal promosi di media sosial dan aplikasi perpesanan, memanfaatkan jaringan pertemanan atau kartu nama, Anda bisa menjaring pelanggan. Untuk sekali perjalanan ke luar kota, lengkap dengan supir dan BBM, mobil Anda bisa disewa dengan harga sekitar Rp400.000-Rp800.000 per hari.

Biasanya di hari-hari libur, penyewaan mobil akan banyak dicari. Anda juga bisa menjalin kerjasama sub kontrak dengan perusahaan untuk menjadi sarana transportasi jika ada klien atau perjalanan dinas ke luar kota.

Bed and Breakfast

Apakah lokasi rumah Anda berada di dekat kawasan wisata, atau berada di kota dengan destinasi wisata yang ramai? Atau memiliki beberapa kamar kosong, mungkin paviliun dengan kondisi baik dan nyaman? Apakah Anda suka melayani tamu yang berkunjung, memasak dan menyediakan akomodasi?

Jika jawabannya adalah ya, maka Anda bisa membuka usaha penginapan kecil-kecilan. Istilah kerennya bed and breakfast atau B&B. Anda tinggal menyiapkan kamar berisi tempat tidur, lemari kecil, kamar mandi (opsional) dan menyiapkan sarapan untuk tamu Anda di pagi hari. Para backpacker dan pelancong ber-budget terbatas menyukai penginapan seperti ini, sebuah tempat untuk tidur dan sarapan sebelum kembali berpetualang.

Anda bisa mendaftarkan penginapan Anda di beberapa aplikasi wisata seperti RedRoomDoors, AirB&B, Traveloka, dll. Cara ini efektif untuk menjaring pelanggan. Karena kebanyakan pelancong zaman sekarang sangat mengandalkan aplikasi, dari mencari tiket hingga berburu kuliner dan memesan akomodasi.

Jasa Bersih-Bersih Rumah

Di masa pandemi dan new normal, kebutuhan akan tempat tinggal dan tempat kerja yang bersih meningkat drastis. Hal ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Lebih dari sekadar menawarkan layanan kebersihan biasa, Anda bisa menambahkan beberapa layanan lainnya. Misalnya:

  • Layanan kebersihan plus penyemprotan dengan disinfektan.
  • Layanan kebersihan menyeluruh, termasuk membersihkan kasur, sofa dan gorden dari debu, bakteri dan tungau.
  • Layanan membersihkan dinding dan permukaan properti (baik dinding beton, kayu, pavement) dari coretan dan mural. Baik dari kapur, krayon, cat minyak dan akrilik, dll.

Untuk layanan-layanan di atas Anda memang membutuhkan tambahan biaya untuk peralatan dan perlengkapan kerja selain peralatan kebersihan standar yang telah Anda miliki. Atau mungkin gaji pegawai. Namun secara relatif, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Pelanggan Anda juga bukan hanya rumah tangga, bisa jadi penginapan, perusahaan atau kantor akan membutuhkan jasa Anda.

Layanan kebersihan seperti ini biasanya dibutuhkan dalam interval tertentu. Misalnya untuk penyemprotan disinfektan, sekitar tiga hingga empat bulan sekali. Atau layanan membersihkan kasur dan sofa, sekitar sebulan sekali. Artinya jika telah memiliki konsumen yang puas akan pelayanan Anda, berarti Anda telah mendapat pelanggan jangka panjang.

Hobi Yang Membawa Penghasilan

Salah satu pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Jika Anda memiliki hobi tertentu, mengapa tidak mencoba menjadikannya ladang bisnis? Berikut adalah beberapa jenis hobi yang merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Sekaligus menghasilkan uang lumayan besar ketika ditekuni dengan baik.

Penulis

Menjadi penulis bukan berarti hanya menulis buku saja. Zaman sekarang jasa kepenulisan memiliki banyak ladang usaha. Selain buku dan media massa, hobi menulis juga bisa disalurkan ke media online, blog, website, dll. Berikut adalah beberapa  bisnis yang bisa Anda tekuni dari hobi menulis.

