Skip links

Panduan Lengkap Search Engine, Pengertian, Jenis, Strategi

Search engine adalah layanan yang dapat menampilkan berbagai jenis konten dari situs di seluruh dunia. Dengan ini, memungkinkan website menjalin engagement, meningkatkan traffic hingga membangun merek.

Table of Contents

Saat ini menelusuri informasi lebih mudah karena adanya mesin pencari. Umumnya pengguna memilih mengakses melalui layanan tersebut dibandingkan menuju situs langsung. Hal itu disebabkan karena search engine adalah media terlengkap yang menyimpan jutaan konten dan memahami kebutuhan mereka.

Oleh karenanya, search engine adalah fasilitas yang mulai disasar oleh pemilik situs, khususnya pengusaha. Melalui mesin pencari, memungkinkan produk atau jasa dikenal lebih luas, terlebih jika berada di halaman pertama. Maka, ada strategi tertentu untuk membantu memunculkan website secara alami tanpa beriklan.

Kali ini Crooud akan membawa Anda menelusuri tentang pengertian search engine beserta komponen penting di dalamnya sebagai bahan rujukan memaksimalkan website. Berikut ulasannya!

Pengertian search engine

Search engine adalah layanan yang memungkinkan pengguna internet mencari berbagai konten dari situs berbeda. Cara kerja mesin pencari ialah dengan memasukkan kata kunci atau frasa, kemudian hasil berupa daftar laman website sesuai.

Kueri penelusuran mengarahkan pengguna melakukan tindakan klik pada daftar situs yang muncul. Biasanya mereka lebih memilih website di halaman pertama dan peringkat teratas karena memiliki relevansi terhadap kata kunci yang dicari. Alhasil, situs di posisi tersebut akan mendapatkan traffic tinggi.

Visibilitas search engine adalah kunci sukses membangun situs. Semakin tinggi peringkat dalam indeks mesin pencari, maka akan lebih terlihat dan terkoneksi dengan audiens. Pada bisnis, kondisi ini dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Saat ini ada berbagai macam search engine yang tersedia di internet dengan kemampuan dan fitur masing-masing. Mesin pencari yang pertama dikembangkan adalah Archie, merupakan pencari file FTP. Kemudian muncul Veronica berbasis teks. Lambat laun lahir Google, AOL, Ask.com, Baidu, Bing, DuckDuckGo hingga Yahoo.

Cara kerja search engine

Search engine memungkinkan pengguna mencari konten di internet dengan menggunakan kata kunci. Ketika memasukkan kueri, maka halaman hasil atau disebut Search Engine Result Page (SERP) ditampilkan. Kemudian memberikan peringkat pada situs yang relevan.

Dalam kinerjanya, search engine sering mengubah algoritmanya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Ini bertujuan agar memahami user mencari dan memberikan jawaban terbaik terhadap pertanyaan. Artinya, mesin pencari mengutamakan kualitas tertinggi dari laman paling relevan.

Masing-masing search engine berbeda dalam hal memberikan jawaban kepada pengguna. Namun semuanya dibangun dengan 3 prinsip dasar, yaitu crawling, indexing dan ranking. Berikut penjelasannya!

1.   Crawling

Proses penemuan dari halaman website baru dimulai dengan crawling. Search engine menggunakan program yang disebut spider bot atau crawler untuk menjelajahi internet.

Setiap kali crawler menemukan halaman baru melalui tautan, maka akan memindai dan meneruskan konten untuk diproses lebih lanjut atau disebut dengan indexing. Lantas melanjutkan penemuan berikutnya.

Crawler melakukan penjelajahan setiap beberapa hari. Jadi ada kemungkinan konten yang sudah lama akan ditinggalkan, sehingga tidak akan ditampilkan pada laman teratas pencarian. Oleh sebab itu agar situs tetap berada di posisi pertama, maka isi harus diperbarui.

2. Indexing

Setelah bot menelusuri data, saatnya untuk pengindeksan. Indexing adalah proses validasi dan menyimpan konten dari halaman website di search engine database . Ini diibaratkan sebagai perpustakaan besar semua situs.

Search engine akan mencoba memahami dan mengkategorikan konten pada halaman situs melalui kata kunci. Selanjutnya harus diindeks agar dapat ditampilkan di laman hasil mesin pencari. Perlu dicatat bahwa crawling dan indexing merupakan proses berkelanjutan yang berlangsung berulang kali. Tujuannya supaya database tetap baru.

