Skip links

Terlengkap, 57 Contoh Ide Usaha yang Bisa Ditiru

Para pengusaha pemula dituntut untuk bisa mencari contoh ide usaha yang berbeda. Selain modal mereka juga perlu memikirkan produk atau jasa prospek dalam jangkauan segmentasi luas.

Table of Contents

Menjadi pengusaha menawarkan keleluasan dari segi waktu dan penghasilan. Tidak heran bila kini profesi tersebut mulai diminati, khususnya bagi milenial. Di tengah banyaknya bisnis baru, salah satu tantangan yang harus dihadapi yakni mencari contoh ide usaha.

Contoh ide usaha bukan sekadar sesuatu yang menarik, namun berbeda dan dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, penting menggali informasi, melakukan riset hingga trial guna mengetahui prospek bisnis masa kini serta mendatang.

Nah, dalam artikel kali ini Crooud akan memberikan gambaran peluang mengenai bisnis, contoh ide usaha, tips serta langkah-langkah yang diperlukan. Yuk, pelajari sama-sama!

Usaha apa yang berpeluang untuk sukses?

Bisnis yang mengikuti perkembangan dinamisme pasar, memiliki website serta strategi digital marketing paling berpeluang untuk berkembang.  Saat ini, calon konsumen dengan mudah mengetahui sebuah produk atau jasa secara online melalui platform. Maka dari itu proses pemasaran tidaklah sulit karena bisa memanfaatkan internet.

Salah satu langkah mengidentifikasi peluang usaha ialah melakukan riset, analisa dan mempelajari lingkungan sekitar. Perhatikan tren, kebutuhan calon konsumen,  cara agar bisa memenuhi consumer need sampai pada proses pengembangan lebih lanjut.

Intinya, usaha yang berpeluang untuk sukses adalah mengetahui selera konsumen. Jika poin tersebut terpenuhi, maka proses pemasaran secara digital akan berjalan dengan baik.

Usaha apa yang bagus saat ini?

Ada banyak contoh ide usaha yang bisa dimulai. Pengusaha harus bisa menganalisa peluang yang memberikan kebahagiaan, stabilitas, keberhasilan dan konsistensi. Untuk membantu menemukan bisnis yang cocok, cobalah jawab pertanyaan berikut ini.

  1. Apa minat dan bakat Anda? – Ini bisa sesuatu yang disukai, hobi atau hal yang ingin dilakukan dalam jangka waktu lama
  2. Apa kebutuhan utama di pasar yang sedang ditarget dan bagaimana caranya memenuhinya?
  3. Siapa kira-kira klien potensial? – Pelajari demografi, mencakup usia, pendidikan, tingkat pendapatan dan lain sebagainya.
  4. Bagaimana lingkungan kerja yang ideal? – Dalam hal ini, ada orang yang suka bekerja sendiri atau justru berkelompok.

Keempat pertanyaan di atas akan memudahkan dalam menemukan jawaban. Dengan demikian, proses identifikasi bisa lebih tepat sasaran.

Langkah memulai usaha

Memulai sebuah usaha memerlukan persiapan matang. Dengan panduan tepat, proses perencanaan hingga pemasaran dapat berjalan secara efisien. Berikut sembilan langkah memulai bisnis yang perlu diketahui.

1. Identifikasi ide bisnis

Sangat penting mengidentifikasi dengan jelas contoh ide usaha yang akan dijalankan. Anda bisa mengulik dari pengalaman, kemampuan, dan pendidikan. Misalnya, bagaimana cara menjalan bisnis penitipan anak, kuliner street food, berjualan pakaian sampai jasa pencucian motor.

Lakukan riset mengenai bidang usaha yang akan digeluti. Pelajari setiap hal yang berhubungan dengan itu, seperti pangsa pasar, selera konsumen, permasalah serta solusi dari semuanya. Dengan melakukan pembelajaran mendalam menambah pemahaman mengenai bisnis.

2. Mulailah dengan hobi atau bisnis sampingan

Apakah pernah terbersit menjadikan hobi sebagai bisnis jangka panjang? Minat bisa jadi sebagai sarana untuk menghasilkan keuntungan serta meraup banyak peminat.

Mengelola bisnis sampingan berguna bagi pengusaha pemula. Mungkin awalnya mengalami kesalahan dan kesulitan. Namun seiring berkembangnya waktu tentu banyak belajar untuk memperbaiki serta mencari jalan keluar sendiri.

Bisnis sampingan juga menjaga arus kas lebih stabil karena tidak melibatkan banyak modal ataupun investor. Pengusaha memiliki kesempatan menata usaha, mematangkan ide dan mengenali pasar sebelum akhirnya terjun sepenuhnya ke dunia wirausaha.

3. Tentukan perangkat lunak yang dibutuhkan

Perangkat lunak termasuk aplikasi pembukuan, manajemen usaha, kanal pemasaran digital dan lain sebagainya. Pilihlah software atau tools yang paling efektif dan efisien.

Meskipun hanya usaha kecil, namun sebagai pengusaha harus tetap menjalaninya dengan profesional. Artinya, penting menggunakan perangkat guna menata pembukuan lebih rapi, melaksanakan strategi secara efektif serta pemasaran tepat.

4. Merancang rencana usaha

Jika sudah menemukan ide usaha, saatnya eksekusi. Mulai rancang rencana dengan beberapa poin di bawah ini.

  • Kerangka rencana yang menunjukkan profil perusahaan dan sasarn pasar.
  • Model bisnis, baik berupa online maupun offline. Kemudian catat mengenai konsumen, aktivitas usaha dan bagaimana struktur organisasinya. Sertakan pula keterangan mengenai produk serta bagaimana caranya memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Kondisi pasar dibuat dengan gambar singkat tentang siapa competitor, termasuk kelebihan dan kelemahan.
  • Detail produk dan layanan, termasuk diferensiasi dibanding milik pesaing
  • Manajemen operasional
  • Strategi pemasaran yang meliputi cara memasarkan produk, informasi mengenai konsumen ideal, rencana penawaran dan taktik penjualan.
  • Rencana keuangan
  • Kesimpulan 

5. Usaha perorangan atau partnership?

Bentuk bisnis partnership lebih kompleks daripada perseorangan. Di samping itu, jenis usaha ini juga lebih mudah dalam pengumpulan dana. Akan tetapi, perhatikan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh daerah setempat tentang aturan membuka bisnis.