Editor Dan Proofreader Freelance

Dunia kepenulisan, di manapun dan kapanpun, selalu membutuhkan editor dan proofreader. Seorang editor bukan hanya memeriksa kesalahan ketik, PUEBI dan gaya penulisan. Akan tetapi juga konsistensi alur, pemilihan kata, plot hole, dll. 

Saat ini media online dan penerbitan indie semakin banyak, artinya peluang untuk menawarkan jasa freelance editing juga terbuka kian lebar. Jika Anda memiliki latar pendidikan yang mendukung untuk bekerja sebagai editor, jangan sia-siakan kesempatan ini. Jika Anda tidak memiliki latar belakang tersebut, jangan khawatir. Ada banyak kursus dan kelas-kelas online untuk menjadi seorang editor.

Mungkin Anda merasa belum mumpuni untuk menjadi seorang editor. Tidak masalah, Anda bisa memulai karir dengan menjadi seorang proofreader. Tugas proofreader adalah membaca naskah dan menemukan kesalahan cetak serta ketidaksesuaian penggunaan PUEBI. Lebih ringan daripada editor.

Baik editor maupun proofreader dibutuhkan untuk penulisan fiksi dan non fiksi. Oleh karena itu penting untuk menentukan genre Anda sejak awal. Apakah Anda akan menjadi editor fiksi ataukah non fiksi? Setelah mengetahui spesialisasi Anda, perbanyak portofolio Anda. Lalu promosikan diri Anda melalui media sosial, web pribadi, LinkedIn, dll.

Ghostwriter

Sebagai seorang ghostwriter, Anda menulis dan melakukan semua tahapannya. Seperti riset, swasunting, dll. Namun hasil tulisan Anda akan diatasnamakan kepada klien Anda. Anda hanya akan mendapatkan upah sesuai dengan hasil kesepakatan.

Bagi Anda yang menulis untuk mendapatkan penghasilan dan tidak terlalu peduli akan publikasi, peluang ini patut diambil. Pekerjaan ghostwriter bisa mencakup banyak jenis tulisan. Mulai dari artikel pendek, konten, makalah, resume, hingga buku. Baik fiksi maupun non fiksi.

Anda masih membutuhkan diskusi dan brainstorming bersama klien Anda, agar konsep yang diinginkannya dapat dituangkan dengan baik melalui tulisan yang Anda buat. Ghostwriter biasanya dibayar per kata yang ditulis. Namun untuk buku seperti novel, biasanya per proyek. Jika Anda sudah cukup berpengalaman dalam menulis, bahkan pernah menerbitkan buku secara mayor (atas nama Anda tentunya), bayaran sebagai ghostwriter bahkan bisa setara dengan sebuah motor matik terbaru.

Copywriter

Menulis copywriting berarti Anda menulis naskah atau artikel berisi konten marketing. Bagaimana caranya Anda bisa mempromosikan suatu produk melalui tulisan Anda. Seorang copywriter biasanya bekerja secara anonim, untuk mengisi web, landing page, atau press release. Namun bisa juga untuk mengisi blog pribadi yang bekerja sama dengan suatu produk.

Untuk menjadi copywriter Anda sebaiknya mengerti SEO dan penerapannya. Hal ini akan meningkatkan bayaran Anda. Modal untuk menjadi seorang copywriter juga tidak banyak. Selain kemampuan menulis, Anda hanya memerlukan komputer dan jaringan internet. Anda pun bisa mengerjakannya di mana saja. Biasanya copywriter dibayar per artikel atau per kata. Atau jika Anda dikontrak untuk jangka panjang, terkadang Anda bisa dibayar per jam kerja.

Penulis Buku

Menulis buku, di zaman sekarang, bukan hanya melulu buku fisik. Anda bisa menulis buku untuk diterbitkan secara elektronik atau e-book. Atau jika Anda menyukai fiksi, menjadi penulis novel atau komik di platform juga bisa menghasilkan banyak uang. Beberapa platform menulis seperti Storial, Kwikku, KBM, Webtoon atau Dreame membayar penulisnya yang berhasil mencapai jumlah view tertentu.