Setelah halaman website dianalisis dan disimpan dalam indeks, maka sudah bisa digunakan sebagai hasil pencarian. Untuk mendukung situs tampil di peringkat teratas dibutuhkan optimasi atau disebut dengan search engine optimization.

3. Ranking

Langkah terakhir yakni memilih hasil terbaik dan membuat daftar halaman yang akan muncul. Setiap search engine menggunakan lusinan sinyal ranking dan sebagian besar disembunyikan atau tidak disebarluaskan kepada umum.

Hasil pencarian diberi peringkat berdasarkan sejumlah faktor, seperti kepadatan kata kunci, kecepatan dan link. Tujuan dari search engine adalah memberikan jawaban paling relevan kepada pengguna.

Konten dengan kata kunci relevan diindeks untuk dimunculkan dalam laman pencarian. Terlebih pada jenis search engine universal atau campuran, tentu menyajikan berbagai jenis isi kepada pengguna.

Selain hasil halaman teks tradisional, Search Engine Result Page (SERP) juga menampilkan konten media, seperti gambar, video, peta, serta laman belanja. Oleh sebab itu, maksimalkan kata kunci dan kualitas agar mendapatkan posisi teratas.

Tipe search engine

Berbagai jenis mesin pencari menggunakan metode berbeda untuk menentukan peringkat situs. Kendati demikian, konten berkualitas lebih mudah diindeks, sehingga berpeluang ditampilkan pada posisi teratas.

Dari beberapa jenis search engine dikategorikan menjadi dua tipe, yakni populer dan spesialis. Masing-masing digolongkan berdasarkan jumlah user, fungsi dan tujuan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1.   Search engine populer

Ada ratusan search engine di dunia, tetapi hanya sedikit saja yang mendominasi pasar secara keseluruhan. Lima jenis mesin pencari di bawah ini tetap populer dari tahun ke tahun berkat kualitas, kegunaan dan peluang untuk menjadikan website makin berkembang.

Google

Dalam beberapa dekade, Google adalah search engine terbesar dan populer di dunia. Perusahaan induknya adalah Alphabet dan saat ini mendominasi pasar mesin pencari dengan lebih dari 90 persen pangsa.

Semua fiturnya mencakup algoritma canggih, crawling, indexing dan ranking yang efektif memberikan hasil sangat baik. Bukan hanya bekerja untuk mesin telusurnya sendiri, Google juga memberdayakan beberapa layanan sejenis, seperti Ask.com.

Google menilai sebuah halaman website berdasarkan jumlah backlink. Tautan dianggap penting karena turut meningkatkan peringkat situs yang ditautkan. Search engine ini juga menganalisis relevansi konten dengan faktor lain, yakni mobile friendly.

Algoritma peringkat Google berubah-ubah secara terus menerus. Hal ini bertujuan agar informasi selalu up to date, sehingga dapat memberikan konten fresh setiap harinya kepada pengguna.

Yahoo

Yahoo adalah situs populer sekaligus penyedia email dan mesin pencari terbesar ketiga di dunia. Dilansir dari Mangools, terhitung sudah menguasai hampir 2% dari keseluruhan pangsa pasar.

Setelah menjadi search engine populer dan dominan, Yahoo mengalami penurunan nilai selama bertahun-tahun. Situs ini seolah berada di bawah bayangan Google.

Kini, search engine tersebut bersaing dengan mesin pencari di bawahnya seperti Bing atau DuckDuckGo.

Microsoft Bing

Bing adalah search engine terbesar kedua. Diluncurkan pada tahun 2009 dan berada di bawah naungan Microsoft. Mesin pencari ini merupakan alternatif bagus bagi user yang ingin mencoba sesuatu berbeda.

Meskipun dari segi pasar Google dan Bing tidak dapat dibandingkan, namun keduanya memiliki banyak kesamaan. Misalnya seperti menyediakan jenis hasil pencarian berupa gambar, video, tempat, peta atau berita.

Microsoft Bing menggunakan prinsip dasar search engine, yakni crawling, indexing dan ranking. Lantas dikombinasikan dengan algoritma khusus yang disebut space partition and graph. Metode tersebut didasarkan pada vektor untuk mengkategorisasi informasi dan menjawab permintaan pencarian.

Singkatnya, Microsoft Bing memberikan peringkat situs berdasarkan konten, jumlah serta kualitas yang tertaut ke halaman website serta relevansi dengan kata kunci.

Yandex

Yandex berasal dari istilah Yet Another Indexer adalah search engine paling populer di negara timur. Meskipun memiliki kurang dari 1 persen dari keseluruhan pangsa pasar, namun ini satu-satunya mesin pencari diminati di Rusia, Turki, Ukraina hingga Belarus.

Mirip dengan Google, Yandex menyediakan berbagai jenis layanan termasuk Maps, Translator, Yandex Money, hingga Music.

Baidu

Baidu adalah search engine paling dominan di Cina. Total pangsa pasar secara keseluruhan di dunia hampir 1%. Persentase tersebut telah mewakili lebih dari 80% pengguna di Negeri Tirai Bambu dan telah memproses miliaran pencarian setiap harinya.

Pada beberapa hal, Baidu mirip dengan Google. Adapun kesamaannya yakni menyediakan tautan biru klasik dengan URL hijau dan cara menampilkan hasil pencarian.

2. Search engine spesialis

Selain search engine populer, ada pula yang diciptakan untuk spesialisasi tertentu. Dengan itu, memungkinkan pengguna mencari hal-hal lebih spesifik seperti video, barang bekas, resep, penerbangan hingga hotel.

Strategi SEO juga digunakan dalam prosesnya untuk membantu produk atau jasa mendapatkan peringkat terbaik di jenis search engine spesialis ini. Berikut contoh mesin pencari yang dikhususkan pada penelusuran tertentu.

Youtube

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Youtube, bukan? Ya, kini search engine tersebut banyak digunakan oleh populasi orang di dunia. Bahkan dijadikan sebagai sumber penghasilan karena menyediakan adsense.

Youtube disebut-sebut sebagai search engine terbesar kedua di dunia. Setiap harinya ada miliaran pencarian video, sehingga kemampuan itu dimanfaatkan oleh pemasar digital untuk mengatur strategi.

Melalui konten Youtube, produk atau jasa dapat disebarluaskan secara cepat. Terlebih bila menggunakan taktik SEO off –page dengan menggaet influencer. Tentu, memungkinkan bisnis lebih mudah dipromosikan.

Amazon

Seperti diketahui bila Amazon adalah marketplace terlengkap. Namun, situs ini juga berfungsi sebagai search engine khusus produk.

Website ini sering menjadi tempat pertama bagi pengguna untuk meneliti produk di pasar. Maka dengan dua kelebihan tersebut, Amazon seringkali digolongkan sebagai mesin pencari sekaligus marketplace.

Facebook

Facebook termasuk sebagai search engine spesialis sebab menurut Ni Business Info, media sosial ini menerima lebih dari 2 miliar pencarian setiap harinya. Jumlah tersebut menempatkan posisinya satu langkah di depan Bing.

Melalui Facebook, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain, menjalin pertemanan hingga membangun promosi. Selain itu juga memudahkan dalam pencarian orang, bisnis, produk maupun layanan.

Algoritma search engine

Algoritma search engine adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sistem kompleks dari beberapa evaluasi semua halaman yang diindeks. Bahasa pemrograman ini menentukan page mana yang akan muncul dalam hasil pencarian untuk kueri tertentu.

Sebagai search engine paling populer, Google menggunakan lusinan faktor penentu algoritma. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Arti kueri – memahami maksud pengguna dengan menggunakan kata-kata persis yang mereka gunakan.
  • Relevansi halaman – search engine perlu mencari tahu apakah halaman menjawab permintaan pencarian.
  • Kualitas konten – algoritma menentukan apakah halaman situs merupakan sumber informasi baik, ditinjau dari faktor internal dan eksternal, seperti kualitas tautan balik.
  • Kegunaan halaman – mempertimbangkan kualitas laman situs dari sudut pandang teknis, kecepatan hingga keamanan.

Search engine optimization

Selain memberikan informasi berguna, search engine juga bisa membantu perusahaan mempromosikan situs. Caranya adalah mengaplikasikan search engine optimization atau lebih dikenal dengan SEO.

Dalam mengoptimalkan situs, kueri penelusuran relevan merupakan bagian penting dari setiap strategi pemasaran online. Ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke halaman website.

Adapun cara yang perlu dilakukan untuk membangun search engine optimization yakni membuat desain situs SEO friendly, menerapkan strategi keyword, dan link. Teknik dasar tersebut dapat memudahkan mesin pencari dalam mengindeks situs dan meningkatkan peluang mendapatkan posisi tertinggi.

1.   Desain situs SEO friendly

Desain situs SEO friendly memungkinkan halaman mudah diindeks, sehingga muncul pada laman pertama mesin pencari. Faktor ini dioptimalkan melalui tiga cara, yakni:

• Jadikan situs mudah dioperasikan

Bagian terpenting dari membuat situs search engine friendly  adalah mendesainnya sebaik mungkin. Halaman yang dirancang secara maksimal akan mendapatkan pengunjung berulang kali.

Situs SEO friendly umumnya memiliki konten yang ditulis dengan baik serta menarik, halaman mudah dinavigasi, dan sistem e-commerce yang dirancang optimal. Kemudian pertimbangkan apakah teknologi yang akan digunakan cocok untuk SEO, lantas pastikan hasil halaman ramah akan search engine optimization.

Di sisi lain, pikirkan strategi teknis lainnya, mencakup penggunaan URL, kode sesuai standard dan peta situs XML yang dibuat secara dinamis, sehingga dapat digunakan oleh search engine untuk mengindeks situs. Pastikan setiap fitur meningkatkan tampilan website, diimbangi pula oleh indeks pencarian, aksesibilitas serta masalah kegunaan.

• Konten berkualitas

Konten relevan yang diperbarui secara berkala dan ditulis dengan baik akan meningkatkan SEO. Ini juga memungkinkan pengguna menautkan situs Anda, sehingga mendatangkan traffic.

Judul halaman deskriptif dan sub judul berisi kata kunci relevan. Faktor tersebut membantu user memahami isi konten dan membantu search engine mencocokkan dengan kueri penelusuran terkait.

Mobile SEO

Saat ini umumnya hasil pencarian diakses melalui perangkat seluler, seperti smartphone atau tab. Oleh sebab itu, search engine juga mempertimbangkan konten mobile SEO yang efektif dan responsif.

Ketika mengoptimalkan untuk perangkat seluler, pertimbangkan mengenai penggunaan tata letak CSS untuk mendukung kompatibilitas lintas platform, tata letak halaman, ruang layar terbatas, dan tipe konten dengan penggunaan banyak media di dalamnya akan membantu meningkatkan unduhan. 

Kemudian perhatikan penempatan navigasi guna memudahkan penggunaan, serta mengoptimalkan fungsionalitas e-commerce, contohnya opsi keranjang belanja.

2. Strategi keyword

Kata kunci sangat penting untuk memastikan situs ditampilkan pada mesin pencari. Maka dari itu, pertimbangkan keyword dan frasa yang paling menggambarkan isi konten.

Strategi kata kunci termasuk dalam strategi pemasaran pencarian. Dengan demikian, ada tiga hal penting untuk memaksimalkannya.

• Memilih keyword

Memilih keyword merupakan langkah penting dalam membangun situs search engine friendly. Selain istilah umum, penting memikirkan long-tail keyword agar lebih spesifik. Kendati volume pencarian akan berkurang, namun lebih tertarget pada isi konten dan membantu mengarahkan traffic tinggi, seperti pelanggan yang siap membeli produk.

Contohnya, jika mempromosikan produk jasa digital marketing melalui konten, maka bangun long-tail keyword pada bacaan, misal ‘jasa digital marketing Malang’. Ini akan memudahkan pengguna dalam proses penelusuran karena akan dihadapkan pada hasil spesifik.

• Riset keyword

Untuk membuat kata kunci potensial, lakukan brainstorming yang memungkinkan digunakan user untuk menelusuri situs. Pastikan mencakup semua layanan dari bisnis agar masuk dalam daftar mesin pencari.

Di sisi lain, lakukan benchmarking untuk menganalisa keyword yang digunakan oleh kompetitor. Sebagai tips, masukkan kata kunci dalam konten, judul halaman, sub judul dan metadata apapun yang disertakan dalam kode laman.

Update kinerja keyword

Setelah membuat konten sesuai dengan kata kunci relevan, saatnya mencari tahu posisi dalam search engine. Beberapa mesin pencari mengizinkan situs untuk memeriksa status mereka diindeks. Gunakan monitoring ini untuk memantau ranking dan menambahkan keyword di kemudian hari.