Sementara perusahaan perorangan hanya dijalankan oleh diri sendiri. Relatif lebih sederhana dari segi struktur dan secara finansial keuntungan usaha dianggap satu dengan kekayaan pribadi.

6. Buat akun bank khusus

Salah satu poin penting ketika membuka usaha baru ialah memisahkan antara keuangan rumah tangga dengan bisnis. Ini akan membuat arus finansial dapat diidentifikasi secara jelas, mulai dari menghitung laba dan biaya operasional.

Dengan demikian, buat rekening terpisah antara keuangan rumah tangga dan bisnis. Cara tersebut bertujuan untuk meminimalisir kerugian atau masalah keuangan. Di samping itu juga mempermudah saat menghitung pajak penghasilan dan zakat.

7. Apakah usaha bisa berjalan dengan baik dari rumah?

Sebelum memulai bisnis, tanyakan terlebih dahulu kepada diri sendiri, apakah usaha akan berjalan dengan baik bila dilakukan dari rumah? Beberapa mungkin demikian, namun sebagian tidak. Oleh sebab itu, lakukan riset mengenai kondisi lingkungan sekitar.

Pastikan pula memiliki lahan cukup untuk membuka bisnis, seperti toko sembako, tempat penitipan anak, tempat cuci motor atau mobil dan masih banyak lagi lainnya. Di sisi lain, space lebih di rumah juga sangat berguna sebagai tempat penyimpanan stok produk, sehingga proses audit jadi lebih efektif serta efisien.

8. Tentukan kantor

Jika usaha dilakukan dari rumah, maka tetapkan di mana lokasinya. Tidak perlu ruangan khusus, bisa jadi hanya berada di sudut ruang tengah yang nyaman dan kondusif.

Menentukan tempat kerja sangat penting karena disanalah tempat lahirnya kreativitas, berpikir serta mengatur usaha hingga masa mendatang. Misalnya saja, seorang vlogger membutuhkan tempat tenang dan nyaman untuk mengambil video. Bahkan ketika memiliki bisnis kuliner, ruang makan bisa jadi salah satu space khusus menyimpan stok.

9. Mulailah bekerja!

Persiapan telah matang, mulai ide, modal mencukupi, membuat perencanaan bisnis dan mendapatkan dukungan keluarga. Maka selanjutnya mulailah bekerja!

Menjadi pengusaha memiliki tantangan tersendiri. Nantinya akan dihadapkan pada permasalahan dan hal-hal tidak terduga yang membawa pada lonjakan adrenalin. Namun dibalik tantangan dan kesulitan akan selalu ada pengalaman serta pemikiran baru, sehingga menjadikan skill makin matang. Tentu saja ini berguna untuk hasil lebih baik di kemudian hari.

Peluang dan contoh ide bisnis untuk pengusaha pemula

Ide usaha bisa datang dari mana saja, misalnya hobi, keinginan, riset, kreativitas sampai pada hal yang baru saja ditemui. Intinya apapun jenis bisnis, memerlukan keahlian untuk mengembangkan. Meskipun belum memiliki skill mumpuni, namun bisa dipelajari seiring dengan berjalannya waktu.

Berikut contoh ide usaha yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk membuka bisnis. Mari kita cari tahu bersama-sama!

1. Tenaga pengajar

Sampai kapanpun, keahlian ini selalu dibutuhkan. Terlebih saat ini menjadi guru, pelatih atau tutor bisa dilakukan secara online.

Guru online

Kebutuhan akan guru online semakin besar. Peluang terbuka lebar dengan jenjang pendidikan luas, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Anda bisa mengajak teman untuk mengelola dan mengatur mereka dalam lembaga pembelajaran daring.

Sementara jika lebih memilih platform mengajar, ada banyak sekali pilihannya, seperti Kelas.com, Ruang Guru, Quipper, dan lain-lain. Bukan hanya mengajar mengenai mata pelajaran di sekolah, melainkan juga keterampilan tambahan, misalnya robotika, digital painting, bahasa asing, kewirausahaan, hingga videografi.

Jenis pekerjaan ini memiliki beberapa kemudahan, antara lain peralatan sederhana berbekal ponsel pintar dan internet, bisa dikerjakan dari mana saja, waktu lebih fleksibel.

Instruktur olahraga

Jika suka berolahraga atau hobi ke pusat kebugaran, kemudian menguasai teknik senam, pilates, yoga atau lainnya, bisa menjadi ide usaha membuka sanggar. Untuk menjalankannya tentu harus memiliki kualifikasi tertentu, misalnya bersertifikat dan tingkatan level yang dikuasai.

Kumpulkan dan perbanyak portofolio guna mendukung karir sebagai pelatih. Gunakan media sosial untuk membuat video terkait aksi melakukan olahraga sebagai promosi. 

Penitipan anak

Ide usaha penitipan anak hanya bisa dilakukan secara offline. Menariknya, jenis bisnis bisa dilakukan di rumah tanpa modal besar. Hanya perlu memiliki halaman yang bisa disulap menjadi arena bermain serta lokasi mudah dijangkau.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuka penitipan anak, antara lain faktor keamanan dan tenaga pendidik yang sabar serta penyayang. Bisa juga merekrut lulusan PAUD, psikologi atau gizi untuk mengawasi dan memastikan anak-anak mendapatkan pengasuhan yang baik dan benar.

2. Tenaga keuangan

Apakah Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang manajemen keuangan, akuntansi, perpajakan dan bidang keuangan lainnya? Kini saatnya untuk membangun bisnis sendiri berdasarkan skill yang dimiliki.