Jumlahnya lumayan, bahkan jika Anda rajin  berpromosi penghasilan Anda per bulan bisa setara dengan pegawai kantoran. Anda cukup menginstall aplikasi yang diinginkan, lalu membaca dan menelaah selera pembaca di sana. Pilih dan sesuaikan cerita Anda hingga cocok untuk dikirimkan ke editor platform tersebut. Jika lolos proses kurasi, akun Anda bisa dimonetisasi. Lantas setiap bab cerita yang dibaca user (istilahnya view) akan mendapat bayaran.

Bagaimana jika Anda tidak ingin menulis di platform? Maka menerbitkan buku secara indie dapat Anda lakukan. Pilih penerbit indie yang berkualitas terutama proses editing dan layout-nya. Pembagian royalti penerbit indie berkisar antara 20-30% dari harga jual buku.

Blogger

Jika Anda suka menulis dan berbagi pengetahuan, hobi maupun hal-hal yang Anda senangi, tepat sekali jika Anda ingin menjadi seorang blogger. Anda bisa bekerja dari rumah, menulis konten, dan menghasilkan uang darinya.

Hal yang sangat penting dari  membangun blog adalah mendapatkan trafik yang tinggi. Banyak perusahaan yang melihat trafik ini sebagai hal yang potensial, yang akan membuat mereka tertarik bekerja sama dengan Anda.

Untuk meraih trafik tinggi, pilih topik blog yang Anda kuasai dan banyak pembacanya. Hal ini akan membantu Anda membangun komunitas pembaca yang ramai. Kemudian, pastikan juga untuk memposting konten secara konsisten agar Anda memiliki engagement dengan pembaca. Pelajari SEO dan konten marketing untuk meningkatkan kemungkinan blog Anda terlihat di halaman pertama Google.

Jika Anda sudah berhasil membangun blog dan mendapatkan trafik tertentu, akan mudah sekali mendapatkan uang dari sana. Iklan, konten bersponsor, afiliasi link, dll. Beberapa blogger juga menulis di beberapa blog bisnis, membuka kursus online dan berjualan merchandise.

Pertukangan dan Perbengkelan

Tidak tertutup kemungkinan hobi bertukang dan mengotak-atik mesin Anda dijadikan ide untuk berwirausaha. Berikut adalah contohnya.

Bengkel Sepeda

Di Indonesia, bersepeda kembali menjadi trend dalam dua tahun terakhir. Setelah beberapa tahun lalu kampanye bike to work membahana, di masa pandemi bersepeda kembali menjadi pilihan olahraga minim interaksi fisik namun tetap mengasyikkan.

Bagi Anda yang hobi menggoes kendaraan  anti polusi ini plus memiliki kemampuan mengutak-atik sepeda, Anda bisa memanfaatkan garasi untuk membuka sebuah bengkel. Peralatan bengkel sepeda tidak serumit bengkel motor apalagi mobil. Anda juga bisa menjalankannya secara fleksibel, atau jika mau, melayani servis panggilan dari rumah ke rumah.

Pelanggan pertama Anda bisa datang dari tetangga sekitar rumah, teman-teman komunitas bersepeda, bahkan teman anak-anak Anda. Jika Anda tetap buka di hari libur, bisa saja bengkel Anda akan menjadi basecamp para penggemar sepeda. Anda bahkan bisa mengajak putra Anda untuk membantu di bengkel. Selain mengisi kegiatan di sela PJJ-nya, juga mengajarkan jiwa wirausaha dan kerja sama.

Bengkel Otomotif

Jika Anda penggemar mesin dan bisa mengutak-atiknya, mengapa tidak mencoba membuat bengkel otomotif? Anda bisa menjadi mekaniknya sekaligus menyalurkan hobi. Atau mengupah seorang yang lebih lihai di dalam bidang tersebut untuk menjadi karyawan Anda.

