8 Cara Jitu Mendapatkan 25.000 Follower Instagram dalam 3 Bulan

Saat ini Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling cepat berkembang di dunia.

Jika produk Anda tidak bersinergi dengan medsos ini, tidak diragukan lagi Anda akan ketinggalan.

Saat ini saja penggunanya sudah lebih dari 700 juta user.

Artinya dalam satu semester saja Instagram menerima 100 juta lebih pengguna baru.

Pertumbuhan paling cepat di antara platform medsos sejenis.

Di dunia, Instagram menduduki peringkat ketiga sebagai media sosial paling populer setelah Facebook dan Youtube. Namun jelas Instagram jauh lebih populer daripada Twitter, Google+ dan Pinterest.

Dengan rata-rata pertumbuhan setinggi ini, tidak perlu diragukan lagi bagaimana pesatnya laju Instagram di masa depan.

Artinya penting sekali bagi Anda untuk mulai berbisnis di platform ini.

Hampir semua orang setuju bahwa Instagram adalah media berbagi gambar-gambar menawan.

Kuote dan cerita-cerita inspiratif dan video dalam berbagai genre.

Tapi jika semua itu tidak terlihat oleh pengguna lain, rasanya pasti bikin patah hati, ya. Apalagi kalau sudah capek-capek merancang dan mendesain kontennya.

Di dalam postingan ini kami akan membagikan langkah demi langkah yang bisa Anda ambil agar mendapatkan 25.000 follower. Jadi Anda bisa memaksimalkan usaha untuk mempercantik feed Anda.

Sekaligus memastikan feed yang menawan tadi memang terlihat oleh orang lain.

Langkah-langkah ini harus dilakukan setiap hari selama tiga bulan. Dengan jangka waktu sependek itu, Anda sudah bisa merasakan hasil yang wow.

Siap menjaring 25.000 follower di Instagram dalam waktu singkat? Oke, kita mulai dengan langkah pertama, ya.

Step 1: Mulai Bermain Di Instagram

Kalau Anda ingin mendapatkan follower di Instagram, Anda harus memiliki konten yang pantas untuk di-follow. Artinya tentu saja; gambar yang bagus dan ‘nyambung’ dengan audiens Anda setiap hari.

Tidak ada batasan tentang apa yang bisa Anda posting. Tapi pastikan kontennya inspiratif dengan dukungan foto atau video yang cantik. Agar audiens Anda merasa tertarik dan terkoneksi dengan postingan tersebut.

Wajarnya, Anda harus memposting sekitar 1-3 gambar per hari untuk permulaan. Anda dapat memposting konten lainnya jika ada di fitur Instagram story.

Sebuah studi yang diadakan oleh Quintly di tahun 2015 menyebutkan bahwa semakin konsisten sebuah brand diposting, semakin banyak follower yang didapat.

Faktanya, akun Instagram memiliki lebih dari 10 juta fans yang berbagi rata-rata 95 foto per bulan. Kami memang menyarankan 3 gambar per hari, tapi Anda bisa bereksperimen dengan jumlah yang lain. Anda akan menemukan sendiri berapa postingan yang cocok dengan aktivitas audiens Anda.

Nah, jika feed di Instagram harus cantik, dengan gambar dan video berkualitas tinggi, Instagram story kebalikannya. Anda bisa merekam peristiwa-peristiwa lucu, indah, menegangkan dan memorable di fitur ini. Tidak perlu diedit dan di percantik, tampilan apa adanya malah sangat mengena bagi audiens.

Selain memposting konten setiap hari, penting juga untuk memastikan bio Anda up to date dan merefleksikan perkembangan terkini bisnis Anda. Anda bisa menaruh tautan yang tersambung ke landing page produk.

Ah, jangan lupakan juga gambar profil. Gambar ini harus konsisten dan mudah teridentifikasi dengan logo merek Anda. Penting sekali untuk menggunakan gradasi warna atau tema gambar yang mudah dikaitkan dengan imej pencitraan Anda.

Langkah-langkah di atas mudah sekali, bukan? Namun jangan ragukan hasilnya. Anda akan merangkul lebih banyak follower dan selalu ‘terlihat’ walau di tengah hiruk-pikuk postingan para user yang sangat dinamis.

Step 2: Ikuti Akun-akun Dalam Lingkup Usaha Dan Jaringan Pertemanan Anda

Anda ingin diikuti oleh banyak orang? Ikuti juga akun orang lain. Memang tidak ada peraturan tertulis bahwa kita harus mengikuti balik mereka yang mengikuti kita. Tapi yang namanya hubungan—baik di dunia maya maupun di dunia nyata—harus timbal balik, bukan?