Akuntan

Seorang sarjana akuntansi dengan pendidikan profesi keuangan berpeluang besar menjadi akuntan online. Pekerjaan ini menjanjikan karena banyak dibutuhkan untuk mengatur keuangan suatu usaha maupun rumah tangga.

Klien akan mengirimkan data-data finansial melalui email, kemudian susun menjadi laporan dan kirimkan lewat media yang sama.

Tugas akuntan online mencakup pemrosesan transaksi, mengurus payroll dan membuat laporan keuangan. Para pengusaha membutuhkan jasa ini untuk merapikan sistem keuangan atau audit eksternal.

Perencana keuangan

Jika akuntan online bertugas merapikan laporan finansial dan membukukan transaksi, maka perencana keuangan lebih dalam lagi. Kewajiban utamanya yakni melakukan analisis terhadap financial report dan investasi.

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar bisa membuka jasa perencana keuangan yakni memiliki sertifikasi sebagai analis yang dikeluarkan oleh Financial Planning Standard Board (FPSB), patuhi kode etik, mengerti tentang produk-produk keuangan serta investasi dan kemampuan komunikasi baik.

Konsultan

Membuka jasa konsultan merupakan ide usaha menjanjikan. Apalagi jika memiliki latar belakang atau pengalaman di bidang tertentu, seperti beberapa bidang di bawah ini.

Konsultan bisnis

Memiliki kemampuan mumpuni dalam bisnis termasuk level expert, maka saatnya membuka jasa konsultan. Tugas utamanya yakni memberi nasihat serta strategi bagi perusahaan-perusahaan. Di samping itu juga merancang langkah, evaluasi dan melaporkan perkembangan usaha.

Hal menarik dari usaha di bidang ini adalah dinamisasi dan tantangan. Konsultan bisnis harus mampu melihat pasar, jeli meraih peluang dan memilih niche tepat untuk klien.

Konsultan IT

Gunakan kemampuan mumpuni di bidang komputer dan teknologi untuk membuka bisnis jasa konsultan IT. Tuntutan bersaing di bidang digital marketing mengharuskan setiap usaha beradaptasi. Oleh sebab itu, bidang ini bisa dijalankan meskipun dengan anggaran terbatas.

Tugas konsultan IT mencakup jasa pembuatan, instal aplikasi dan mengatur dan meng-update teknologi. Kemudian memperkuat jaringan, mengatasi hacking, memblokir usaha peretasan serta masalah lainnya. Keunggulan lain dari bidang ini ialah dapat dikerjakan dimana saja dengan waktu fleksibel.

Konsultan pajak

Jika berencana membuka jasa konsultan pajak, pastikan telah memiliki sertifikasi khusus, seperti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) dan lulus pendidikan khusus perpajakan (Brevet A dan Brevet B).

Jasa di bidang ini biasanya bertanggung jawab dalam transaksi, menyiapkan dokumen dan melaporkan pajak perusahaan. Mengenai tax terjadi secara kontinu sepanjang tahun fiskal, sehingga memiliki kemungkinan untuk dikontrak jangka panjang.

Konsultan SEO

Search Engine Optimization adalah proses meningkatkan peringkat sebuah website di halaman mesin pencari. Jika sudah ahli dan berpengalaman di bidang ini, saatnya mencoba menjalankan bisnis sebagai konsultan SEO.

Pastikan telah memiliki sertifikasi di bidang SEO karena lingkup kerja meliputi mengoptimasi situs klien, membangun link ke situs serta menyelesaikan masalah teknis seputar Search Engine Optimization.

4. Agensi Public Relation

Latar belakang dan pengalaman sebagai Public Relation bisa digunakan untuk membuka sebuah agensi. Beberapa perusahaan membutuhkan jasa ini untuk tujuan tertentu.

Ruang lingkup jasa ini mencakup membentuk citra perusahaan sesuai permintaan klien, melakukan proses bisnis marketing, melaksanakan event atau konferensi, hingga memberi nasihat serta masukan. Ide usaha agensi Public Relation menuntut pelakunya memiliki jaringan luas dan pemahaman mendalam terkait dunia bisnis.

5. Analis data

Seorang analis dibutuhkan di berbagai bidang. Perusahaan memerlukan data lengkap, terdefinisi baik, informatif dan mudah dimengerti. Untuk itulah saatnya membuka jasa di bidang ini.

Syarat menjadi analis adalah menguasai bahasa pemrograman seperti Python dan SQL. Kemudian familiar dengan tools visualisasi data seperti Tableau, dll. Hal penting lainnya adalah kemampuan komunikasi baik karena harus menjadikan data mudah dimengerti klien.

Bagaimana jika baru merintis dan belum berpengalaman? Tenang saja, sebab kini bisa mengambil kursus online untuk memperdalam kemampuan. Lalu bangun portofolio dengan mengerjakan satu atau dua proyek kecil.

6. Pembuat aplikasi dan website

Ide usaha ini paling banyak diminati oleh generasi milenial. Selain bisa dikerjakan secara remote, juga sebagai bukti dapat menghasilkan karya melalui aplikasi atau situs. Adapun cabang usahanya yakni:

Mobile Application Development

Pembuatan aplikasi ponsel pintar makin berkembang. Bukan hanya sekadar game, melainkan bisnis, keuangan, kesehatan, hiburan serta masih banyak lagi lainnya.

Sebagai informasi, menjadi seorang pengembang mobile application bukan berarti membuat suatu aplikasi, melainkan juga mengembangkan dan memperbaiki milik klien supaya lebih baik. Job desk lainnya yakni mendesain sesuai pesanan.

Di samping kemampuan teknis mumpuni, juga harus mampu menerjemahkan kebutuhan klien, membuat inovasi dan memecahkan masalah. Penting pula update terhadap perkembangan teknologi mobile.

Website development

Selain pengembang aplikasi atau game, website developer merupakan profesi dengan peluang besar. Terlebih saat ini setiap perusahaan baik kecil maupun besar membutuhkan situs dasar untuk mendukung penjualan.