Bengkel otomotif melayani servis rutin kendaraan, ganti oli, ganti ban dan suku cadang lainnya, dll. Anda bisa fokus kepada salah satu kendaraan bermesin saja: mobil atau motor. Jika mobil, Anda juga bisa memilih untuk fokus kepada salah satu bidang. Apakah membuka bengkel reparasi, bengkel modifikasi, khusus servis AC mobil, bengkel khusus mobil klasik, dll.

Perajin Perabotan

Apakah Anda suka membuat aneka furniture atau hiasan rumah? Sesuatu yang unik, berguna dan hasil tempahan tangan Anda sendiri? Mengapa tidak mengubah hobi ini menjadi peluang usaha? Tidak semua orang bisa mendapatkan furniture yang sesuai dengan selera dan kondisi rumahnya di toko perabot.

Bisa jadi Anda akan membantu mereka dengan kemampuan menciptakan perabotan dan hiasan rumah kustom. Anda bisa bekerja saat weekend, dengan menyulap sebagian garasi menjadi workshop. Jika usaha Anda berkembang, bisa jadi Anda akan bekerja seminggu penuh dan membuka toko perabotan sendiri. Atau membayar karyawan untuk membantu. Hasilnya? Lebih dari lumayan.

Fashion, Crafting  dan kecantikan

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Baik sebagai profesi penuh waktu maupun paruh waktu sembari menekuni hobi.

Penata Rambut dan Make Up Artist.

Penata rambut dan perias panggilan adalah profesi yang cukup populer saat ini. peluang bisnis yang luas dan bisa dikerjakan secara fleksibel. Jika Anda pernah mengikuti kursus untuk menata rambut dan merias, Anda bisa mengambil kesempatan ini. Penata rambut dan perias (akrab juga disebut Make Up Artist—MUA) dibutuhkan untuk merias calon wisudawati, calon pengantin, peserta karnaval, dll.

Anda bisa berpromosi di media sosial dengan menunjukkan hasil kerja Anda. Lalu memenuhi panggilan klien di hari libur. Jangan lupa untuk menyimpan dan memperkaya portofolio Anda. Selain merias dan menata rambut, Anda juga bisa membuka kelas belajar merias.

Beauty Blogger

Kemampuan merias juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang beauty blogger. Berbekal pengetahuan Anda tentang aneka peralatan make-up, trik padu padan dan ilmu videografi. Anda bisa membuat video tutorial make up di YouTube atau Tiktok. Review produk, dll. Bisa jadi akan ada penonton yang menyukai gaya riasan Anda dan menyewa Anda sebagai make up artist freelance.

Jika Anda memenuhi panggilan merias, biasanya waktu kerja Anda akan fleksibel dan sibuk hanya di akhir pekan. Selebihnya bisa Anda gunakan untuk membuat konten di kanal video Anda. Penghasilan Anda akan datang dari jasa merias, endorse dan iklan.

Butik

Fashion nyaris tidak bisa dipisahkan dari dunia wanita. Oh, tapi jangan salah. Pria dengan selera fashion jempolan juga bisa merintis usaha butik khusus pakaian pria. Membuka usaha butik memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun usaha ini juga menyenangkan untuk dijalankan, baik sendiri atau patungan bersama teman-teman.

Selain selera fashion yang bagus Anda juga sebaiknya memiliki kemampuan menjahit dan merancang busana. Karena butik biasanya menyediakan pakaian-pakaian yang lebih berkelas dan menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Kompetisi di bidang ini juga tidak bisa dikatakan ringan, namun jika Anda bisa membidik celah pasar yang tepat dipadu dengan kreativitas, Anda harus bersiap-siap untuk sukses.

