Faktor SEO Yang Mempengaruhi Ranking Website Anda

13 Faktor SEO Paling Penting Saat Ini

Jika anda sudah membaca cukup banyak tentang seo, khususnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pencarian.

Saya yakin anda sudah mengetahui jika Google menggunakan lebih dari 200 faktor dalam algoritma mereka untuk merangking sebuah konten.

Namun jangan khawatir, anda tidak perlu menerapkan seluruh faktor tersebut dalam strategi SEO anda.

Yang perlu anda lakukan hanyalah fokus pada pada faktor-faktor yang paling penting dan yang berdampak paling besar terhadap rangking website anda.

Dibawah ini adalah 13 faktor SEO yang paling mempengaruhi peringkat website anda pada hasil pencarian organik di Google untuk tahun 2021.

1. Kualitas Konten

Di dunia digital marketing, konten adalah raja. Saya yakin semua 100% sepakat akan statement ini.

Namun di SEO, kualitas konten adalah segalanya, dan Google semakin pintar membedakan mana website yang memiliki konten seadanya dan mana website yang memiliki konten berkualitas.

Anda bisa saja mengoptimasi website hingga sempurna, namun jika konten yang ada didalamnya tidak berkualitas, anda dijamin akan sulit bertahan apalagi mendapatkan rangking.

Pertanyaannya sekarang, saat bicara tentang SEO, yang dimaksud dengan “konten berkualitas” itu seperti apa?

Rinci dan Lengkap

Yang dicari oleh Google adalah konten yang terperinci dan lengkap yang dapat menjawab pertanyaan seseorang hingga tuntas.

Itu kenapa sebuah riset menemukan jika peringkat tertinggi pada hasil pencarian rata-rata didominasi oleh konten dengan jumlah kata minimal 1900 hingga 2000 kata.

Artinya, dengan jumlah kata sebanyak itu, pengguna sudah mendapatkan jawaban lengkap atas pertanyaan nya ketika mengetikan sesuatu di Google.

Berguna

Yang dimaksud dengan berguna disini apakah konten anda sudah berhasil memenuhi ‘intent’ pengguna ketika mereka melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu?

Misalnya, anggap saja anda sedang ingin mencari “Resep Diet”

Saya yakin, artikel listicle yang menulis tentang 19 resep diet akan JAUH lebih berguna untuk anda dibandingkan artikel yang membahas tentang pengertian resep diet dan pentingnya diet untuk menurunkan berat badan.

Jadi pastikan anda memahami apa yang diinginkan oleh pengguna, dan pastikan anda membuat konten terbaik yang dapat memuaskan mereka untuk kata kunci tersebut.

Terstruktur

Masih ada kaitannya dengan kebergunaan konten di atas, umumnya konten-konten yang bertengger di halaman pertama hasil pencarian memiliki struktur yang bagus.

Pertama, konten yang terstruktur dengan bagus relatif lebih mudah dibaca.

Dengan begitu, pengguna yang sedang mencari sesuatu dapat segera menemukannya di dalam konten anda.

Kedua, jika konten anda terstruktur dengan rapi dengan bagian-bagian sub-topik yang terpisah dengan baik, maka Google akan lebih mudah dalam memahami isi dari konten anda.

Jadi, agar kinerja SEO anda meningkat, pastikan anda telah menyusun struktur konten anda dengan baik.

2. Keunikan Konten

Tahukan anda ada berapa halaman website yang di index oleh google? Triliunan halaman! Jika di kalkulasi, Google hingga saat ini mungkin telah menyimpan lebih dari ratusan juta bahkan milyaran Gigabyte (Gb) data didalam servernya.

Nah, saat anda sudah membuat konten yang membahas sebuah topik dengan terperinci, lengkap dengan struktur yang bagus, namun isi informasi yang anda tulis sudah dibahas oleh orang lain ratusan kali, kemungkinan besar anda akan sangat sulit mendapatkan rangking yang baik.