Beberapa platform seperti Upwork dan Envato bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan klien. Lalu lengkapi portofolio dan pastikan dapat rekomendasi bagus. 

Adapun pengetahuan dasar yang harus dikuasai ialah bahasa pemrograman, termasuk HTML, JavaScript, PHP, dan lain-lain. Memiliki skill tambahan mengenai aplikasi mobile dan UX design juga penting.

7. Pengalih bahasa dan transkripsi

Kemampuan dan minat terhadap bahasa asing dapat dimanfaatkan untuk bekerja sebagai pengalih bahasa. Ini juga mencakup skill mengetik secara cepat dan cermat. Beberapa ide usaha yang berhubungan dengan bidang ini, antara lain.

Transkrip naskah

Seorang transkrip naskah harus memiliki pendengaran bagus dan bisa mengetik secara cepat. Peluang ini terbuka lebar dan memungkinkan untuk bekerja secara remote.

Salah satu peluang yang sedang trend saat ini adalah layanan transkripsi medis. Jenis pekerjaan lain yang masih berhubungan adalah mengubah rekaman suara menjadi dokumen tertulis. Biasanya hasil kerja digunakan untuk rapat, presentasi, keperluan hukum atau membuat subtitle.

Untuk mendukung perkembangan usaha, disarankan telah bersertifikat serta memiliki keahlian memahami niche tertentu. Namun termasuk dalam bisnis yang hanya membutuhkan modal rendah, seperti laptop, smartphone, dan software.

Pengalih bahasa (Translator)

Menurut penelitian dari IBISWorld, industri jasa pengalih bahasa menunjukkan penurunan pada tahun 2020. Namun kembali merangkak di tahun 2021 disebabkan oleh peluang usaha bagi Negara-negara dunia ketiga untuk merambah pasar Amerika dan Eropa.

Tren ini membuka peluang bagi mereka yang memiliki kemampuan bahasa asing untuk menjadi penerjemah, misalnya untuk mengalih bahasakan dokumen dan informasi website. Di samping itu juga berkesempatan menerjemahkan berbagai konten, mulai dari buku baik cetak maupun ebook maupun percakapan telepon.

Apabila sudah siap membuka jasa terjemahan, mulailah memilih bidang spesialisasi. Hal tersebut penting membentuk fokus dan citra.

8. Agen dan pedagang

Bidang bisnis ini bukan hal baru lagi di dunia kewirausahaan. Berjualan secara online maupun offline sama-sama berpeluang untuk berkembang. Berikut ide usaha berdagang yang bisa ditiru.

Agen properti online

Agen properti dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Bukan hanya membangun perumahan atau gedung, melain memiliki banyak hal yang bisa dikembangkan.

Tugas utamanya yakni membeli dan menyewakan properti sebagai tempat untuk lokasi usaha, rumah maupun kos-kosan. Biasanya jasa digunakan oleh para pengusaha untuk mencari hunian, coworking hingga apartemen.

Bisnis makin berkembang. Jumlah penduduk juga meningkat. Artinya semakin banyak orang yang memerlukan tempat tinggal atau usaha. Pendeknya ada banyak peluang terbuka lebar untuk ide usaha ini.

Dropshiper

Ingin menjual barang tetapi tidak memiliki cukup ruang untuk penyimpanan dan pengemasan? Maka solusinya adalah menjadi dropshiper. Bidang ini bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali namun berpotensi mendapatkan keuntungan besar.

Dropshiper hanya menerima pesanan, lalu meneruskan kepada distributor. Selanjutnya hanya tinggal mendapatkan keuntungan saja.

Membuka toko online

Dewasa ini belanja online menjadi sebuah budaya baru di tengah masyarakat modern. Bisnis di bidang tersebut sangat menjanjikan. Selain membuka pasar secara luas, juga memungkinkan ekspansi.

Keunggulan ide usaha membuka toko online tidak memerlukan modal besar, sebab tanpa menyewa tempat atau melibatkan banyak pegawai. Pelaku bisnis hanya perlu memilih platform yang cocok serta produk atau layanan yang hendak dijual.

Keberhasilan membuka toko online tergantung dari strategi bisnis, mencakup efisiensi pada berbagai area, pilihan jenis dan desain produk, pelayanan, hingga konten pemasaran. Bisa pula memanfaatkan berbagai tools untuk melakukan digital marketing atau bergabung dengan marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada serta Bukalapak.

Toko perlengkapan komputer

Di zaman digital, pembelajaran dan pekerjaan lebih banyak dilakukan secara online. Kebutuhan akan komputer beserta perangkat pendukungnya kian meningkat. Oleh sebab itu, jenis usaha ini terbilang bagus, bahkan berpeluang berkembang.

Toko perlengkapan komputer biasanya tidak hanya menawarkan berbagai jenis perangkat keras, tetapi juga software serta layanan perbaikan. Konsumen usaha ini terbilang luas, mulai dari para pekerja, mahasiswa, pelajar atau bahkan pemilik bisnis.

Penyewaan ruang penyimpanan

Pernah mendengar tentang usaha penyewaan ruang penyimpanan? Yap, jenis bisnis ini mulai bermunculan di kota-kota besar. Idenya berawal dari masyarakat kini lebih memilih tinggal di flat atau apartemen. Mereka tidak memiliki space luas untuk menyimpan semua benda, sehingga membutuhkan jasa sewa ruang.

Usaha ini memiliki peluang luas sebab tergolong masih sedikit pesaing. Kendati demikian, modal yang dibutuhkan lumayan besar, baik untuk lahan, pembangunan gudang, keamanan hingga kebersihan.

Digital marketing

Pemasaran digital merupakan salah satu strategi marketing yang menyisir pasar lebih luas. Cara ini diperlukan baik oleh perusahaan besar maupun menengah dan kecil. Sebagian lebih suka menggunakan jasa freelancer atau outsourcing sebab tidak begitu membutuhkan biaya besar.