Perajin Perhiasan dan Aksesoris

Ada banyak cara untuk bisa terjun di bisnis perhiasan. Selain juga tentunya banyak jenis bahan perhiasan yang bisa Anda lirik dan rancang. Jika Anda menyukai kreativitas dan kegiatan membuat aksesoris, Anda bisa mencoba menjadi perancang perhiasan. Bros, tiara, anting dan kalung bahkan penjepit dasi akan tampil eksklusif di tangan yang tepat.

Anda tidak perlu terpaku pada satu jenis bahan saja. Aneka mote, kristal, bahan metal, kayu, kaca, batu mulia, bahkan plastik dan bulu sintetis dapat diolah menjadi aksesoris yang cantik. Anda dapat membuat brand dan menjualnya di toko online Anda sendiri. Atau mempromosikannya di Instagram dan Pinterest. Anda juga bisa membuka toko online di marketplace untuk memasarkan produk Anda.

Parsel Unik

Usaha parsel bisa dikatakan bukan lagi hal baru. Menjelang hari-hari besar dan perayaan perajin parsel biasanya kebanjiran orderan. Jika Anda tertarik pada bidang ini, bidik celah pasarnya. Bagaimana menyajikan parsel yang unik dan cantik. Karena isi parsel tidak melulu hanya makanan atau pecah belah saja.

Anda bisa saja membuat parcel khusus edisi binatang kesayangan, misalnya.  Isinya aksesoris lucu, makanan dan mainan hewan peliharaan. Dengan kemasan yang cantik dan isi yang unik, dijamin para pet lover akan tertarik membelinya. Anda bisa juga membuat parsel berisi kerajinan tangan buatan Anda sendiri. Atau parsel berisi barang-barang unik hasil daur ulang, sabun dan shampoo organik, dll.

Perajin Aneka Barang Lucu

Perajin barang-barang lucu berbeda dengan perajin perhiasan. Anda yang suka bermain dengan aneka kain, manik-manik dan aneka bahan pembuat aksesoris lucu, bisa meraih peluang untuk menjadi pengusaha di bidang ini.

Perajin barang-barang lucu seperti gantungan ponsel, gantungan kunci, aneka jepit rambut, tas mungil dari tali kur, dll. Konsumen utama aksesoris ini adalah wanita, dari anak-anak hingga usia dewasa. Anda bisa mencari celah pasar sekaligus menetapkan branding pada produk Anda.

Misalnya memproduksi aneka aksesoris lucu dengan gambar dan bentuk kucing, strawberry, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan pelangi. Warna-warni cerah selalu mendominasi barang-barang imut ini.

Media Sosial Dan Teknologi

dua hal yang tidak akan bisa dipisahkan lagi dari kehidupan di zaman sekarang adalah media sosial dan teknologi. Bahkan hobi rebahan sambil berselancar di Facebook dan Instagram pun bisa berpeluang menghasilkan uang. Coba lihat beberapa contoh ide di bawah ini, siapa tahu Anda akan terinspirasi.

Youtuber Dan TikTok

Kedua platform berbagi video ini sama-sama bisa membuat Anda menghasilkan uang hanya dengan membuat dan mengunggah video. Jika YouTube adalah anak perusahaan Google, TikTok yang booming sejak tahun 2019 lalu adalah perusahaan dari Tiongkok. Lalu, bagaimana cara mencuri peluang bisnis dari keduanya?

Untuk menjadi seorang YouTuber, Anda harus memilih niche yang sesuai dengan ketertarikan Anda, namun memiliki penggemar yang banyak. Sehingga Anda bisa membangun basis follower dengan cepat. Misalnya tema-tema seperti memasak, game, review produk, dll.

Jika Anda sudah bisa mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 view, Anda dapat bergabung dengan YouTube Partner Program. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan uang melalui AdSense. Akan lebih mudah juga untuk berpartner dengan para pengusaha yang mencari influencer, karena biasanya mereka mensyaratkan jumlah audiens tertentu.

Sementara di TikTok, tidak jauh berbeda. Anda dapat meraih pendapatan dengan cara mengunggah video dengan konten menarik, singkat namun imersif. Dengan begitu Anda akan mendapatkan lebih banyak pengikut. Sehingga akan ada brand yang bekerja sama untuk mempromosikan produknya.

