Skip links

Hitung Harga Jasa SEO Untuk
Proyeksi PengeluaranBudgeting Pemasaran

Gunakan kalkulator sederhana ini, yang telah kami desain untuk memberikan gambaran dan proyeksi biaya yang perlu anda siapkan untuk mendukung rencana pemasaran bisnis dan usaha anda. Harap dipahami, setiap proyek berbeda, gunakan hasil perhitungan dibawah hanya sebagai acuan saja.

Kalkulator Harga Jasa SEO

Estimasi biaya SEO anda perbulanRp 

Angka yang tertera hanyalah perkiraan. Dibutuhkan audit dan konsultasi lebih lanjut untuk mendapatkan perkiraan yang lebih akurat.

Masih memiliki pertanyaan?

Kenapa Harga Jasa SEO Sangat Bervariasi?

Berada di halaman pertama mesin pencari merupakan incaran para pemilik situs. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut dibutuhkan search engine optimization dari jasa SEO specialist atau SEO agensi. Namun pertanyaannya, berapa harga jasa SEO yang harus dikeluarkan oleh pemilik bisnis agar website dibanjiri trafik?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, harga jasa SEO sangat bervariasi tergantung dari berbagai faktor, pengalaman, keahlian, layanan hingga tingkat kesulitan.

Supaya lebih memahami, berikut faktor penting dan faktor pendukung yang mempengaruhi penetapan harga jasa SEO!

Faktor yang mempengaruhi harga jasa SEO

Terkait dengan harga jasa SEO, setiap agensi menerapkan biaya berbeda, dengan mempertimbangkan beberapa hal. Adapun faktor yang mempengaruhi kisaran tarif, yakni:

1. Jumlah halaman

Jumlah halaman yang baru dibuat dan dioptimalkan mempengaruhi harga jasa SEO. Sebab memastikan setiap laman situs berperingkat tinggi untuk frasa kata kunci terkait membutuhkan waktu dan keahlian.

Dalam prosesnya, penting mensejajarkan metadata dan konten agar sesuai dengan algoritma mesin pencari. Di sisi lain juga memastikan isi berguna serta menarik perhatian pengguna.

2. Waktu

Waktu adalah uang. Pepatah itu pula yang diterapkan dalam menentukan harga jasa SEO.

Meskipun tidak semua SEO agensiĀ  menggunakan faktor ini, namun waktu menjadi hal penting sebagai strategi penetapan harga.

Harga jasa SEO berdasarkan waktu sebenarnya sangat membantu perusahaan dengan budget minimal. Mereka bisa berkonsultasi kapan saja untuk mendapatkan layanan SEO terbaik tanpa harus membayar paketan atau bulanan.

3. Akuisisi Backlink

Backlink merupakan salah satu faktor penting yang turut menentukan posisi peringkat website di halaman pencarian. Semakin tinggi kualitas tautan balik menunjukkan bahwa situs dapat dipercaya serta relevan.

Oleh sebab itu, jasa SEO memberikan layanan backlink agar banyak tautan organik mengarah ke situs. Dalam hal ini, mereka menambahkan tarif karena untuk mengoptimalkannya membutuhkan waktu serta usaha yang tepat.

4. Pembaharuan konten dan strategi

Jika pada beberapa tahun lalu halaman situs berhasil menduduki peringkat teratas mesin pencari, belum tentu untuk saat ini. Sebab algoritma Google selalu berubah dan memperbaharui setiap konten di masing-masing laman.

Dengan demikian, agensi menetapkan harga jasa SEO tambahan untuk memperbaharui strategi terkait search engine optimization dan konten agar halaman tetap up to date.

5. Peringkat saat ini

Dibandingkan dengan memulai, harga jasa SEO untuk mempertahankan peringkat terbilang murah. Sebab, agensi hanya perlu mengontrol dan menstabilkan strategi dalam optimisasi.

SEO Specialist akan terus memantau perkembangan situs, baik dari segi kueri, peringkat hingga teknis untuk memastikan tetap bertahan di posisi pertama. Tentu saja, hal ini sangat bermanfaat dalam menjalin hubungan jangka panjang dengan pengguna.

6. Lokasi bisnis

Faktor geografi turut mempengaruhi harga jasa SEO. Apabila bisnis memiliki cabang di beberapa tempat, otomatis situs memiliki banyak halaman yang harus dioptimalkan.

7. Jenis layanan

Jasa SEO agensi menyediakan berbagai layanan untuk kebutuhan bisnis, beberapa di antaranya ialah search engine optimization, web design, back-end optimization, link building and monitoring, content marketing, dan social media marketing.

Masing-masing layanan memiliki harga berbeda, sehingga nantinya total harga jasa juga disesuaikan dengan jenis service yang dipilih.

Model layanan jasa SEO

Layanan jasa SEO umumnya bertujuan meningkatkan peringkat pencarian situs. Maka agensi menyediakan beberapa model service yang digunakan sebagai strategi membantu bisnis dalam meraih goal-nya, antara lain:

1. Layanan SEO

Layanan SEO merujuk pada strategi untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencarian. Agensi memberikan tiga jenis model, yakni on-site, off-site serta pemasaran digital.

  • Layanan On Page Layanan ini mengacu pada struktur situs agar lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Bentuk pelayanannya meliputi pengoptimalan kata kunci, desain website, dan optimasi back-end.
  • Layanan Off Page – Sering disebut juga off-site, adalah optimalisasi secara eksternal dengan membangun backlink. Tujuannya untuk memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa website memiliki konten relevan, lengkap dan dapat dipercaya.

    Beberapa model layanan off-site yakni link building and monitoring, content

    Off-site mengenai optimalisasi secara eksternal dengan membangun backlink. Ini untuk memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa website memiliki konten relevan, lengkap dan dapat dipercaya.

    Beberapa model layanan off-site yakni link building and monitoring, content and social media marketing

  • Pemasaran Digital  – Pemasaran digital memang agak berbeda dengan layanan SEO, sebab tidak berdampak langsung pada peringkat pencarian di search engine. Namun mampu menjangkau audiens secara luas karena memanfaat media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, pay per click, dan lain sebagainya sebagai wadah promosi bisnis.

    Layanan digital marketing juga mengenai pengoptimalan mobile site optimization. Merujuk pada penggunaan perangkat mobile yang masif, seperti smartphone atau tablet. Maka pemilik bisnis perlu mengikuti tren ini untuk menjangkau berbagai kalangan.

    Agensi akan berupaya melakukan strategi pemasaran dengan menyusun rencana, konsep dan  pelaksanaan jangka panjang.