Selain mengikuti balik mereka yang menjadi follower Anda, sebaiknya ikuti juga akun-akun lain yang berada di lingkup jaringan dan usaha Anda.

Paling tidak ikuti tiga akun per hari. Pilih mereka yang berada di lingkup yang sama atau memiliki link pada follower Anda. hal ini akan meningkatkan peluang mereka untuk mengikuti Anda kembali.

Untuk menemukan orang yang tepat, klik tombol ‘search’ di bagian bawah laman dan pilih dari akun-akun yang disarankan oleh Instagram.

Alternatif lain, gunakan hastag yang sesuai dan relevan dengan lingkup usaha Anda. Jika Anda memiliki follower yang cukup aktif, Anda juga bisa melihat daftar followernya.

Atau, jelajahi akun pesaing Anda dan follow orang-orang yang memberi komen atau menyukai postingan di akun tersebut. Hal ini akan membantu Anda menemukan user yang kira-kira akan tertarik pada konten Anda. Juga dengan mengikuti akun-akun ini Anda kemungkinan besar akan di-follow balik.

Tips-tips di atas hanya sekelumit saja jika Anda mencari user yang akan di-follow. Namun tentu saja tips sederhana tadi bisa memberikan perubahan berarti bagi akun Anda.

Step 3: Beri Respon Pada Komentar Dan Pertanyaan Follower

Untuk meningkatkan perkembangan follower, Anda harus merespon sebaik mungkin komentar dan pertanyaan dari audiens. Gunakan waktu sekitar sepuluh hingga dua puluh menit setiap hari untuk membalas komentar dan memberi tanggapan atas reaksi mereka.

Hal ini akan menciptakan keterikatan dan rasa akrab antara Anda dan para follower. Efeknya tentu positif. Mereka akan tetap setia mengikuti Anda, tertarik pada apa yang Anda sajikan dan bisa jadi akan menyebarkan (regrann) konten dari akun Anda.

Jika tidak ada banyak komentar di postingan Anda, coba ajukan pertanyaan di postingan selanjutnya. Atau bisa juga meminta pendapat follower. Tidak harus mengenai akun atau konten Anda, bisa juga mengenai hal-hal yang sedang viral, topik-topik ringan yang lucu, dll.

Apa saja yang bisa membuat percakapan jadi hidup di feed dan story akan mendorong kemajuan akun Anda.

Anda harus menyisihkan waktu khusus untuk hal ini, karena efeknya akan berlangsung dalam waktu yang lama. faktanya, Instagram memberikan privilege pada postingan yang banyak disukai, dengan engagement tinggi dan mendapat banyak komentar.

Instagram juga akan mengganti kronologi feed dengan algoritma yang memberikan prioritas pada postingan dengan engagement tinggi. Artinya lebih banyak like dan komentar yang Anda dapatkan, lebih sering pula postingan Anda dilihat pengguna Instagram.

Artinya lagi, semakin aktif Anda membalas komentar dan mengajukan pertanyaan pada follower, semakin besar juga kemungkinan postingan Anda dilihat oleh user yang tepat.

Step 4: Tinggalkan Komentar Di Akun Orang Lain

Cara cepat lainnya untuk membuat merek Anda terkenal adalah dengan meninggalkan komentar di akun orang lain. Temukan akun yang potensial di lingkup usaha Anda.

Bisa juga orang dengan minat yang sama dengan produk yang Anda tawarkan. Lalu komentari postingan mereka. Untuk hasil yang lebih baik, tinggalkan tiga komentar pada tiga akun berbeda setiap hari.

Usahakan meninggalkan komentar yang lebih berbobot daripada kalimat “fotonya keren!” atau komentar berupa emoticon. Beri komentar yang edukatif, membangun keterikatan dan memiliki nilai lebih.

Kedengarannya memang buang-buang waktu. Belum tentu juga komentar kita dibalas atau disukai oleh si empunya akun. Tapi percayalah, usaha kecil ini akan sangat membantu.

Terutama untuk membuat nama atau merek Anda lebih terkenal. Lalu tentu saja lebih banyak lagi menggaet follower.

Step 5: Memposting Di Waktu-waktu Optimal Setiap Hari

Untuk mengembangkan akun Instagram Anda, postinglah konten 1- kali sehari. Bukan hanya itu, postinglah konten di waktu-waktu yang tepat.