Namun, untuk bisa eksis di TikTok sekaligus mendapatkan kesempatan endorse, Anda juga harus aktif di media sosial lainnya. Video TikTok lebih efektif jika disebarkan juga di Instagram atau Facebook, sehingga Anda juga harus meraih pengikut dengan jumlah tertentu di kedua platform tersebut.

Untuk mendapat view dan subscriber yang banyak, Anda harus berinvestasi uang, waktu dan tenaga pada proses pembuatan videonya. Bukan hanya konten yang bagus, tetapi juga teknik pengambilan gambar dan editing yang baik. Video yang buram atau bergetar tentu tidak akan enak ditonton, bukan?

Namun hal tersebut bukanlah masalah besar. Anda bisa mengedit video dengan berbagai pilihan program, seperti Adobe Premiere Pro, VN, Kinemaster atau iMovie. Peralatan seperti lazypod juga tidak terlalu mahal namun bisa membuat proses pengambilan video jauh lebih mudah.

Influencer

Jika pengikut Anda di media sosial sekitar seribu hingga ratusan ribu orang, Anda bisa mencoba menjadi seorang influencer. Pekerjaan Anda seputar mempromosikan produk klien kepada audiens Anda. Biasanya klien akan mengirimkan produk untuk Anda pakai dan promosikan (endorsement). Atau mengajak Anda untuk ikut serta dalam sebuah kolaborasi program promosi. Anda juga dapat bergabung dengan jaringan affiliate marketing untuk mendapatkan produk dan mempromosikannya.

Influencer sendiri bisa dibagi menjadi empat jenis menurut jumlah pengikutnya: mega, makro, mikro dan nano influencer.

  • Mega influencer memiliki pengikut di atas 1 juta. Contohnya Atta Halilintar atau Raditya Dika.
  • Makro influencer memiliki pengikut di atas 100.000 namun di bawah 1 juta.
  • Micro influencer memiliki pengikut di antara 1.000-100.000 akun.
  • Nano influencer adalah yang terkecil, dengan pengikut masih di bawah 1.000 akun.

Micro influencer biasanya dikenal sebagai spesialis topik. Artinya mereka memilih niche tertentu untuk diolah dan dipromosikan. Misalnya kuliner, make up, hijab fashion, dll. Jika Anda tertarik untuk menjadi micro influencer, maka Anda harus menekuni satu niche dan menjadikannya brand Anda. Profil Anda haruslah menarik dan akrab. Tunjukkan bahwa Anda menyukai niche tersebut dan menguasainya. Anda juga harus memiliki hubungan yang akrab dengan para follower.

Perusahaan menyukai bekerja sama dengan mikro influencer karena adanya level keterikatan yang lebih kental antara pengikut dan sang influencer. Berbeda dengan mega dan makro influencer yang walau pengikutnya banyak, namun engagement-nya kurang. Sebagai mikro influencer Anda memiliki pengaruh yang lebih baik dalam mengajak follower membeli suatu produk.

Jika Anda telah mendapatkan produk untuk dipromosikan, buatlah konten promosi yang terlihat natural. Kekuatan seorang influencer adalah kepercayaan dan keakrabannya dengan para pengikut. Maka manfaatkanlah kedua hal tersebut.

Editor Video

Menjadi YouTuber, TikToker atau influencer bukanlah satu-satunya cara untuk berkarir di bidang yang terkait dengan videografi. Ketertarikan Anda di bidang ini dapat dimanfaatkan dengan menjadi seorang editor video. Anda dapat membantu orang untuk membuat, mengedit dan mempercantik tampilan video mereka. Apalagi saat ini kebutuhan konten video mencakup hampir semua hal. Pendidikan, institusi pemerintahan, promosi, dll.

