Skip links

13+ Ide Usaha di Kampung Modal Minim, Manfaatkan Keterbatasan

Memiliki usaha yang tentunya menghasilkan dan bermodal kecil tidaklah sesulit yang dibayangkan. Berikut beberapa ide usaha di kampung minim modal yang bisa Anda coba.

Table of Contents

Potensi alam di desa lebih baik dari kota. Meski jauh dari hiruk pikuk dan gedung-gedung tinggi, namun jangan salah, Anda tetap bisa mengembangkan ide usaha di kampung dengan modal minim.

Memang akan terlihat berbeda  jika berkaca pada kegiatan warga di kampung dan kota, apalagi berbicara tentang bisnis yang digeluti. Perbedaan itulah yang bisa digali untuk menemukan ide usaha dari potensi yang ada di kampung.

Apabila tertarik membuka bisnis sendiri, Crooud memberikan beberapa ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan sebagai inspirasi untuk memulai mengembangkan ide usaha di kampung halaman. Mari kita simak!

Pelajari potensi di Kampung

Ada banyak hal yang dapat digali dan diubah menjadi ide usaha yang menghasilkan. Kalian hanya perlu kreatif dan jeli dalam melihat potensi yang ada untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai. 

Sebelum itu, perlu diketahui beberapa hal yang dapat menjadi informasi mengenai potensi yang ada di kampung:

Potensi alam

pemandangan alam di desa | ide usaha di kampung

Salah satu potensi terbesar yang bisa dimanfaatkan untuk ide usaha di kampung adalah memanfaatkan alam sekitar. Beberapa wilayah dekat dengan laut, persawahan, perkebunan, hingga pegunungan. Ini bisa menjadi dasar untuk dimanfaatkan menjadi bisnis.

Lahan yang luas

Model dan tipe perumahan di kampung berbeda dengan di kota. Bangunan rumah mayoritas memiliki pekarangan luas yang dapat dimanfaatkan sebagai lokasi tempat usaha.

Keterbatasan akses (dan lainnya)

Siapa sangka segala keterbatasan akses di kampung dapat dijadikan sebagai ide usaha yang menghasilkan, diantaranya minimnya fasilitas umum (fasum), ketersediaan penjual pulsa, sulitnya akses internet, dan lain lainnya.

Pahami target konsumen di Kampung

lahan luas di desa | ide usaha di kampung

Saat berbicara tentang target pasar di kampung, maka yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan warga yang memang sulit dipenuhi. Misalnya saja kesulitan untuk menemukan dan mencari kebutuhan pokok. Hal ini bisa dijadikan peluang dengan membuka warung sembako di sekitar lingkungan anda tinggal.

Dengan demikian, target pasar yang utama adalah para ibu rumah tangga yang memang membutuhkan kebutuhan pokok setiap harinya. Maka peluang berkembangnya bisnis sembako sangat besar.

17 Ide usaha di Kampung yang bisa Anda coba

Setelah memahami penjelasan diatas, berikut ini adalah beberapa ide usaha di kampung yang bisa anda coba sekarang juga. Ide ini telah dikurasi oleh tim crooud berdasarkan resiko serta kebutuhan modal yang tentu nya minim.

1. Beternak hewan

beternak ayam di kampung | ide usaha di kampung

Ternak hewan merupakan potensi besar untuk ide usaha. Apabila belum memiliki modal, maka bisa mengawalinya dengan jasa ternak. 

Uang yang terkumpul  diputar kembali sebagai modal, baik untuk membeli kebutuhan yang diperlukan atau hewan sendiri.

2. Membuka warung makan

Setiap orang membutuhkan makanan. Atas dasar itu dapat dijadikan sebagai salah satu ide usaha yang bernilai. Apalagi jika memang lokasi warung makan dekat dengan lahan kerja (sawah, pembangunan, laut, kebun, dll).

3. Membuka Barbershop alias pangkas rambut

Pangkas rambut memang menjadi salah satu ide usaha yang menguntungkan dan tidak membutuhkan modal besar. Semakin berpotensi berkembang jika disertai oleh kemampuan memangkas rambut berbagai gaya.

4. Penjahit

Sama halnya dengan pangkas rambut, potensi ide usaha sebagai jasa menjahit di kampung juga besar. Keterampilan membuat pakaian adalah modal utamanya.

5. Toko grosir sembako

toko sembako di desa | ide usaha di kampung

Menjual berbagai macam kebutuhan pokok seperti beras, gula, mie instan, dan lain sebagainya bisa dicoba. Tidak harus mengeluarkan modal besar, karena dapat dilakukan dengan cara bermitra.