Inilah saatnya untuk mengambil peluang sebagai pemasar digital. Adapun keahlian penting yang harus dikuasai sebelum terjun ke bisnis ini yaitu SEO, periklanan, pembuatan website, membuat konten pemasaran, media sosial dan mampu membaca pasar. Menariknya, pekerja dapat dilakukan di mana saja.

Sebab digital marketing sangat penting, maka lingkup bisnis juga harus merespon baik strategi pemasaran klien. Bukan hanya sekadar mengunggah konten atau membalas komentar, melainkan juga mengatur promosi.

9. Desainer

Pekerjaan seorang desainer berhubungan dengan seni, warna, komposisi bentuk, keteraturan bahkan keunikan. Sayang sekali bila kemampuan ini tidak dikembang menjadi ide usaha sendiri. Oleh sebab itu, saatnya membuka jasa desain yang sesuai dengan skill, seperti berikut ini.

Desainer grafis

Perusahaan membutuhkan materi promosi yang menarik, salah satunya yakni melalui logo, gambar profil perusahaan. Semua ini dapat dilakukan berkat bantuan desainer grafis.

Jenis usaha ini meliputi pembuatan flyer, iklan digital, poster, mengatur dan mempercantik tampilan logo, gambar, materi presentasi serta bahan visual lainnya. Seorang ahli di bidangnya harus menguasai beberapa aplikasi dan image and video editing seperti Canva, Adobe Photoshop, Picsart, VN.

Baju dan merchandise kustom

Kemampuan yang diperlukan dalam ide usaha ini mirip dengan desain grafis, yaitu mampu mengkombinasikan bentuk dan wakra. Selain itu, mereka juga dituntut punya daya imajinasi serta seni tinggi.

Peluang bisnis ini cukup besar, misalnya saja menerima pesanan kaos kustom untuk seragam, acara kantor atau hadiah. Beberapa fakta di lapangan, bisnis baju dan merchandise menghasilkan desain yang menjadi ciri khas usaha kemudian menjualnya secara online.

Mendesain dan menjual font kustom

Mahir dalam seni kaligrafi atau art lettering? Mengapa tidak mencoba membuka usaha desain dan menjual font kustom?

Ide usaha ini menghasilkan passive income dari royalti pemakaian font oleh orang lain. Untuk memulainya, pastikan memiliki tablet dan pena digital. Font bisa dibuat menggunakan Adobe Illustrator atau aplikasi Roboto Font.

Sebagai cara mempromosikan produk, tampilkan penggunaan font dalam berbagai bentuk baik logo, mockup, hingga unggahan media sosial. Kemudian bisa pula menjualnya melalui Fontspring.com atau Creativemarket.com.

Desainer interior

Tuangkan kecintaan pada desain dan hobi mengatur ruangan dengan membuka jasa desain interior. Pada tahap awal hanya dibutuhkan jaringan luas, portofolio bagus dan branding konsisten.

Sebagai koleksi portofolio bisa dimulai dari mendesain rumah sendiri. Pasarkan melalui media sosial, lantas tetapkan tarif per jam atau proyek. Di samping itu, bisa pula menjalin kerja sama dengan toko atau produksi furniture, sehingga memungkinkan mendapatkan fee tambahan.

10. Tenaga kesehatan

Memiliki keahlian di bidang kesehatan juga bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis mandiri. Berikut beberapa inspirasi ide usahanya.

Terapis pijat/spa

Apakah terapis pijat sama dengan pijat keliling? Tentu tidak sebab profesi ini harus melewati pendidikan dan mendapatkan sertifikasi serta lisensi.

Sebagai seorang expert di bidangnya, terapis pijat/ spa dapat membuka usaha sendiri. Awalnya lakukan secara individu, lambat laun setelah berkembang boleh merekrut pegawai yang juga memiliki sertifikasi.

Ahli gizi

Menjadi ASN untuk bidang ahli gizi bukan satu-satunya jalan profesi. Sebab kini mereka bisa membuka jasa konsultasi baik secara online maupun offline.

Ahli gizi masa kini bisa bergabung dengan aplikasi kesehatan untuk mendapatkan pasien. Promosikan diri di media sosial, blog atau website. Penting pula update terhadap regulasi pemerintah karena semua usaha berlatar belakang kesehatan harus mendapatkan izin dari departemen terkait.

Perawat lansia

Perawat lansia adalah asisten pribadi yang bertugas merawat dan menemani para orang tua. Ini adalah peluang baik bagi siapapun karena tidak membutuhkan kualifikasi pendidikan tertentu.

Jenis usaha jasa perawat lansia berpeluang untuk berkembang karena tidak membutuhkan cukup modal. Tugasnya meliputi membantu para lansia menggunakan fasilitas rumah menjaga dan menemani atau mengantar ke suatu tempat.

11. Event organizer

Peluang usaha event organizer kini semakin berkembang. Selain mengurus pernikahan, EO juga bertanggung jawab terhadap berbagai acara, seperti farewell party, ulang tahun, hingga reuni. Adapun ide bisnis dalam lingkup bidang ini, antara lain:

Perencanaan event

Perencanaan event mengurus semua hal terkait rangkaian acara. Sebelum memulainya, pastikan perluas jaringan untuk mendapatkan vendor, yakni katering, penyedia tempat, dekorasi, hiburan, dan lain sebagainya. Manfaatkan pekerja lepas dalam membantu semua pekerjaan.

Sebagai titik awal, rekomendasikan dari mulut ke mulut. Kemudian kumpulkan dokumentasi baik berupa foto, video maupun detail lainnya sebagai portofolio untuk menarik minat calon konsumen. Serta utamakan kualitas dan kenyamanan dalam setiap acara yang diselenggarakan.

Perencana pernikahan

Bisnis ini mirip dengan perencana event, hanya saja niche lebih foku ke acara pernikahan atau pertunangan. Selain memiliki jaringan luas, juga harus memahami tentang berbagai konsep adat dan budaya yang biasa digunakan dalam gelaran.