Modal utamanya tentu adalah kemampuan mengedit dan membuat konten video yang baik. Juga komputer dengan memori eksternal yang besar, aplikasi editing yang mumpuni, serta waktu dan ketelitian. Anda bisa bekerja dari rumah dengan jam kerja fleksibel. Asalkan tetap memenuhi deadline dari klien.

Selain itu, Anda harus memiliki pola pikir story telling atau bercerita. Agar video mentah yang akan Anda olah memiliki alur yang jelas dan menarik. Jangan lupakan narasi yang enak didengar, informatif dan memberi efek keterikatan dengan audiens hingga ke akhir video. Perbanyak portofolio dan mendaftarlah pada situs pekerja freelance untuk berburu proyek pertama Anda.

Admin Medsos

Sebagai admin media sosial freelance, tugas Anda adalah membuat konten strategis, meraih trafik dan membalas komentar dan pertanyaan audiens di akun yang Anda kelola. Banyak usaha kecil menengah yang membutuhkan jasa ini. Para pemilik toko online, misalnya.

Seorang admin media sosial dituntut juga untuk bisa berpromosi dan mengubah follower atau audiens menjadi pelanggan. Sehingga kemampuan berkomunikasi dan kreativitas sangat diperlukan dalam bidang ini. Termasuk kemampuan untuk mengerti tujuan marketing klien dan menggunakan suara brand mereka.

Anda dapat bekerja secara remote dengan mengandalkan gawai dan koneksi internet. Namun walau waktu yang disediakan juga fleksibel, sebisanya Anda harus konsisten untuk online di jam-jam tertentu. Sebaiknya Anda juga mempelajari digital marketing, copywriting dan photo editing jika ingin berkecimpung di bidang ini.

Podcaster

Podcaster berarti mereka yang eksis melalui Podcast. Saat ini menjadi Podcaster merupakan usaha yang sedang naik daun. Bukan hanya menyajikan konten yang menarik, Anda juga dapat memonetisasi akun Podcast dan membangun basis pendengar. Sehingga mendapatkan peluang untuk bekerja sama dengan produk atau pengusaha untuk mempromosikan brand mereka. Banyak Podcaster yang menjadikan hal ini ladang usaha sampingan.

Untuk menjadi seorang Podcaster Anda harus belajar storytelling, penguasaan karakter dan tone suara, serta membuat konten. Anda dapat bercerita tentang macam-macam di Podcast. Read aloud,  topik terkini, hingga wawancara dengan tokoh.

Pendapatan Anda bisa mengalir dari affiliate marketing, promosi melalui live streaming, atau jika telah memiliki audiens yang banyak, Anda dapat bergabung ke jaringan iklan seperti Advertise Cast. Sementara peralatan yang Anda butuhkan meliputi aplikasi editing suara dan peralatan audio yang memadai. Agar suara Anda terdengar jelas dan renyah di telinga pendengar.

Anda juga dapat menyebarkan link Podcast di media sosial, selain Podcast Anda juga bisa didengarkan di Spotify dan Anchor. Berita baiknya, bisnis sampingan Anda ini bisa dikerjakan dari rumah dan sepenuhnya online.

Voice Over Talent

Jika Anda memiliki suara yang bagus, unik, berkarakter, Anda dapat menjadi voice over talent. Memanfaatkan kelebihan Anda untuk menjadi pengisi suara di radio, iklan, audiobook, drama televisi, dll.

Selain suara merdu, Anda juga harus bisa ‘berakting’ dan membawakan berbagai tone serta warna suara. Semakin banyak jenis warna suara Anda, semakin luas jenis pekerjaan sulih suara yang bisa Anda lakoni. Jangan khawatir, ada banyak pelatihan dan kursus online untuk menjadi seorang VO talent. Seperti yang dibawakan oleh Voice Institute Indonesia.

Anda dapat menerima dan mengerjakan proyek sulih suara Anda di rumah. Tentu saja Anda harus memiliki peralatan audio dan merekam suara yang baik. Buatlah portofolio online dimana Anda bisa memberikan demo real sulih suara Anda. Terima beberapa proyek kecil atau gratis juga tidak apa-apa untuk melengkapi portofolio Anda. Selanjutnya Anda dapat menjaring proyek yang lebih besar di www.indovoiceover.com atau www.fastwork.id.