Karena, jika dilihat di prespefktif Google, mereka sudah memiliki ratusan bahkan ribuan konten dengan informasi yang sama didalam server mereka, dan malah sudah terindex.

Lalu buat apa mereka meranking konten anda lebih baik?

Itulah kenapa konten yang anda buat harus lebih baik dan lebih beda dari konten yang bertengger di peringkat 1 halaman pencarian Google.

Saat anda melakukan hal ini, akan akan mendapatkan potensi yang lebih besar dan keunggulan yang lebih baik dibandingkan kompetitor anda.

3. Konten Dapat Dijelajahi

Ini bisa dibilang adalah dasar dari semua dasar, jika ingin konten anda mendapatkan rangking di hasil pencarian, pastikan jika mesin pencarian seperti google dapat menjelajahi atau men-crawl dan mengindex konten dalam website anda.

Dengan kata lain, jika mesin pencari tanpa sengaja atau dengan sengaja di block untuk menjelajahi website anda (misal kesalahan setting pada robot.txt), maka website search engine tidak akan mengindex satupun halaman website anda.

Namun jangan khawatir, anda bisa dengan mudah mengecek apakah website anda sudah dapat dijelajahi oleh Google menggunakan fitur “Inspeksi URL” pada Google Search Console.

4. Website Yang Di Optimasi Untuk Seluler

Semakin tingginya penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet mendorong google untuk menyesuaikan algoritma nya agar para pengguna dimudahkan saat navigasi sebuah website di perangkat seluler.

Google pernah bilang :

“Halaman website yang memberikan pengalaman buruk untuk pengguna dapat diturunkan rangkingnya atau mendapatkan tampilan peringatan pada hasil pencarian perangkat seluler”

Dengan kata lain, untuk bisa rangking di tahun ini dan di masa depan, website anda harus bisa diakses dan tampil baik pada semua perangkat.

Untungnya, untuk mendukung ini Google telah menciptakan tools gratis yang diberi nama “Mobile Friendly Test” atau tools untuk Pengujian Ramah Seluler.

Tools ini akan memberitahu anda apakah website anda sudah dioptimasi untuk perangkat seluler, dengan berbagai rekomendasi untuk memperbaikinya.

Di dunia nyata, backlink ibarat “rekomendasi” dari website lain.

Mesin pencarian seperti Bing dan Google menggunakan “rekomendasi” ini di dalam algoritma mereka sebagai salah satu faktor utama untuk merangking sebuah konten.
Intinya, semakin banyak jumlah Backlink yang anda miliki, mesin pencari seperti Google akan menganggap website anda dapat dipercaya.

Namun tidak semua Backlink atau “rekomendasi” dari website baik.

Saat ini algoritma Google semakin pintar dalam mendeteksi praktik-praktik yang bertentangan dengan aturan Google terkait backlink.

Namun secara garis besar, semakin banyak backlink yang dimiliki sebuah website, akan semakin besar pula kemungkinan untuk rangking pada hasil pencarian.

6. Otoritas Domain

Saat ada website menautkan link ke halaman tertentu, link ini akan membantu halaman tersebut untuk mendapatkan ranking yang lebih baik.

Selain itu, link ini juga akan meningkatkan Domain Authority website tersebut secara keseluruhan, bukan hanya pada halaman tersebut.

Semakin tinggi Domain Authority yang dimiliki oleh sebuah website, akan semakin mudah pula halaman lainnya di website tersebut untuk mendapatkan rangking.

Kuncinya, Domain Authority akan memperbesar peluang halaman lain untuk ranking pada hasil pencarian. Salah satu cara untuk meningkatkan domain authority adalah membuat website yang baik, mudah dinavigasi dengan konten terbaik.

7. Anchor Text

Salah satu cara mesin pencari seperti google dalam memahami apa yang dibahas oleh sebuah halaman website adalah melalui Anchor text.

Seperti namanya, anchor text menjadi semacam indikator bagi Google saat menjelajahi sebuah link pada halaman website.