Di samping itu, wedding organizer juga harus up to date terhadap tren pernikahan terbaru. Adapun hal-hal dasar yang perlu dipelajari yakni mode baju pengantin, tren, warna, dekorasi, tempat pesta, catering terbaru, tema sampai tentang undangan.

Penyedia tempat acara

Meskipun masih berhubungan dengan event, bisnis hanya fokus pada menyediakan tempat dan akomodasi. Apalagi jika memiliki restoran cukup luas dan interior menarik, maka bisa disewakan untuk berbagai acara.

Bisnis penyedia tempat acara juga bisa bekerja sama dengan pemilik gedung, wisma, atau balai pertemuan untuk acara besar maupun privat. Tentu saja, hal tersebut membutuhkan jaringan luas dan partnership, sehingga memungkinkan usaha berkembang.

12. Peluang usaha sedikit pesaing

Ide usaha dimulai dari mencari celah. Memanfaatkan persaingan yang tidak begitu ketat untuk membangun bisnis sendiri. Dengan demikian ada kemungkinan akan terus berkembang dan menjadi center of attention dari calon konsumen berbagai kalangan.

Kira-kira ide usaha apa saja yang memiliki sedikit pesaing? Berikut daftarnya!

Life coach

Pernah mendengar tentang life coach? Berawal dari tantangan dan segala permasalahan dalam hidup yang dialami oleh masing-masing orang, pada akhirnya ide usaha ini muncul guna membantu mereka dalam self healing.

Berbeda dengan psikolog, life coach lebih kepada perpaduan konselor dan motivator. Tugasnya mendengarkan serta menyimak keluhan klien. Lantas memberikan semangat dan pandangan bijak. Di samping itu juga mendampinginya hingga benar-benar lebih baik.

Meskipun tidak harus memiliki latar pendidikan sebagai life coach, ada baiknya mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga ICC Indonesia dan NLP Institute Indonesia agar memiliki sertifikasi resmi. Selain menghadapi klien pribadi, mereka juga menangani perusahaan atau organisasi.

Biro jodoh

Kata siapa profesi biro jodoh sudah tidak zaman? Justri di era teknologi ini, aplikasi terkait banyak diminati. Buktinya Tinder menjadi salah satu dating app paling populer.

Membuka usaha biro jodoh secara profesional berarti membantu klien meningkatkan kualitas diri, sehingga mendapatkan kehidupan cinta lebih baik. Pekerjaan utamanya bukan hanya mencarikan pasangan, melainkan mengembangkan skill interpersonal klien, membangun rasa percaya diri dan menyiapkan kencan.

Sebagai cara menggaet klien baru, manfaatkan media sosial. Fanpage di Facebook menjadi pilihan tepat karena bisa mengunggah cerita-cerita inspiratif.

Asisten virtual

Asisten virtual bertugas untuk melakukan pekerjaan administratif, belanja pribadi menjawab, membuat email, menjadwalkan janji, mengelola website, akun media sosial, melayani pesanan online atau mendesain materi promosi. Intinya, apapun bisa dikerjakan olehnya.

Jenis usaha tersebut menuntut pelaku mampu mengatur waktu sebaik mungkin dan memiliki keahlian organisasi yang mumpuni. Sebab job desk yang diberikan sangat bervariasi, maka dituntut untuk komunikatif serta beradaptasi dengan cepat.

Asisten virtual dibayar per jam, hari atau proyek, tergantung kepada kesepakatan klien. Lakukan branding di media sosial atau website untuk menggaet calon konsumen.

Personal Concierge

Jika dialihbahasakan, personal concierge berarti asisten pribadi. Mereka tidak bekerja pada satu atasan, tetapi dari beberapa klien. Mungkin belum terlalu umum di Indonesia, namun di beberapa kota besar ini telah menjadi pekerjaan dengan peluang besar.

Usaha ini cocok bagi mereka yang memiliki karakter efektif dan efisien sebab harus melayani banyak klien dan melakukannya secara benar untuk membangun rasa percaya. Klien potensial biasanya para eksekutif.

Penyedia pembangkit listrik tenaga matahari

Mengingat gaya hidup go green sedang tren di masyarakat, maka penyedia pembakit listrik tenaga matahari merupakan ide menarik. Sebagai pengusaha di bidang ini, pastikan memahami benar terkait solar power plant.

Sebagai langkah awal sediakan solar cell untuk kebutuhan rumah tangga. Kemudian bekerja sama dengan pemasok sebagai distributor. Selanjutnya yakni menawarkan kepada klien mengenai paket pemasangan dan pengecekan berkala selama beberapa waktu.

Penitipan dan salon hewan

Saat pemilik hewan peliharaan hendak bepergian dalam waktu lama, apa yang harus dilakukan oleh mereka? Tentu saja menitipkan kesayangan pada pet care.

Oleh sebab itu, inilah peluang yang tepat untuk membuka usaha penitipan dan salon hewan. Sediakan tempat yang cukup luas, bersih dan aman. Kemudian hire beberapa karyawan saja untuk bersama-sama merawat, menjaga dan mengirimkan laporan secara berkala kepada klien.

Professional organizer

Professional organizer adalah ahli menata barang agar suatu ruangan lebih rapi dan fungsional. Mereka mengedepankan fungsi dan meminimalisir jumlah barang, sehingga akan memangkas yang tidak diperlukan.

Konmari adalah salah satu metode merapikan barang yang terkenal. Teknik ini tidak sekadar merapikan, tetapi juga mengurangi. Alhasil dipercaya dapat menurunkan tingkat stres serta mendatangkan kebahagiaan.

Nah, menjadi professional organizer merupakan peluang usaha menjanjikan. Lakukan branding di media sosial atau situs pribadi sebagai sarana promosi. Mintalah klien memotret kondisi ruangan sebelum dan sesudah sebagai portofolio.

13. Peluang usaha dengan memanfaatkan aset

Salah satu tantangan yang dihadapi ketika akan membuka bisnis baru adalah modal, baik dana, tenaga maupun sarana dan prasarana. Jika memiliki aset tidak digunakan, mengapa tidak menyulapnya menjadi peluang usaha? Seperti di bawah ini contohnya.