6. Pertanian hidroponik

ide usaha di kampung | kebun hidroponik

Usaha hidroponik ini terbilang cukup menggiurkan karena banyaknya konsumen yang mencari sayuran dan buah-buahan sehat. Cukup memiliki lahan cukup dan memanfaatkan berbagai macam barang bekas sebagai media menanam.

7. Penyewaan alat pertanian

Tidak harus memiliki alat pertanian terlebih dahulu untuk memulai usaha ini. Cukup bermitra dengan pemilik atau penyedia alat pertanian dan menyewakannya di kampung.

8. Toko bibit dan pupuk

ide usaha di kampung | toko bibit tanaman

Wilayah pedesaan tentu identik dengan lahan persawahan dan kebun yang berlimpah. Dengan demikian, kebutuhan akan bibit tanaman sayur, buah-buahan serta pupuk juga terbilang tinggi. Jual bibit tanaman bisa menjadi ide usaha yang menghasilkan.

9. Bengkel kendaraan bermotor

Keterbatasan jarak dan ketersediaan tempat servis kendaraan bermotor dapat menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Hanya membutuhkan keterampilan otomotif untuk membuka usaha ini.

10. Penginapan

Ide usaha ini akan bernilai tinggi pada lingkungan yang berdekatan dengan lokasi wisata. Apalagi tempat tersebut telah dikenal banyak orang, maka usaha penyewaan tempat singgah (penginapan) cocok dimulai.

11. Jasa bimbingan belajar

Kekurangan akses dan keterbatasan sumber daya manusia yang memiliki latar belakang pendidik patut dijadikan sebagai ide usaha. Di samping memberikan pemerataan dalam hal pendidikan, tentu ini memberikan keuntungan lain dalam hal finansial.

12. Workshop / Toko kerajinan

Salah satu potensi besar di daerah perkampungan adalah sebagai penghasil bambu atau rotan. Kekayaan alam tersebut dapat dimanfaatkan dan menjadi peluang usaha menarik jika memiliki keterampilan dalam menganyam menjadi barang yang bernilai.

13. Counter handphone dan pulsa/ pembayaran online

Di era digital saat ini, salah satu kebutuhan masyarakat adalah ketersediaan kuota pulsa, entah itu untuk akses internet atau yang lain. Lagi-lagi keterbatasan dan ketersediaan penjual pulsa di kampung bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

14. Pengepul hasil pertanian

Ide usaha di kampung berikut ini mungkin sudah bisa anda tebak. Dengan masih luasnya lahan di kampung tentu ada banyak warga yang berprofesi sebagai petani dan memiliki kebun.

Nah, tentunya menjadi agen atau penerima hasil pertanian langsung dari petani untuk dijual kembali dengan profit harga berbeda dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan. Sebab terkadang warga lebih memilih pengepul daripada ke pasar.

15. Jasa kurir/ jasa antar

Tidak semua orang di kampung memiliki kendaraan bermotor milik sendiri. Misal jika anda memiliki modal aset mobil pick up atau kendaraan pengangkut seperti Tossa. Atas dasar itu, penyedia jasa antar bisa jadi ide usaha di kampung yang sangat dibutuhkan dan menjadi usaha menjanjikan.

16. Jasa rias dan makeup

Setiap kegiatan atau acara baik itu pernikahan, hajatan atau syukuran membutuhkan jasa perias. Ide usaha di kampung yang satu ini cukup bermodalkan keterampilan dan beberapa alat makeup. Anda bisa bisa menjadikan jasa rias dan makeup sebagai peluang usaha sampingan, atau bahkan tidak menutup kemungkinan sebagai profesi tetap. 

17. Bertani dan berkebun

Pekerjaan ini bisa menjadi profesi tetap atau hanya sebagai sampingan saja. Jika anda memiliki lahan persawahan dan perkebunan miliki keluarga yang luas, ini bisa memberikan peluang besar untuk dimanfaatkan sebagai pondasi ide usaha di kampung.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh ide usaha yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa potensi bahkan keterbatasan yang ada. Mengandalkan keterampilan serta jeli dalam melihat peluang, maka bukan tidak mungkin bisnis yang dibangun terus berkembang dan menghasilkan.

Tidaklah sulit untuk menemukan ide usaha dengan modal minim di kampung. Perkuat relasi, teliti dalam melihat peluang dan memanfaatkannya. Mari berwirausaha!

 

Leave a comment