8. Kecepatan Loading Website

Saat ini saya yakin tidak ada yang tahan dengan loading yang lambat. Semua bergerak cepat, begitu juga dengan website.

Itu kenapa, loading sebuah website saat ini merupakan faktor terpenting bagi Google.

Khususnya loading pada perangkat seluler.

Hal ini bahkan disampaikan langsung oleh google pada update tahun 2018 jika “kecepatan website merupakan faktor peringkat penting untuk pencarian seluler”.

9. Penggunaan Keyword

Yang ini mungkin sudah sangat jelas, bicara tentang SEO tidak mungkin tanpa bicara tentang penggunaan Keyword atau kata kunci.

Intinya, jika anda ingin mendapatkan rangking untuk keyword tertentu, anda harus menggunakannya di halaman artikel anda.

Jika tidak, Google tidak akan pernah tahu jika halaman artikel anda sedang membahas keyword tersebut.

Misalnya anda ingin merangking keyword “Search Intent”.

Maka yang harus anda lakukan adalah memastikan keyword tersebut digunakan secara sistematis didalam artikel anda.

Namun yang harus anda ingat, jangan berlebihan dan terlihat terlalu memaksakan penggunaan keyword anda, usahakan untuk menggunakannya se alami mungkin. Karena hal ini malah akan berdampak buruk terhadap performa artikel anda.

Hal lain yang perlu anda ingat juga.

Anda tidak perlu selalu menggunakan keyword persis seperti keyword yang sedang anda target, anda bisa menggunakan variasi kata kunci lainnya.

Misalnya kata kunci “cara diet”, anda bisa menggunakan “cara diet efektif” atau “cara diet terbaik”.

10. Google RankBrain

RankBrain adalah nama dari kecerdasan buatan (Artificial intelligence) yang merupakan bagian dari algoritma mesin pencarian Google.

RankBrain merupakan bagian yang sangat penting di Google.

Bahkan Google mengakui jika RankBrain merupakan 3 faktor terpenting dalam algoritma mereka saat menentukan rangking sebuah artikel.

Jika anda penasaran, tugas utama RankBrain adalah memahami apa sebenarnya yang diinginkan oleh pengguna Google saat mereka mengetikan kata kunci tertentu, lalu menyajikan hasil jawab terbaik berdasarkan kueri yang di input oleh mereka.

Dibangun menggunakan algoritma machine learning, RankBrain selalu berubah sepanjang waktu dan tidak pernah konstan. Hal inilah yang mengakibatkan proses optimasi SEO lumayan menyulitkan.

Namun satu hal yang bisa kami sarankan :

Cara terbaik untuk mengoptimasi untuk algoritma RankBrain adalah membuat konten terbaik yang berguna dan dibutuhkan oleh pengguna Google.

11. Kecocokan Search Intent

Saat membuat sebuah konten, coba tanyakan ini pada diri anda : “apakah konten ini sudah cocok dengan apa yang dicari oleh pengguna pada saat tertentu”?

Karena jika tidak, jangan berharap konten anda akan mendapatkan rangking.

Dengan semakin canggihnya teknologi yang digunakan, Google semakin meninggalkan faktor-faktor ranking “old school” seperti misalnya Keyword atau Backlink, dan mulai bergeser ke “pendekatan algoritmik” sebagai ranking factor yang mampu menjawab pertanyaan : “apakah konten ini berhasil memuaskan si pencarinya?

Bahkan, pada ulang tahun yang ke-20, Google menyampaikan jika mereka mempekerjakan ribuan “Penilai Kualitas” untuk mengukur seberapa baik sebuah konten memuaskan sebuah maksud pencarian.

Masih bingung?…

Coba saya berikan contoh.

Misalkan saja anda sedang mencari “Faktor faktor SEO
Algoritma Google akan mengawasi secara seksama bagaimana anda berinteraksi dengan hasil pencarian yang disajikan

Misalnya, anda mengklik hasil pencarian pertama, lalu tidak berapa lama anda kembali lagi mengklik hasil pencarian lainnya – ini adalah sinyal kuat bagi Google jika anda tidak puas dengan hasil pencarian pada peringkat pertama.

Jika hal ini terjadi berkali-kali, maka Google akan menurunkan peringkat pertama, lalu meningkatkan rangking untuk hasil pencarian yang paling memuaskan si pengguna (bertahan lebih lama di halaman alias tidak bouncing).

Begitu juga sebaliknya jika ketika anda mengklik satu hasil pencarian di peringkat ketiga misalnya, dan anda bertahan lama di halaman tersebut tanpa kembali ke hasil pencarian lagi, maka Google akan mendorong konten tersebut untuk naik ke hasil pencarian pertama.

12. Kesegaran Konten

Apakah anda ingin disajikan konten artikel yang dibuat 10 tahun lalu? Tentu tidak.

Google juga tidak ingin mendorong konten-konten yang sudah kadaluarsa lama dan tidak pernah di update sama sekali.

Itu kenapa, secara general konten yang baru dibuat umumnya akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan konten yang lama (setidaknya untuk satu atau hari)

Itulah kenapa, tingkat “kesegaran” sebuah konten cukup berpengaruh pada minggu atau bulan-bulan awal sejak konten di luncurkan.

Khususnya, Google ingin melihat apakah konten anda masih relevan dan selalu up to date.

Misalkan saja anda membuat artikel tentang panduan lengkap merakit komputer gaming sendiri.

Dengan artikel seperti ini, bayangkan saja apa yang akan terjadi jika anda tidak mengupdate artikel ini secara rutin.

Semua spare part yang anda sebutkan mungkin sudah tidak sebaik yang sarankan saat pertama kali artikelnya diluncurkan.

Algoritma Google memeriksa kesegaran sebuah konten secara langsung untuk memastikan apakan konten anda tersebut pernah di update semenjak diluncurkan, jika iya seberapa sering diupdate nya.

Dalam hal ini, tentu sinyal user experience juga berpengaruh.

Misal seperti yang telah kami jelaskan diatas, google akan melihat secara seksama apakah user akan bertahan lama di artikel anda atau mereka langsung keluar alias bouncing back ke hasil pencarian lainnya akibat kurang puas dengan artikel anda.

Itu kenapa, memastikan jika konten anda selalu up to date adalah sangat penting dan merupakan faktor SEO yang penting.

13. E-A-T

E-A-T adalah kependekan dari “expertise, authoritativeness dan trustworthiness”.

Jika di artikan dalam bahasa indonesia “keahlian, otoritas dan kepercayaan”.

Dengan kata lain :

Google akan memprioritaskan sebuah konten yang dibuat oleh seseorang yang benar-benar ahli dalam sebuah topik tertentu.

Supaya tidak bingung, berikut adalah 3 tips singkat yang dapat membantu anda untuk mengoptimasi konten anda untuk E-A-T ini.

Identifikasi Penulisnya

Pastikan Google dengan mudah mengenali siapa yang menulis sebuah konten tentang topik tertentu.

Jika memungkinkan, pastikan penulisnya memiliki profil yang cukup lengkap di berbagai social media dan memang terkenal di industri tertentu.

Setransparan Mungkin

Pastikan pengunjung website dapat dengan mudah menghubungi anda, baik melalui telepon maupun email.

Reputasi Sangat Penting

Dalam dokumen kualitas hasil pencarian terbaru yang dibuat langsung oleh Google.

Mereka menginstruksikan para penilai kualitas untuk melihat reputasi sebuah domain diluar dari website nya sendiri.

Dengan kata lain :

Google akan selalu memonitor apa yang disebutkan orang lain tentang website anda.

Jika ternyata website anda memiliki reputasi yang baik dengan selalu mempublish konten terbaru dan reliable. Ini akan menjadi faktor SEO yang sangat penting untuk website anda.