Skip links

Wajib Tahu, Cara Membaca Arti Insight Instagram Analytics

Sudah menerapkan Instagram bisnis untuk usaha. Namun, yakin bisa membaca arti Insight Instagram? Artikel berikut yang Anda butuhkan guna memantau jumlah pengguna dan engagement pada media sosial.

Table of Contents

Media sosial Instagram merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer khususnya di indonesia. Berbagai fitur mulai dari reels hingga Instagram Insight memiliki fungsi dan kegunaan berbeda. Fasilitas tersebut menjadi alat ukur untuk mengoptimalkan konten, akun, hingga unggahan suatu produk. 

Oleh karena itu, jika akun masih bersifat private maka perlu diubah terlebih dahulu ke business account. Dalam membaca insight pun, ada beberapa tahapan dan caranya. Namun, sebelumnya mari pahami terlebih dahulu tentang arti Insight Instagram Analytics.

Mengenal apa itu Instagram Analytics

Sebagian dari pemilik akun bisnis mungkin telah mengenal apa itu Instagram analytics. Fitur ini sangat penting untuk mengetahui parameter seputar konten yang dibuat.

Instagram Analytics adalah sebuah tools yang berisi berbagai informasi untuk menilai seberapa besar jangkauan produk atau konten. Fitur ini dapat menampilkan berbagai data sebagai ukuran kualitas.

Manfaat Instagram Analytics secara umum yaitu untuk menghemat waktu saat melakukan pengembangan konten di akun Instagram, mengetahui data spesifik audiens, serta sebagai alat evaluasi strategi marketing guna meningkatkan kualitas akun.

Kegunaan Instagram Insight

Instagram Insight mempunyai banyak kegunaan. Selain memberikan informasi data perihal perkembangan akun bisnis, berikut beberapa manfaat lainnya:

Memberikan efektivitas terhadap konten produk

Salah satu fitur insight pada Instagram yakni mampu memberikan informasi detail untuk agar pengguna lebih bijak dalam membuat konten. 

Hal ini karena tidak semua konten diminati oleh audiens, sehingga perlu dikembangkan supaya dapat meningkatkan engagement.

Sebagai bahan evaluasi pemasaran

Dengan menggunakan Instagram insight, Anda dapat mengetahui hasil performa konten mulai dari skala harian, mingguan, hingga bulanan. Ini akan membuat hasil pencapaian target market lebih optimal dan transparan.

Untuk mengetahui segmen audiens

Memahami segmen setiap audiens cukup penting dalam proses pengklasifikasian jenis konten sesuai dengan karakteristik masing-masing. Instagram Insight memberikan data tentang siapa saja yang melihat unggahan. 

Cara mengaktifkan Insight Instagram

Sebelum mulai mengoperasikan fitur insight pada Instagram, perhatikan terlebih dahulu akun yang digunakan. Pastikan akun diubah ke business account

Jika masih berupa akun pribadi, berikut cara mengubah jenis akun dan menggunakan Insight Instagram. 

  1. Pada halaman profil terdapat icon susunan 3 strip pada sisi kanan atas. Klik dan tunggu hingga muncul beberapa opsi utama pada menu.
arti insight instagram

Gambar 1. Menuju Menu setting

  1. Pilih opsi “Settings” lalu klik poin “Account”.
arti insight instagram analytic

Gambar 2. Point menu setting

Gambar 2. Point menu Account

  1. Selanjutnya, akan muncul beberapa informasi pengaturan tentang akun. Scroll ke bawah hingga menemukan poin Switch to professional account.

Gambar 3. Switch to professional account

  1. Tunggu hingga akun Instagram berubah menjadi akun bisnis.
  2. Poin Insight akan muncul di menu setting yang berisi sinopsis hingga konten yang dibagikan.
  3. Selain melalui menu settings, cara lain dapat dilakukan dengan membuka setiap unggahan yang telah di-upload dan ketuk ‘Lihat Insight’ untuk mengetahui informasi selanjutnya.
  4. Supaya mengetahui insight di story Instagram, hanya ketuk Seen by dan tunggu informasi performa.

Perlu diingat, jika baru saja mengubah private account menjadi bisnis, maka insight hanya akan tersedia pada postingan setelah pengaturan ini disimpan. 

Artinya, baik story, post, maupun reels yang diunggah saat akun masih bersifat pribadi tetap tidak bisa dianalisa.

Cara membaca arti Insight Instagram Analytics untuk masing-masing fitur

Fitur informasi yang disajikan pada menu Insight Instagram bertujuan untuk mengetahui performa suatu konten atau unggahan. Oleh sebab itu baiknya harus bisa membaca arti dari masing-masing fitur tersebut, berikut penjelasanya:

1. Fitur activity

Fitur activity berfungsi untuk memberikan informasi tentang seberapa banyak interaksi audiens pada profil akun instagram dan mereka yang dijangkau oleh konten. Di dalamnya, ada dua poin yang bisa dianalisis, yaitu:

2. Interactions

Fungsi dari poin interaksi adalah untuk mengetahui seberapa banyak engagement audiens. Submenu ini lebih memperlihatkan total jumlah interaksi followers terhadap akun instagram dalam frekuensi waktu satu minggu.

3. Discovery

Sementara dalam fungsi discovery, informasi yang ditampilkan berupa seberapa banyak jumlah audiens yang mengunjungi dan impresi mereka saat melihat konten atau unggahan. 

Hasil data tersebut dapat menampilkan tingkat minat atau ketertarikan audiens terhadap unggahan yang sudah diterbitkan.

4. Fitur content

Fungsi utama pada fitur content adalah memberikan informasi tentang seberapa banyak akun yang melihat konten sejak pertama diunggah. Di sisi lain juga berguna untuk mengetahui jumlah pengguna yang mengklik tombol share dan save pada unggahan. 

Di dalam fitur tersebut ada tiga sub-menu dengan kegunaan berbeda, yaitu:

5. Feed posts

Feed Posts mempunyai fungsi menampilkan informasi insight setiap konten sejak pertama kali ada perubahan dari akun pribadi ke bisnis. Data tersimpan dalam kurun waktu 2 tahun sejak mengubah jenis akun.

Data yang ditampilkan pada sub menu ini lebih spesifik, seperti seberapa banyak jumlah komen, followers, total like dalam satu unggahan, hingga banyaknya pengguna yang membuka link website pada profil akun.

6. Stories

Stories juga mempunyai fungsi yang sama seperti feed posts, namun frekuensi waktu yang ditampilkan dalam jangka mingguan dengan batas maksimal 14 hari. 

Fungsi lain dari submenu ini adalah untuk mengetahui banyaknya audience yang melihat konten story, serta jumlah klik link yang disematkan pada story.

Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk melihat seberapa banyak audiens yang berpindah dari story satu ke lainnya, sampai jumlah balasan dari pengunjung.

7. Promotions

Promotions adalah salah satu submenu rangkuman dari feed dan story. Informasi yang diberikan berupa seberapa besar performa dari konten atau iklan yang diupload.

Selain itu, informasi detail yang terdapat di promosi adalah data banyaknya gender yang melihat konten Anda, total jumlah like, komentar dan saving pada postingan, jumlah konten ditayangkan kembali oleh pengunjung, dan seberapa banyak audiens yang mengunjungi akun.

8. Fitur audience

Fitur audience memberikan informasi detail tentang karakteristik mulai dari jenis kelamin, usia, hingga letak posisi followers. Data-data tersebut dimuat dalam bentuk grafik, sehingga Anda dapat mencari informasi dalam berbagai segmen. 

Fitur ini juga dapat membantu saat menentukan konten yang relevan sesuai segmen agar bisa menjangkau audience secara spesifik. 

Rekomendasi tools Instagram Analytics gratis 2022

Analisa

Alat analitik instagram pertama yaitu Analisa.io. Tools ini cocok untuk marketing influencer yang berkaitan dengan produk atau konten. Selain itu, data informasi dapat dimuat dalam laporan akun dan hastag.

Laporan akun mencangkup seberapa banyak tingkat tag oleh audience, like, komentar, unggahan terkait dalam kurun waktu per hari, minggu, hingga bulan dengan interface yang sangat baik. Tujuannya untuk mengetahui performa konten.

Selanjutnya, laporan hashtag memberikan informasi seputar kinerja influencer saat mengkampanyekan produk, sehingga dapat mengetahui mana yang bekerja dengan baik dan bisa dihubungi kembali untuk promosi selanjutnya.

Iconosquare

Tools instagram selanjutnya adalah Iconosquare. Salah satu layanan terbaiknya yaitu penawaran uji coba gratis selama dua minggu dengan pilihan fitur lengkap, seperti Audit tools Instagram.

Fitur yang dimiliki tools ini diantaranya memungkinkan membuat jadwal untuk unggahan konten baru dan dapat mengetahui konteks komentar audience tentang produk yang di-upload

Selain itu terdapat fungsi lain seperti analisa tentang tren saat ini yang mungkin relevan dengan konten.

Pixlee

Pixlee berupa alat analitik Instagram yang berfokus untuk mengidentifikasi konten produk melibatkan influencer dan pendukung lainya. Selain itu, tools ini dapat mengetahui konten mana yang paling menarik dan memiliki insight terbaik setelah diunggah.

Union Metrics

Union matrix adalah salah satu tools analitik instagram yang cukup populer. Alat ini menggunakan sistem analisa keyword yang sering muncul di sosmed. 

UM memungkinkan untuk menganalisa hal terkait audiens, hingga tren yang relevan dengan unggahan. Hal tersebut mampu memberikan keterkaitan antara konten Anda dan milik orang lain. 

Socialbakers

Tools analitik Instagram yang terakhir adalah Socialbakers. Alat ini bisa digunakan pada akun pribadi atau bisnis. Fungsi utamanya yaitu dapat mengidentifikasi minat audiens tentang konten.

Socialbakers tools menggunakan teknologi AI untuk menentukan unggahan seperti apa yang harus dipromosikan sesuai tren, kapan harus dipublikasikan, hingga sasaran berbagai segmen audiens yang relevan dengan konten.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang cara membaca arti insight instagram. Beberapa fitur yang bermanfaat sangat diperlukan untuk memaksimalkan kinerja. Selain itu, ketekunan dan konsisten untuk membuat konten terbaik juga perlu dilakukan.

Penggunaan tools analisis hanya sebagai media untuk tolak ukur performa konten yang Anda buat, selebihnya kembali lagi pada tingkat kreativitas. Semoga bermanfaat!

Leave a comment