Salah satu faktor terpenting untuk menentukan peringkat website di search engine adalah jumlah tautan relevan dari situs lain. Google menggunakan backlink dalam page rank. Sementara Yahoo dan Bing juga menerapkannya sebagai salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi posisi di laman pencarian.

Sebagai catatan, pemilik situs perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi peringkat di laman pencarian. Biasanya beberapa teknik black hat SEO yang digunakan secara luas dilarang oleh Google karena melibatkan peningkatan peringkat dengan memanipulasi jumlah tautan.

Maka dari itu, berikut ini tiga faktor yang perlu diperhatikan ketika menerapkan strategi link.

Strategi membangun tautan adalah memperhatikan backlink yang masuk. Dalam hal ini perhatikan asal tautan, apakah berasal dari website berperingkat tinggi di halaman pencarian atau justru sebaliknya. Kemudian pastikan situs relevan dengan milik Anda.

Strategi membangun backlink dapat dibuat dengan langkah di bawah ini:

  • Membangun backlink dengan situs partner. Ialah mereka yang menyertakan tautan balik sebagai imbal balik. Bisnis dapat menautkan ke klien, pemasok atau yang direkomendasikan. Misalnya usaha wedding organizer, maka link mengarah pada toko bunga, penata rias, katering dan unsur pendukungnya.
  • Mengirim situs ke penyimpanan online dan resource lists.
  • Membuat relasi dengan situs media untuk meliput cerita menarik atau siaran pers mengenai website.
  • Menawarkan menulis konten dengan subyek relevan pada situs lain.
  • Umpan tautan, termasuk konten viral yang menarik perhatian untuk mendorong pengguna media sosial dan jurnalis online membicarakan merek, sehingga mengundang backlink.

Hindari spam tautan

Pentingnya tautan membuat beberapa orang menambahkan jumlah link dengan cara apapun, baik relevan maupun tidak. Misalnya, mengomentari forum out of topic untuk mengunggah link menggunakan perangkat lunak. Metode tersebut termasuk dalam teknik black hat SEO, yang mana memanipulasi peringkat.

Beberapa search engine juga menghapus website dari daftar jika terlalu banyak tautan balik yang ditambahkan dalam satu hari. Ini dianggap sebagai praktik spam. Oleh sebab itu, fokuskan pada situs terkemuka yang relevan dengan subyek agar link muncul secara alami dan berguna bagi user.

Voice search optimization

Dewasa ini penggunaan smartphone semakin populer. Artinya, digital assistants  juga mulai penting untuk mempertimbangkan pencarian suara sebagai bagian dari search engine optimization.

Voice search optimization adalah teknologi pengenalan ucapan pada smartphone dan perangkat lain yang memungkinkan pengguna menelusuri kata kunci tanpa mengetikkan kueri. Contoh aplikasi pencarian suara adalah Siri (dikembangkan oleh Apple), Alexa (dikembangkan oleh Amazon), Cortana (dikembangkan oleh Windows), dan Asisten Google (dikembangkan oleh Google).

Pencarian suara memungkinkan untuk membuat kueri mesin telusur, meminta informasi spesifik seperti prakiraan cuaca atau skor olahraga, meluncurkan aplikasi, mencari konten audio atau video dan voice dialling. Adapun cara mengoptimalkannya yakni sebagai berikut.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan pencarian suara dengan membuat konten yang menjawab pertanyaan pengguna. Jenis ini seringkali muncul di bagian atas halaman search engine dalam bentuk featured snippet.

Biasanya berupa blok yang menampilkan ringkasan jawaban atas pertanyaan pengguna diambil dari halaman sebuah situs. Digital assistants sering menggunakan informasi dari cuplikan untuk menanggapi pencarian suara.

Agar konten mudah terdeteksi oleh voice search, pastikan memiliki strategi keyword yang efektif dengan meneliti kueri populer, gunakan format tanya jawab saat menulis konten, buat jawaban singkat dalam satu paragraf dengan menggunakan sub judul, daftar dan tabel.

Sementara itu, long-tail keyword efektif untuk voice search karena kueri lebih bersifat percakapan. Penelusuran suara juga digunakan untuk menemukan bisnis lokal, maka pastikan alamat dan informasi kontak tercantum secara lengkap.

Jasa SEO agensi

Search engine optimization penting untuk mengoptimalkan kinerja situs dalam mesin pencari. Namun, strategi ini memerlukan langkah yang tepat untuk mendatangkan traffic dan membuat engagement dengan pengguna. Maka dari itu, penting memikirkan menggunakan jasa SEO agensi.