Kuliner

Semua orang butuh makan dan hampir semua orang suka berburu makanan enak. Jika Anda memiliki hobi di bidang kuliner dan masak-memasak, ada banyak peluang bisnis yang dapat Anda ambil.

Katering

Bahkan ibu rumah tangga pun bisa membuka bisnis ini. Anda dapat menerima pesanan dalam jumlah kecil terlebih dahulu jika belum memiliki karyawan. Misalnya untuk arisan, pengajian atau acara keluarga. Anda juga tidak harus memiliki peralatan yang super lengkap. Anda bisa menyewa peralatan makan lengkap sembari membeli dan mengumpulkan milik Anda sendiri.

Jika repot dengan layanan catering makan di tempat, Anda bisa membuka usaha catering yang melayani pesanan nasi kotak atau snack box. Jangan lupa untuk selalu mempromosikan usaha Anda dan memposting testimoni pelanggan di media sosial untuk menggaet pelanggan baru.

Membuka Restoran Atau Kafe

Jika Anda benar-benar pintar memasak dan memiliki jiwa pengusaha yang ambisius, tidak ada salahnya membuka restoran anda sendiri. Baik yang hanya buka dari pagi hingga siang hari, maupun yang buka hingga tengah malam.

Usaha ini termasuk yang paling cepat perputaran uangnya dan paling menguntungkan. Namun juga paling beresiko, menantang dan membutuhkan modal banyak. Jika Anda tidak ingin mengambil resiko terlalu besar, Anda bisa mencoba konsep waralaba atau bergabung dengan jaringan restoran yang sudah punya nama.

Juru Masak Pribadi

Mirip dengan usaha katering, tetapi yang satu ini lebih fleksibel. Anda menjadi juru masak pribadi seseorang yang tugasnya hanya memasak dan menghidangkan makanan saja. Biasanya pekerjaan ini dilakukan di rumah klien Anda dan hanya menghabiskan waktu beberapa jam. Sehingga Anda bisa menjadikannya peluang bisnis yang menjanjikan.

Di Indonesia pekerjaan juru masak biasanya disamaratakan dengan pembantu rumah tangga. Namun Anda bisa menaikkan derajatnya dengan menggunakan pengetahuan kuliner dan gizi yang Anda miliki. Bukan hanya memasak, Anda juga membantu klien untuk mengatur menu dan membuatkan resep masakan yang cocok dengan kondisi kesehatan mereka.

Bangun web pribadi, blog dan gunakan media sosial untuk membangun citra profesi Anda. Unggah beberapa resep racikan Anda, tips memasak bahan tertentu, juga testimoni dari klien. Dari sana Anda akan mendapatkan klien. Usaha ini juga cocok untuk Anda yang suka bekerja secara lebih personal dengan orang-orang yang berbeda.

Mulailah Ambil Langkah Pertama Anda Sekarang!

Semua jenis usaha, profesi dan pekerjaan freelance yang kami sajikan di atas dapat Anda lakukan secara online maupun offline. Mungkin pada beberapa di antaranya  dilakukan secara parsial. Sebagian langkah harus dilakukan secara offline dan hanya promosi atau penjualannya yang bisa dikerjakan melalui media online. Atau mungkin sebaliknya.

Namun keseluruhannya merupakan peluang yang besar dan dapat Anda optimalkan di masa sekarang. Yang perlu Anda lakukan adalah mulai ambil langkah pertama Anda. Lalu jalankan secara konsisten dan tertata.

Selamat menjalankan bisnis Anda dan semoga berhasil.

Author avatar
Ahmad Chaidir
Ahmad adalah CEO di Crooud. Menyukai SEO, konten yang baik, ramen dan dota 2. Sangat percaya jika siapapun bisa sukses dengan SEO.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *