Skip links

12 Manfaat Website Untuk Bisnis Sebagai Faktor Krusial Pertumbuhan UMKM

Saat ini, digitalisasi bisnis mutlak bagi setiap usaha. Simak manfaat website untuk bisnis berikut agar anda anda bisa sukses di dunia digital.

Percayalah, UMKM berpeluang mengalahkan omset perusahaan besar jika mereka mengadopsi strategi digital marketing (yang benar dan tepat).

Tentu ada banyak faktor yang harus dipelajari untuk mencapai hal ini, mulai dari marketing digital hingga memahami manfaat website untuk bisnis di dunia digital.

Di Indonesia, UMKM adalah penggerak perekonomian terbesar. Sebanyak 64,19 juta UMKM di Indonesia berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun pada 2021. Selain itu, UMKM juga menyerap 119,6 juta atau 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Jika penghasilan anda masih dibawah 50 Miliar pertahun, artinya anda masuk dalam kategori UMKM. Credit : indonesiabaik.id

 

Namun, apakah UMKM sudah mendapatkan dukungan penuh? Secara teori sudah, namun secara praktik masih belum maksimal. Ada banyak faktor yang menjadi penghalang, namun dari semuanya menurut saya paling berperan adalah : SDM.  

Sejak dulu hingga sekarang, tidak kurang-kurang program pemerintah untuk mendigitalisasi UMKM. Namun dalam setiap kesempatan, saya selalu bilang “tidak semua UMKM bisa diajak naik kelas”. Tidak semua pemilik usaha mampu memahami framework 7P, Positioning, Brand Image hingga analisa data. Sebagian dari mereka mereka hanya ingin fokus produksi dan dapat omset lebih besar.

Di sisi lain, saat ini situasi semua industri masih volatile, mudah bergoyang dan terguncang. Untuk menaikan omset, pilihannya terbatas, pertama ; menaikan harga agar profit lebih tinggi, kedua ; mengurangi overhead dan biaya produksi agar HPP turun, atau ketiga ; menjangkau pasar yang lebih luas.

Pada artikel kali ini saya ingin membahas soal pilihan yang ketiga yaitu menjangkau pasar yang lebih luas menggunakan website.

Manfaat Website Untuk Bisnis Anda

Jika anda adalah pemilik sebuah bisnis, perusahaan maupun brand, dan ingin sukses di tahun 2022 hingga tahun-tahun mendatang, maka anda wajib, mutlak dan harus punya website!.

Kenapa? karena website adalah pondasi dasar didunia digital, sesederhana itu. Website merupakan dasar utama pemasaran online, bukan marketplace, bukan sosial media, tapi website.

Dilansir dari statista, penjualan online melalui internet memainkan peran yang semakin signifikan dalam bisnis. Pada tahun 2021, e-commerce menyumbang hampir 20 persen dari penjualan ritel di seluruh dunia. Diperkirakan pada tahun 2025, segmen penjualan online akan mencapai seperempat dari total penjualan ritel secara global.

Ketika menjelaskan manfaat website untuk bisnis dan betapa pentingnya website bagi kesuksesan serta pertumbuhan bisnis saya suka menganalogikannya seperti ini :

Didunia nyata, website anda ibarat sebuah toko.

Perbedaannya adalah, saat anda membuka toko di kota Malang misalnya, maka yang datang hanyalah orang yang ada di kota Malang.

Namun saat anda membuat sebuah website, yang bisa datang berkunjung adalah orang dari seluruh dunia. Keren bukan?

manfaat website untuk bisnis - alasan konsumen membeli online
Alasan ini dapat anda jadikan referensi saat ingin berjualan online.

Namun sepertinya hal nya toko offline, ada banyak aktivitas yang perlu di lakukan agar website anda mulai kebanjiran pengunjung. Mulai dari memastikan website anda SEO friendly, hingga mengoptimasi SEO website anda untuk memastikan website anda ditemukan saat seorang konsumen potensial mencari produk anda di mesin pencarian Google.

Pada tahun 2022, konsumen yang berbelanja online diperkirakan akan mencapai 2,23 miliar orang diseluruh dunia.

Statista, 2021

Ini semua adalah bagian dari strategi besar yang melibatkan perencanaan yang lebih kompleks. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami tujuan yang harus di capai sebelum mulai membuat website. 

Yang perlu Anda pahami sekarang adalah, manfaat website untuk bisnis melibatkan pengunjung sebagai penentu utamanya. Jadi, sangat penting memahami strategi di balik sebuah website dan fungsi apa yang harus dijalankan, secara emosional maupun logis. 

Maka dari sini, ada dua strategi utama yang perlu dipertimbangkan, yaitu strategi marketing dan strategi konten. Lantas apa saja peranan keduanya?

  • Strategi marketing mencakup penentuan tujuan website untuk bisnis, fungsi yang harus dilakukan dan taktik untuk mendatangkan pengunjung.
  • Strategi konten mempertimbangkan user audience, buyer persona, intent mereka, bagaimana perilaku mereka saat menjelajahi website dan bahasa atau pesan pemasaran yang harus ditampilkan ke hadapan mereka.

Apakah website efektif untuk UMKM?

Meskipun terkesan sederhana, memiliki website melibatkan berbagai faktor, yang bagi mayoritas pebisnis ternyata cukup kompleks. Ada banyak faktor yang terlibat, mulai dari faktor teknis, perencanaan, hingga pelaksanaannya. 

Pertanyaannya, apakah dengan semua kompleksitas diatas website efektif untuk usaha mikro kecil dan menengah?

Website bagi UMKM memungkinkan terjadinya hubungan dengan konsumen yang lebih luas. Mendorong perluasan pasar secara signifikan serta memperbesar peluang yang (mungkin) belum dimaksimalkan.

Agar lebih mudah, saya akan membiarkan anda untuk menilai manfaat website untuk bisnis UMKM melalui list yang telah kami rangkum untuk dibawah ini .

12 Manfaat Website Untuk Bisnis UMKM

  1. Sebagai ucapan selamat datang bagi calon konsumen

Website ibarat pintu gerbang dari sebuah bisnis. Sebuah website yang baik diharapkan mampu memberikan informasi, mengedukasi calon pelanggan, sembari menggiring konsumen agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Di sisi lain, website juga merupakan kesan pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen anda. Hal ini akan menentukan dengan apakah mereka akan melanjutkan untuk “terlibat dengan anda” atau justru sebaliknya. 

  1. Menunjukkan eksistensi brand

Seperti yang sudah kami sampaikan, website adalah pondasi dasar pemasaran digital. Semua UMKM membutuhkan website untuk mendorong bisnis mereka masuk ke dunia digital.

Melalui website, calon konsumen dapat tahu tentang berbagai penawaran dan informasi dasar seputar bisnis, selain itu sebuah website juga akan menunjukkan kepada calon konsumen potensial bahwa bisnis yang Anda jalankan benar-benar valid. 

  1. Berpeluang mendapatkan konsumen potensial

Sebelum anda terjun menggunakan pemasaran digital, ingat perbedaan ini baik-baik : Jika di sosial media anda yang aktif mencari audience atau konsumen, namun di Google sebaliknya, konsumen yang akan mencari anda.

Salah satu manfaat website untuk bisnis kecil mikro dan menengah lainnya adalah, mereka jadi memiliki platform yang bisa merefleksikan bisnis atau brand mereka seperti layaknya sebuah perusahaan besar. Tentu ini merupakan keunggulan yang sangat besar bagi setiap pemilik usaha UMKM.

Di sosial media anda yang aktif mencari audience/ konsumen, di Google sebaliknya, konsumen lah yang akan mencari anda.

Crooud Agency

Bayangkan, hanya bermodalkan website, anda bisa mendapatkan konsumen potensial tanpa harus memiliki toko offline maupun presensi fisik lainnya!

  1. Brand dan usaha dapat ditemukan di Google!

Di era digital seperti saat ini, mayoritas masyarakat akan bertanya ke Google untuk menemukan apapun. Mulai dari pertanyaan sederhana dengan niat mencari informasi, hingga mencari tahu harga sebuah produk. 

Tahukan anda jika 94% pengalaman pertama di internet di mulai dari Search engine?

WebFx

Bahkan tahukan anda jika 94% pengalaman pertama di internet di mulai dari Search engine?

Apakah juga anda tahu jika Google menguasai 91,54% industri mesin pencarian di dunia?

Artinya jika anda memang niat berjualan online, anda harus memiliki website, titik.

Mesin pencari seperti Google memainkan peran penting dalam pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah. Itu kenapa, website merupakan channel yang tepat agar calon konsumen potensial menemukan bisnis Anda.

  1. Meningkatkan kredibilitas

Sebuah website yang didesain dengan bagus mampu membangun kredibilitas bisnis Anda.

Menurut penelitian kredibilitas web dari universitas Stanford amerika, 75% pengguna mengaku membuat penilaian tentang kredibilitas perusahaan berdasarkan desain situs website mereka.

Jadi, anda harus memastikan website anda telah memuat informasi lengkap seputar siapa anda, value yang anda tawarkan hingga produk atau layanan unggulan anda.

  1. Siap bersaing secara global

Membangun website adalah langkah awal untuk menempatkan bisnis anda di jalur pertumbuhan yang benar agar bisa terus berkembang secara global. Tentu saja, ini dapat membuka peluang bagi Anda untuk mempromosikan produk, membangun kredibilitas dan membentuk identitas merek yang kuat.

Jika anda tidak mengadopsi pemasaran digital seperti website, kemungkinan besar usaha anda menjadi kurang kompetitif dan seiring waktu Anda akan kehilangan peluang penjualan.

  1. Memperluas pasar

Formulanya sederhana: semakin luas pasar yang dijangkau, semakin besar peluang anda untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

Bukan hanya soal uang ya, website juga merupakan salah satu investasi terbaik bagi sebuah bisnis. Seperti analogi yang saya sampaikan diatas, jika anda memiliki toko yang hanya beroperasi di satu lokasi, maka tentu pasar yang bisa dijangkau akan terbatas.

Berbeda jika anda memiliki website. Anda bahkan bisa menjangkau calon konsumen di daerah bahkan di negara lain. Beberapa dari mereka bisa saja akan menjadi pelanggan tetap, investor atau bahkan pemasok. 

  1. Refleksi dari layanan

Usaha mikro kecil dan menengah yang memanfaatkan website secara efektif mampu berkomunikasi serta bereaksi kepada konsumen. Terlebih saat ini mereka menggunakan website untuk mengidentifikasi bisnis dan menilai kredibilitas sebuah usaha. 

Website yang kurang memadai atau tidak pernah diurus menunjukkan kemalasan serta ketidakperhatianan terhadap konsumen. Hal ini bisa menjadi penyebab mereka berpaling pada kompetitor.

  1. Sebagai brosur digital

Sebuah website adalah pengganti brosur yang berkali-kali lipat lebih baik.

Media website bersifat informatif, interaktif, memberikan wawasan seputar bisnis dan produk, menjelaskan kenapa usaha Anda berbeda dan tentunya sebagai tempat toko online dimana calon konsumen membeli produk atau layanan Anda. 

Menariknya, website juga bisa difungsikan untuk membangun komunitas, koneksi dan loyalitas ketika konten anda tetap up to date serta menarik.

Sebagai catatan, pastikan anda mengoptimalkan website agar user friendly mengingat sebagian besar calon konsumen mengakses melalui perangkat seluler.

  1. Memberikan legitimasi pada bisnis

Tanpa disadari, website memberikan legitimasi terhadap usaha mikro kecil dan menengah. Mengapa demikian?

Sebab memiliki nama domain sendiri memberikan legitimasi tambahan pada alamat email. Bayangkan saja saat anda mengirim proposal bisnis menggunakan layanan email gratisan alih-alih email bisnis. Bisa jadi calon konsumen kurang respek dan tidak menganggap serius bisnis anda. 

Selain hal ini, sebagai rangkaian strategi, setiap UMKM juga tentu membutuhkan media sosial untuk kebutuhan distribusi website Anda. Jadi ketika anda me launching website, pastikan anda melakukan promosi silang dengan membagikannya di akun media sosial. 

  1. Iklan gratis

Saat di optimasi dengan baik menggunakan teknik-teknik SEO, website anda ibarat reklame gratis yang ada selamanya di Internet.

Dengan memiliki website bisnis, berarti anda telah memudahkan calon konsumen menemukan informasi yang dibutuhkan seputar produk dan layanan yang anda berikan.

Lebih-lebih jika mengoptimalkannya dengan search engine optimization, untuk memastikan website anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian. 

Itulah sebabnya, website merupakan iklan gratis dan abadi.

Pastikan anda membuat halaman yang membahas tentang produk atau layanan yang ditawarkan untuk menarget tipe konsumen yang sudah siap berbelanja, atau buat juga artikel tentang informasi seputar masalah yang dihadapi konsumen terkait produk atau layanan anda.

  1. Penting selama masa pandemi

Seperti yang sudah kita rasakan beberapa tahun terakhir, pandemi telah membuat semua aspek kehidupan berubah, begitu pula dengan bisnis.

Itu kenapa, manfaat website untuk bisnis sangat krusial bagi UMKM. Saatnya bisnis membangun sistem yang fleksibel dan dinamis memanfaatkan perubahan perilaku konsumen serta menunggangi pertumbuhan digital yang semakin masif. 

Selain itu, mayoritas konsumen saat ini semakin terbiasa dan menyukai kenyamanan berbelanja dari rumah. 

Tips bagi UMKM yang ingin memiliki website

Siapa saja bisa memiliki website, termasuk UMKM.

Namun tentu tidak semua orang dibekali kemampuan merencanakan, memikirkan apalagi mengembangkan website.

Lantas bagaimana mengatasi hal ini? Berikut 3 tips yang mungkin bisa dilakukan.

  • Belajar membuat sendiri via tutorial di youtube

Kini apa sih yang tidak bisa dilakukan dan dicari jawabannya? Sejak ada mesin pencari semuanya jadi lebih mudah.

Meskipun tidak memiliki latar belakang seorang developer website , anda dapat mencari konten video di Youtube terkait membuat website sendiri. Ada banyak Youtuber yang membahas hal tersebut.

Jika di Indonesia, beberapa Youtube channel rujukan tentang cara membuat website sendiri bisa langsung cek milik Pemoola, Programming di Rumah Raffi, Web Programming UNPAS hingga Bang Izzan. Selain tutorial mudah, mereka juga memberikan beragam informasi seputar do’s or don’ts bagi pemula. 

Sementara apabila di luar negeri, langsung saja kunjungi channel Website Learner’s, Gillian Perkins, Webstarts, Ali Abdaal, serta masih banyak lagi lainnya.  Selain penjelasan ringkas, para Youtuber tersebut juga akan menggiring penonton pada pembuatan website cepat, tanpa biaya hingga mobile friendly. Wah, semakin banyak dong ya referensinya!

  • Membayar freelancer untuk membuat website

Umumnya perusahaan mempekerjakan orang yang ahli di bidangnya untuk membuat dan membangun website. Mereka menggaji dengan sistem bulanan seperti karyawan lain.

Akan tetapi, tidak semua usaha UMKM memiliki kapasitas untuk melakukan hal ini. Apalagi mayoritas pendapatan yang dihasilkan umumnya diputar kembali untuk mengembangkan bisnis. Maka cara lain yang bisa dilakukan adalah membayar freelancer untuk membuatkan anda website.

Pengembang freelancer bisa ditemukan di berbagai platform kerja, seperti Projects.co.id, Fastwork, Sribulancer, dan lain sebagainya.

Bagian terpenting yang harus anda ingat saat mencari freelancer adalah memastikan portofolio mereka sebagai bukti jika mereka memang memiliki pengalaman di bidang pengembangan website. Periksa juga komentar dan review pelanggan sebelumnya untuk memastikan kinerja mereka.  

Untuk sistem pembayaran freelancer bervariasi di setiap platform, mulai dari per project, harian, mingguan, bulanan atau bahkan dihitung per jam. Anda sebagai klien hanya perlu membuat kesepakatan terlebih dahulu agar proses kerja berjalan dengan baik.

Perlu saya ingatkan, tidak semua freelancer mampu membuatkan rencana serta strategi website. Sama seperti pekerjaan lain, level pengembang website juga berbeda-beda. Ada yang levelnya sudah ‘kepala tukang’ namun banyak juga yang levelnya masih ‘tukang’.

Jadi pastikan anda memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Sebab hanya website yang dibuat dengan rencana dan strategi yang baik yang mampu memberikan perubahan signifikan pada bisnis anda.

  • Membayar agensi profesional

Jika anda sudah benar-benar memahami tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis, pilihan terbaik anda adalah menggunakan jasa agensi digital profesional.

Bagi sebagian bisnis yang peduli dengan pertumbuhan, ini adalah cara yang efisien dan efektif. Pemilik usaha hanya perlu fokus dengan Goal yang ingin di capai, sementara semua rencana, strategi dan pelaksanaan akan dilakukan oleh pihak agensi. 

Namun sekali lagi, tidak semua agensi digital menawarkan kualitas layanan yang sama.

Ada agensi digital yang hanya fokus pada desain dan layout yang cantik tanpa memperdulikan apakah website ini nantinya memiliki pengunjung atau tidak. Ada pula yang menawarkan harga semurah mungkin, jargon nya “yang penting online”.

Saat membangun usaha pertama saya di penghujung tahun 2015, setahun pertama saya habiskan untuk gonta ganti freelancer dan agensi, parahnya semuanya tidak mampu memberikan dampak apapun pada bisnis saya.

Mayoritas dari mereka hanya bicara menggunakan jargon-jargon digital yang saat itu sulit saya pahami. Tidak satupun dari mereka paham tentang bisnis. Yang mereka lakukan hanyalah menduplikasi apa yang sudah pernah dilakukan orang lain tanpa memahami pondasi dasar pemasaran digital.

Inilah yang mendasari saya mempelajari digital marketing dan mendirikan Crooud Agency.

Saya ingin memastikan semua bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses didunia digital dengan strategi dan tahapan yang benar, bukan sekedar taktik “spray and pray“.

Karena dari pengalaman saya, terkadang memahami sebuah proses lebih baik dibandingkan sekedar mendapatkan hasil tanpa tahu apa yang terjadi di baliknya.

Di Crooud, kami telah membangun tim dan kapasitas untuk memastikan semua proses pemasaran digital anda dilakukan dengan tahapan yang benar, khususnya untuk pembuatan website dan jasa SEO. Kami akan menjelaskan dan menunjukan kepada anda seberapa dahsyat potensi yang bisa anda dapatkan melalui sebuah website dan SEO.

Kembali ke topik, apakah anda sudah sekarang sudah memahami manfaat website untuk bisnis UMKM? Jika masih ada kurang jangan sungkan untuk menghubungi kami untuk berkonsultasi