Dalam memilih jasa SEO agensi, pikirkan tentang kesesuaian. Sebab mitra yang tepat akan berdampak signifikan terhadap bisnis.

Untuk itu, berikut pertimbangan penting sebelum memutuskan menggunakan jasa SEO agensi.

1.   Memilih SEO agensi

SEO merupakan proses mengoptimalkan situs untuk mengarahkan traffic organik. Teknik ini membutuhkan pemahaman mendalam, sehingga penting memilih jasa SEO agensi yang benar-benar memahami tentang cara kerja search engine, perhatian terhadap detail dan terus mengikuti perkembangan algoritma.

Di sisi lain, jasa SEO agensi juga harus memiliki pengetahuan khusus mengenai hal-hal yang dilarang untuk digunakan, misalnya black hat SEO. Sayang bukan bila sudah membayar mahal, namun agensi justru tidak mematuhi aturan berlaku?

2. Membangun sebuah komunikasi

Untuk menghindari kesalahpahaman antara kedua belah pihak, jalin komunikasi sebaik mungkin dengan jasa SEO agensi. Klien juga harus menguraikan secara tepat apa yang ingin dicapai dengan SEO. Mungkin saja bertujuan meningkatkan penjualan melalui kata kunci, menambah rasio konversi, mengelola media sosial serta masih banyak lagi lainnya.

Apapun perusahaannya, ketahui dengan jelas proses yang dilakukan. Sebagai klien, berhak memantau progress. Di lain sisi, penting pula mencari tahu mengenai jenis layanan yang ditawarkan agar bisa menjadi pertimbangan selanjutnya.

3. Membuat metrik yang sesuai bersama perusahaan

Setelah menguraikan tujuan kepada jasa SEO agensi pilihan, saatnya memastikan perusahaan tersebut memiliki metode yang jelas untuk memetakan. Dengan kata lain, penting menyusun metrik pada semua aspek bisnis.

Hal ini bertujuan untuk memilah dengan jelas langkah yang akan dilakukan. Misalnya, antara perusahaan baru dan lama tentu memiliki arah berbeda. Penting bagi klien menerima penjelasan yang mudah dicerna.

Evaluasi hasil search engine optimization

Setelah menerapkan search engine optimization pada situs, lakukan evaluasi untuk melacak hasilnya. Adapun langkah yang perlu dilakukan memantau strategi ini.

1.   Menggunakan analisis website

Analisis website adalah cara utama untuk memantau keberhasilan kampanye online. Kode pelacakan ditambahkan ke setiap halaman untuk mengumpulkan data pengguna.

Kemudian dapat dianalisis dengan tool gratis seperti Google Analytics. Tujuannya untuk mengetahui laporan secara jelas tentang interaksi user, jumlah pengunjung yang mengakses data, waktu yang dihabiskan berada dalam situs hingga daerah asal mereka.

2. Laporan dari jasa SEO agensi

Jika memutuskan menggunakan jasa SEO agensi, maka dapatkan laporan secara rutin yang menunjukkan progres kerja, serta rencana untuk meningkatkan peringkat di search engine.

Penting juga bahwa setiap laporan menyertakan hasil dari tool analisis SEO. Apabila situs dikelola secara eksternal, pastikan memiliki akses ke statistik, sehingga bisa memantau kinerja website dan membuat report sendiri.

3. Gunakan browser tool untuk informasi cepat

Anda bisa dengan cepat melihat efek SEO menggunakan tool pada browser. Misalnya, plugin Google Analytics untuk Chrome akan memberikan gambaran singkat mengenai analitik, Firefox dan SeoQuake guna menganalisis peringkat website milik sendiri atau pesaing di laman search engine.

4. Perbandingan

Setelah mengumpulkan semua data pelaporan, saatnya menganalisis kemajuan website dan hasil dari setiap perubahan. Bisa juga membandingkan dengan milik pesaing sebagai bahan untuk menyusun strategi selanjutnya.

Kesimpulan

Search engine merupakan layanan cepat yang memberikan berbagai informasi kepada pengguna. Melalui mesin pencari, pemilik website dapat meningkatkan performa, traffic dan menjalin engagement dengan pengguna.

Pastikan agar situs memenuhi komponen yang dibutuhkan oleh search engine. Maksimalkan pula strategi search engine optimization guna semakin meningkatkan kinerja website.

Leave a comment