Food truck

Memiliki mobil atau pick up, namun jarang digunakan. Saatnya memanfaatkan sebagai usaha baru yakni food truck.

Dengan modifikasi bagian belakang, Anda bisa berjualan aneka camilan hingga makanan berat. Tambahkan kursi dan meja lipat untuk konsumen yang ingin menikmati hidangan sembari nongkrong. Menarik, bukan?

Usaha food truck akhir-akhir ini mulai berkembang. Mereka bisa berpindah dari tempat satu ke lainnya untuk menjemput konsumen, sekaligus memperluas pasar.

Berkebun

Bisnis berkebun rumahan hanya memerlukan lahan pribadi. Dengan memanfaatkan sedikit modal, maka bisa membuat instalasi hidroponik, membeli bibit dan media tanam. Beberapa ide usaha terkait bidang ini yakni sayuran hidroponik, tabulampot (tanaman buah dalam pot) atau tanaman hias.

Menjual hasil berkebun bisa dilakukan secara online, seperti website, media sosial maupun marketplace. Namun harus memperhatikan kondisi tanaman atau hasilnya untuk menentukan metode penjualan.

Sopir online

Selain food truck, mobil pribadi juga bisa lho dimanfaatkan untuk usaha sopir online. Apalagi saat ini dapat bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa, seperti Gojek, Gojek, Joker atau Maxim.

Menjadi sopir online dapat dilakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari. Namun harus bisa mengatur waktu dan stand by setiap saat karena panggilan datang kapan saja. Pastikan surat-surat resmi yang dimiliki lengkap, seperti STNK, SIM, BPKB dan lain sebagainya sebagai jaminan keamanan dalam berkendara.

Bed and Breakfast

Apakah lokasi rumah berada di dekat kawasan wisata? Apabila memiliki banyak kamar kosong atau mungkin pavilion dengan kondisi nyaman, inilah saatnya membangun usaha bed and breakfast.

Pemilik usaha hanya menyiapkan kamar berisi tempat tidur, lemari kecil, kamar mandi dan aneka perabotan lainnya. Kemudian siapkan sarapan untuk tamu di pagi hari. Para backpacker dan pelancong dengan budget pas-pasan menyukai penginapan seperti ini karena lebih praktis.

Untuk memudahkan proses promosi, daftarkan penginapan di beberapa aplikasi wisata seperti RedDoorz, Air B&B, Traveloka, Agoda dan masih banyak lagi lainnya. Cara ini dinilai sangat efektif sebab kini traveller lebih banyak menggunakan travel app.

Jasa bersih-bersih rumah

Di masa pandemic dan new normal, kebutuhan akan tempat tinggal dan kerja bersih meningkat drastis. Ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan. Lebih dari sekadar jasa kebersihan, tambahkan pula service lain, misalnya penyemprotan disinfektan, pembersihan bakteri serta tungau di berbagai perabotan hingga dinding bebas coretan.

Layanan kebersihan biasanya dibutuhkan dalam interval tertentu. Misalnya penyemprotan disinfektan sekitar tiga hingga empat bulan. Atau pembersihan perabotan sebulan sekali. Artinya, jika memiliki konsumen tetap, maka berpeluang berkembang hingga jangka panjang.

14. Peluang usaha menulis

Salah satu pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Oleh sebab itu, mengata tidak mencobanya sekarang?

Berikut deretan peluang usaha dari hobi yang bisa dikembang. Selain kepuasan diri, juga menghasilkan keuntungan besar!

Penulis konten

Saat ini industri kepenulisan merupakan ladang usaha paling menjanjikan. Selain buku dan media massa, hobi tersebut bisa disalurkan ke media online, blog, website serta aplikasi lainnya.

Editor dan proofreader freelance

Dunia kepenulisan membutuhkan editor dan proofreader. Tugasnya memeriksa salah ketik, gaya bahasa, serta tatanannya yang disesuaikan dengan PUEBI. Di samping itu, mereka juga fokus kepada alur, pemilihan kata, plot hole hingga sumber yang digunakan.

Saat ini media online dan self publisher semakin menjamur, maka peluang menawarkan jasa freelance editing juga makin terbuka. Bisnis profesional juga didukung oleh latar belakang pendidikan yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan klien.

Ghostwriter

Ghostwriter harus siap tulisannya diatas namakan kepada klien. Namun mereka akan mendapatkan upah yang sesuai dengan hasil kesepakatan.

Tugasnya adalah menulis berbagai bidang, mulai dari artikel pendek, konten, makalah, resume, buku baik fiksi maupun non fiksi, riset hingga swasunting. Sebelum proses produksi, pastikan diskusikan terlebih dahulu dengan klien mengenai konsep yang diinginkan.

Copywriter

Copywriting adalah menulis naskah atau artikel berisi content marketing. Mereka biasanya bekerja secara anonim untuk mengisi situs, landing page atau press release.

Langkah awal membuka usaha copywriting adalah memahami tentang aturan dan teknik penulisan berdasarkan SEO. Selanjutnya harus memiliki kemampuan menulis yang didukung oleh komputer serta jaringan internet. Tanpa modal besar, ide bisnis ini dapat dilakukan di mana saja dengan waktu fleksibel.

Penulis buku

Saat ini menulis buku bisa diterbitkan secara elektronik atau ebook. Beberapa platform seperti Strorial, Kwikku, KBM, Webtoon atau Dreame siap menjadi wadah bagi penulis-penulis berbagai genre.

Jika rajin mempromosikan tulisan, maka keuntungan yang didapat juga makin tinggi. Apalagi jika akun sudah termonetisasi, maka setiap bab yang dibaca user akan mendatangkan pundi-pundi uang.

Blogger

Menjadi blogger cocok untuk Anda yang suka berbagi informasi secara online. Pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah dan kapan pun.

