topik untuk blog tentang wisata

5 Kategori Topik Yang Paling Sering Dishare Oleh Semua Orang

Daftar Isi

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat postingan artikel di blog kita di share oleh ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu kali melalui sosial media.

Sekilas memang terlihat seperti mimpi yang ketinggian, tapi sebenarnya ada cara agar postingan Anda di share oleh para pembaca blog Anda atau setidaknya sebagian besar dari pembacanya.

Artikel yang dishare oleh pembaca adalah salah satu cara paling jitu untuk menarik trafik, membangun branding usaha, menggaet konsumen dan akhirnya memimpin pasar.

Tidak diragukan lagi bahwa artikel yang disebar, terutama melalui berbagai platform media sosial, sangat berpengaruh.

Nah, sejujurnya tidak ada cara pasti dan bergaransi agar postingan Anda di share semua pembaca. Tapi ada beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan tersebut.

Faktanya, ada beberapa topik yang lagi dan lagi dibaca lalu di share para warganet. Topik-topik ini dapat diterapkan di hampir semua jenis usaha dan tentu saja, berpeluang besar mendapat sharing yang tinggi.

Dengan menulis topik-topik ini, Anda akan menarik perhatian para pembaca lama Anda dan kemungkinan para pembaca baru juga. berikut adalah 5 topik yang paling sering dishare oleh semua orang.

1. Produktivitas Dan Manajemen Waktu

topik untuk blog tentang manajemen waktu

Tidak peduli dimana dan siapapun target market Anda, masalah waktu adalah persoalan yang sangat penting. Semua orang rasanya membutuhkan lebih dari 24 jam untuk menyelesaikan semua tugas dan target.

Hal ini menjadikan waktu sebagai salah satu kebutuhan paling penting?dan topik yang populer juga. produktivitas berkaitan erat dengan manajemen waktu, karenanya topik ini pun populer. Semua orang ingin menemukan cara baru untuk melakukan sesuatu dengan lebih singkat, namun hasilnya lebih memuaskan.

Misalnya bagaimana bekerja sesuai jam kerja?tanpa harus lembur, tapi bayaran tetap tinggi. Menghabiskan waktu lebih sedikit untuk berpromosi tapi penjualan terus meningkat, dll. Ada banyak sekali hal yang bisa diangkat dari topik ini, terutama di bidang bisnis.

Salah satu pengusaha dan Podcaster ternama dunia, Tim Ferris bahkan mendulang sukses besar melalui novelnya ?4-Hour Work Week?. Novel ini mencapai tangga best seller versi New York Times.

Di Indonesia, generasi muda juga sangat tertarik dengan topik ini. Manajemen waktu, produktivitas dan pengembangan diri merupakan topik yang saling berkaitan.

Keberhasilan novel ?4-Hour Work Week? membuktikan bahwa banyak orang di dunia ini tertarik mempelajari cara memanajemen waktu. Bagaimana memperoleh lebih banyak hasil dengan menggunakan lebih sedikit waktu.

Saat ini, topik manajemen waktu dan produktivitas masih sangat populer dan paling banyak dibahas di kanal-kanal diskusi online.

Dengan mengangkat tema produktivitas di dalam postingan blog Anda, anda bisa merangkul pembaca dari kalangan yang lebih luas. Cobalah menggali ide-ide original atau bahkan tips meningkatkan produktivitas.

Terutama tips yang sudah Anda buktikan, sebagai contoh nyata. Karena terkadang sesuatu yang dialami penulis menjadi daya tarik tersendiri.

Orang juga senang mempelajari cara untuk menghemat waktu dan mengerjakan sesuatu lebih cepat. Jadi cobalah membuat beberapa judul berbeda dalam kategori ini.

Berikut adalah contoh artikel blog bertemakan produktivitas dan manajemen waktu sebagai inspirasi bagi Anda.

  • Cara menciptakan pagi yang produktif
  • Cara melakukan lebih banyak hal dalam waktu lebih singkat
  • Cara mendapat bayaran lebih besar dan bekerja lebih sedikit
  • Cara menggenjot produktivitas dalam bekerja
  • Cara menjaga semangat kerja di sore hari
  • Tips agar lebih cepat mencapai target
  • Tips agar berhenti menunda-nunda

2. Perjalanan Wisata

topik untuk blog tentang travelling

Topik lain yang disukai banyak orang dan bisa diposting di blog bergenre apapun adalah perjalanan wisata. Semua orang suka jalan-jalan, apalagi ke tempat yang eksotis, terutama ke luar negeri.

Walau sempat goyang akibat pengaruh pandemi, namun industri pariwisata kembali menggeliat bangkit saat ini. Bahkan ada cukup banyak orang yang memutuskan untuk kembali melakukan perjalanan wisata.

Rata-rata orang zaman sekarang mencari informasi wisata melalui internet. Termasuk menemukan destinasi yang cocok, memesan tiket, booking hotel, dll.

Tulisan tentang objek wisata dan segala sesuatu yang berkaitan dengan traveling tidak ada matinya. Ada kesempatan besar di dalamnya untuk dibaca dan di share ke media sosial.

Agar tidak mainstream, Anda bisa menulis tentang sisi lain pariwisata. Atau tempat-tempat wisata yang unik. Misalnya wisata pendidikan, objek wisata yang cocok untuk relaksasi, dll. Atau yang sedang booming saat ini, wisata kesehatan.

Konten tentang pariwisata juga seringkali disebarluaskan ke lebih banyak kanal media sosial. Lebih banyak dibaca dan diberi tanda bintang atau like, serta dapat dipadukan dengan banyak topik lain.

topik untuk blog tentang wisata

Gambar-gambar menarik seputar objek wisata juga lebih banyak dilihat dan disukai. Menarik lebih banyak keterikatan dengan pembaca Anda. Yang paling penting, Anda dapat menyisipkan informasi tentang produk atau usaha Anda di dalamnya.

Keunggulan lainnya, topik ini bisa dikatakan abadi. Anda bisa mempostingnya kapan saja, tidak harus saat masa liburan. Anda bebas memposting nya di mana saja, pilih platform favorit Anda. Bahkan sangat cocok di sosial media khusus gambar seperti Pinterest atau Instagram.

Apapun jenis usaha Anda, dengan sedikit kreativitas topik wisata dapat dipakai untuk media promosi sekaligus memperkuat branding.

Berikut ini adalah contoh ide artikel dengan topik perjalanan wisata sebagai bahan inspirasi Anda.

  • Lokasi wisata paling keren/indah/nyaman/menakjubkan/aman
  • Tips untuk para backpacker
  • Tips berwisata solo ke luar negeri
  • Objek wisata yang paling banyak dikunjungi di suatu daerah
  • Tips merencanakan perjalanan sempurna
  • Aplikasi wisata terpercaya untuk smartphone
  • Tips agar perjalanan udara lebih nyaman
  • Kota-kota dengan pelayanan publik terbaik
  • Info tentang event dan seminar industri

3. Kesehatan Dan Olahraga

topik untuk blog tentang olahraga

Kesehatan dan olahraga adalah topik lain yang? populer di kalangan pembaca, terutama yang bertemakan gaya hidup sehat, diet dan? membentuk tubuh.

Semua orang ingin sehat dan mencari tahu tentang gaya hidup sehat. Terutama di masa new normal seperti ini.

Karena ada banyak sekali blog yang membahas kesehatan, Anda harus pintar-pintar mencari celah.

Misalnya, usaha anda bergerak di bidang program komputer. Anda bisa membahas tentang bahayanya duduk seharian di depan komputer. Atau tips berolahraga ringan tanpa meninggalkan meja kerja.

Topik-topik seperti ini tidak terbatas pada demografis tertentu saja. selain itu, topik ini juga memiliki kesempatan lebih luas untuk dishare.

Olahraga juga merupakan topik yang fokusnya lebih eksklusif. Faktanya, menurut laporan Buzzsumo tahun 2015 olahraga adalah salah satu topik artikel yang paling banyak dishare di dunia maya.

Banyak blog populer dan situs-situs baru juga membahas olahraga dari berbagai sudut, dan hampir semuanya selalu mengundang lebih banyak kunjungan.

Berikut adalah beberapa ide artikel bertemakan kesehatan dan olahraga yang bisa menginspirasi Anda.

  • Kenapa olahraga teratur dapat meningkatkan produktivitas Anda
  • Ide-ide diet sehat untuk orang sibuk
  • Latihan ringan yang bisa dilakukan di kantor
  • Rekomendasi aplikasi kesehatan dan olahraga di smartphone
  • Rahasia mencapai kesehatan prima walau sibuk bekerja
  • Tantangan olahraga 30 hari
  • Tips latihan ringan untuk kaum rebahan

4. Mencapai Sukses Di Semua Lini Kehidupan

topik untuk blog tentang cerita sukses

Artikel mengenai cara mencapai sukses di semua lini kehidupan selalu populer. Terutama sukses dalam hubungan asmara dan bisnis.

Semua orang tentu ingin sukses dalam hidup.? Tulisan tentang topik tersebut selalu mengundang banyak kunjungan.

Beberapa sub topik yang selalu sukses menarik pembaca misalnya cara mencapai sukses dalam hubungan asmara. Atau cara jitu memenangkan negosiasi.

Bagaimana mencapai kesuksesan finansial, cara menemukan partner bisnis yang tepat, atau bagaimana menghadapi wawancara kerja.

Ada banyak sekali topik yang bisa Anda angkat ke dalam artikel. Uniknya, artikel dengan topik ini bisa dihubungkan langsung dengan demografis serta branding perusahaan Anda.

Bahkan di blog Crooud, artikel kami banyak mengulas tentang cara mendulang sukses dalam pemasaran. Kebanyakan artikel yang dishare serta dibaca berulang kali juga artikel semacam ini.

Topik mencapai sukses dalam berbagai lini kehidupan juga adalah topik yang abadi. Anda bisa memposting dan menggunakannya sebagai bahan promosi di sosmed dalam jangka waktu lama.

Sebagai bahan inspirasi, Anda bisa membaca-baca postingan di Huffington Post, Forbes, atau media lokal yang memuat artikel semacam ini. Lalu mempelajari sub topik apa yang paling banyak dibaca dan disebarkan.

Anda juga bisa mempelajari demografi Anda dan menemukan kunci sukses yang cocok dengannya. Cara ini akan membuat artikel Anda lebih eksklusif dan unik.

Berikut adalah contoh artikel yang bisa di-ATM (amati, tiru, modifikasi) untuk postingan Anda.

  • Cara efektif mencapai keinginan dalam hidup
  • Tips mencapai target dengan lebih cepat
  • Apa yang bisa dipelajari dari orang-orang sukses
  • Bagaimana membangun hubungan yang sehat
  • Cara mengenali dan bebas dari toxic relationship
  • Tips meningkatkan penjualan hingga 100 kali lipat
  • Mendorong kinerja bisnis Anda
  • Cara menaklukkan psikotes dan wawancara kerja
  • Bagaimana membangun jaringan pemasaran yang kuat

5. Uang dan Keuangan

topik untuk blog tentang cara mengatur keuangan

Topik terakhir yang paling banyak dibaca dan di share adalah soal uang dan keuangan.

Tidak perlu heran, karena kebanyakan orang pasti ingin kehidupan finansial yang stabil dan makmur. Selain juga keinginan sebagian orang untuk mencapai tingkat kekayaan tertentu.

Tema yang paling populer dalam topik ini adalah cara bebas dari jeratan utang.

Postingan artikel mengenai uang dan keuangan juga mudah sekali diaplikasikan pada berbagai tipe demografis dan bisnis. Ada banyak ide konten yang bisa digali lebih dalam. Selain bebas dari jeratan utang, tulisan tentang investasi juga sangat laris.

Anda juga bisa mengulas tentang kebiasaan dan cara orang-orang sukses mendulang kekayaan. Langkah para CEO mengembangkan usahanya. Apa yang dilakukan pengusaha dunia agar perusahaannya semakin menggurita.

Sesuaikan dengan demografis dan branding usaha atau produk Anda.

Lihat, ada banyak tema yang bisa ditulis mengenai keuangan, bukan? setelah beberapa kali postingan dengan judul berbeda, Anda akan menemukan tema apa yang paling disukai pembaca Anda.

Jika Anda cukup jeli, Anda bisa sekaligus memasukkan poin-poin positif dari segi keuangan yang dimiliki produk atau perusahaan Anda.

Saat memposting ini di blog atau landing page Anda, bisa dipastikan penjualan akan mengalir deras.

Berikut beberapa ide tentang artikel bertema uang dan keuangan dari kami. Anda bebas menambah atau mengubahnya sesuai kebutuhan.

  • Cara bebas dari jeratan utang
  • Cara-cara mengejutkan untuk meningkatkan pendapatan
  • Tips sukses dari Warren Buffet (atau tokoh lainnya. Bob Sadino atau Sandiaga Uno, mungkin?)
  • Tips menabung efektif tanpa mencekik anggaran belanja
  • Pilihan investasi yang tepat
  • Kanal investasi terbaik tahun ini
  • Ide-ide usaha sampingan hasil jutaan
  • Aplikasi pintar untuk mengatur anggaran keuangan

Poin-poin Yang Harus Diingat

Setelah Anda mendapatkan topik terbaik yang akan dituliskan, jangan lupa melihat akses share yang dimiliki situs Anda. Pastikan artikel di situs atau blog Anda mudah disebarkan tanpa prosedur rumit.

Sia-sia artikel bagus yang Anda muat di situs atau blog, kalau akses sharingnya menyulitkan pembaca. Karena itulah Anda harus:

Membuat headline yang bagus dan menarik .

Menggunakan sidebar yang mudah dilihat dan di klik.

Gunakan lambang sosial media agar pembaca mudah memilih dan mengklik kanal sosmed untuk menyebarkan tulisan.

Promosikan tulisan Anda di banyak medsos?sebanyak-banyaknya.

Tulis artikel yang enak dibaca, dengan paragraf yang pendek dan memberi nomor atau pointing untuk hal-hal penting.

Mengafirmasi pembaca untuk menyebarkan tulisan di medsos mereka.

Kesimpulan

Ada banyak sekali faktor yang bisa membantu naiknya jumlah sharing artikel di blog Anda. Salah satu yang terpenting adalah topik artikel yang diangkat.

Jika Anda menulis suatu topik yang menarik dan melibatkan pembaca secara interaktif, pasti akan ada kunjungan dan share yang mampir ke situs atau blog Anda.

Semakin banyak share yang Anda dapat, semakin banyak orang yang melihat artikel tersebut. Membaca konten di dalamnya, mengenal produk dan usaha yang dipromosikan, lalu akhirnya berujung pada transaksi penjualan.

Selain itu, semakin bagus isi tulisan Anda, semakin menarik topiknya, semakin tinggi pula trafik yang didapat .

Lima topik yang paling banyak di share oleh warganet adalah:

  • Produktivitas dan manajemen waktu
  • Perjalanan wisata (terutama wisata ke luar negeri)
  • Kesehatan dan olahraga
  • Mencapai sukses di semua lini kehidupan
  • Uang dan keuangan

Kelimanya bisa jadi bukan yang terbaik dan paling cocok dengan usaha Anda.Tapi kelimanya cukup fleksibel untuk dipadukan dengan branding produk dan usaha anda.

Anda juga harus lebih kreatif untuk memilih topik lalu membahasnya dari sisi lain yang unik.

Jalankan saran dan ide dari kami, padukan dengan kreativitas Anda, dan balut dengan bentuk artikel yang mudah dibaca. Anda akan terkejut melihat hasil yang bisa diraih.