Hal yang terpenting dari seorang blogger ialah mendatangkan traffic tinggi. Untuk meraihnya, pilihlah topik yang banyak disukai oleh pembaca. Ini akan membantu membangun komunitas, sehingga meningkatkan jumlah engagement.

Pastikan pula mengunggah konten secara konsisten, pelajari SEO dan konten marketing guna menaikkan peringkat di laman pencarian. Apabila sudah berhasil membangun blog, maka akan mudah mendapatkan iklan, konten sponsor, afiliasi link dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

15. Peluang usaha pertukangan dan perbengkelan

Hobi bertukang dan mengutak-atik mesin bisa dijadikan sebagai ide usaha. Anda bisa membuka bisnis berikut ini sebagai ladang mata pencaharian jangka panjang.

Bengkel sepeda

Di masa pandemi, bersepeda menjadi pilihan olahraga paling diminati karena minim interaksi fisik namun tetap mengasyikkan. Bagi si pemilik hobi gowes dan memiliki kemampuan memperbaikinya, saatnya membuka bengkel.

Peralatan bengkel sepeda lebih simpel dibandingkan motor atau mobil. Usaha ini bisa dijalankan secara fleksibel baik membuka stan di rumah atau jasa panggil. Pelanggan pertama bisa dimulai dari tetangga sekitar rumah, kemudian promosikan melalui komunitas dan media sosial.

Bengkel otomotif

Ahli otomotif bisa jadi peluang bisnis yang berawal dari hobi. Bengkel melayani servis rutin kendaraan, ganti oli, ban dan suku cadang lainnya. Pilihlah fokus antara mobil atau motor, kemudian persempit pada jasa yang hendak dibuka, seperti reparasi, modifikasi, khusus kendaraan klasik hingga servis AC mobil.

Perajin perabotan

Suka membuat aneka furniture atau hiasan rumah? Sesuatu yang unik dan berguna tentu akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Menariknya, hobi ini tidak semua orang bisa melakukannya.

Usaha perajin perabotan sangat menjanjikan karena satu hasil karya bisa dihargai cukup mahal. Apalagi jika konsumen inginnya kustom, tentu profit bisa dua kali lipat. Bisnis ini bisa berawal dari ruang garasi kemudian berkembang menjadi workshop.

16. Peluang usaha fashion, crafting dan kecantikan

Bidang fashion, crafting dan kecantikan memang selalu berevolusi dari tahun ke tahun. Meskipun pangsa pasar sebagian besar adalah wanita, namun terbukti memiliki peluang besar untuk berkembang. Intip ide usahanya berikut ini.

Penata rambut dan makeup artist

Penata rambut dan makeup artist merupakan profesi cukup populer saat ini. Peluang bisnis luas dan bisa dikerjakan secara fleksibel. Sangat menarik, kan?

Keahlian dalam menata rambut dan makeup bisa diasah dengan mengikuti kursus dan pelatihan. Ini akan semakin mengembangkan skill dan membuat hasil karya lebih bagus. Kemudian, promosikan melalui media sosial sebagai rangkaian portofolio.

Beauty blogger

Kemampuan merias juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang beauty blogger. Berbekal pengetahuan tentang aneka peralatan makeup, trik padu padan dan ilmu videografi, Anda bisa membuat video seputar riasan, mulai dari tutorial, review produk dan masih banyak lagi lainnya.

Konten beauty masih menduduki peringkat atas pencarian Youtube. Oleh sebab itu, kini saatya mewujudkan ide bisnis satu ini.

Butik

Membuka usaha butik membutuhkan modal cukup besar. Namun bisnis tersebut bisa dilakukan bersama teman atau keluarga.

Selain membutuhkan selera fashion yang bagus, pemilik usaha butik juga harus memiliki kemampuan merancang busana dan menjahit. Ini akan membuat hasil karya berbeda dari lainnya dan bernilai eksklusif.

Namun sebagai catatan, kompetisi di bidang ini biasanya sulit karena membidik konsumen kelas menengah atas. Oleh sebab itu, carilah celah untuk memasarkan produk secara merata dan padukan bersama kreativitas.

Pengrajin perhiasan dan aksesoris

Punya hobi membuat aksesoris dan perhiasan, kenapa harus disia-siakan? Inilah waktu yang tepat untuk mengembangkannya menjadi ide usaha potensial.

Aksesoris dan perhiasan dapat dibuat dengan beragam bahan, seperti manik-manik, Kristal, bahan metal, kayu, kaca, batu mulia, plastik hingga bulu sintetis. Kemudian buat nama brand dan jual di toko online sendiri. Sementara strategi promosi dapat memanfaatkan media sosial atau pinterest.

Parsel unik

Usaha parsel memiliki peluang besar untuk berkembang, terlebih ketika hari-hari besar dan perayaan. Anda harus memiliki kreativitas dalam membuat berbagai macam bentuk unik dan cantik.

Buat inovasi terbaru sebagai strategi marketing, misalnya membuat parsel edisi hari ibu, valentine dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan untuk isian tidak melulu makanan maupun pecah belah, tetapi bisa juga mainan, aksesoris hingga pernak pernik lucu. Dengan kemasan cantik, tentu semakin membuka peluang untuk berkembang.

Perajin aksesoris

Aksesoris selalu laris di pasaran dengan menyisir pasar wanita. Aneka barang lucu terbuat dari kain perca, manik-manik dan hiasan merupakan barang yang kerap diburu.

Ide usaha pun beraneka ragam, misalnya gantungan ponsel, kunci, jepit rambut, tas mungil, tali kur, pigura, serta masih banyak lagi lainnya. Memiliki bisnis di bidang ini dapat membuat brand sendiri.

Kesimpulan

Ada banyak contoh ide usaha yang bisa diadaptasi. Apapun jenis bisnisnya, buatlah persiapan matang, meliputi perencanaan, strategi, promosi dan inovasi. Rangkaian komponen tersebut akan membuka peluang untuk terus berkembang hingga meraih keberhasilan. Semangat berwirausaha!

Leave a comment