Mengunggah postingan di malam hari akan membuat konten terlihat oleh lebih banyak orang. Instagram juga memiliki algoritma yang dapat membatasi kesempatan konten Anda untuk terlihat oleh orang lain.

Memahami algoritma ini sangat penting, untuk memastikan postingan Anda terlihat oleh lebih banyak orang dan lebih tepat sasaran.

Lalu, kapan saja waktu-waktu optimal untuk menge-post konten di Instagram? Sebenarnya hal ini tergantung pada kebiasaan audiens. Namun berdasarkan statistik, seringnya waktu optimal ada di jam-jam berikut:

Jam berapa saja di hari Senin hingga Kamis kecuali pukul 3 hingga 4 sore.Kamis, Jumat dan Rabu adalah hari-hari paling sibuk di Instagram.

Pukul 6 pagi hingga 12 siang adalah saat-saat senggang di Instagram. Artinya tidak banyak persaingan di jam-jam ini.

Sekali lagi, cara terbaik untuk menentukan waktu yang paling cocok untuk mengunggah postingan adalah dengan melakukan percobaan sendiri.

Cobalah memposting konten pada jam-jam tertentu dan kapan audiens Anda merespon paling banyak.

Perlu diketahui bahwa memposting konten di jam-jam senggang Instagram lebih menguntungkan. Karena tidak banyak kegiatan di platform sehingga postingan Anda tidak akan tenggelam.

Namun sekali lagi, lakukan riset sendiri terhadap perilaku audiens Anda. karena hal ini unik dan tidak bisa disamakan dengan audiens orang lain.

Cara melakukan riset ini juga mudah, sederhana saja.

Siapkan tabel untuk mencatat waktu dan hari memposting, serta berapa like, comment dan share yang didapat tiap postingan.

Bandingkan dan lihat hasil perhitungannya. Anda bisa menggunakan grafik jika perlu, agar lebih mudah membaca trend-nya.

Setelah mendapatkan waktu dan pola yang menghasilkan paling banyak LCS (like, comment, share), Anda tinggal melanjutkan saja.

Lakukan postingan di jam dan hari yang paling optimal secara konsisten. Sesuaikan dengan pola yang Anda dapat dari riset tersebut.

Di akhir bulan, lakukan evaluasi. Lihat hari apa dan jam berapa postingan Anda paling banyak mendapatkan reaksi dari audiens. Anda juga bisa melihat jenis postingan apa yang paling disukai. Dan jangan lupa, tetap konsisten.

Step 6: Gunakan Hastag Sesuai Angka Ajaib

Anda ingin tahu angka berapa yang disebut ‘angka ajaib’ pada hastag? Jawabannya adalah 11.

Tidak ada aturan berapa hastag yang harus digunakan pada tiap postingan Anda. Namun sejumlah studi menemukan bahwa rata-rata postingan dengan 3 hingga 20 hastag mendapat respon lebih banyak.dan mayoritas studi menyebutkan 11 hastag adalah jumlah yang paling optimal.

Seperti yang disebutkan oleh TrackMaven, “Postingan Instagram yang mendapatkan interaksi paling tinggi menggunakan 11 hastag atau lebih.”

Hastag membantu Anda agar mudah ditemukan oleh user Instagram. Jadi jumlah 11 hastag adalah yang paling cocok. Tidak terlalu sedikit hingga gambar Anda mudah tenggelam, tapi juga tidak terlalu banyak hingga terkesan berlebihan.

Cara paling baik untuk menyematkan hastag adalah di kolom komentar. Dengan begitu hastag tidak akan membuat Anda harus memotong jumlah kata untuk caption gambar. Selain itu feed akan terlihat lebih ‘bersih’.

Untuk menggunakan strategi ini secara efektif, segera posting hashtag Anda setelah gambar atau video terunggah. Hal ini untuk memastikan hastag Anda terdaftar dan mudah dicari di platform Instagram.

Jangan lupa, memilih hastag yang tepat juga sangat penting. Gunakan hastag yang viral dan secara spesifik menunjukkan hari atau waktu pengunggahan konten.

Misalnya #SeninSemangat (lebih dari 117K postingan) atau #Malamminggu yang memiliki lebih dari 563K postingan. Keduanya mencakup banyak tema dan engagement-nya cukup tinggi.

Anda juga bisa bereksperimen dengan menggunakan hastag yang berbeda. Tujuannya tentu untuk melihat mana yang lebih relevan dengan audiens Anda. Untuk menggunakan trik ini, Anda bisa memadukan hastag yang spesifik menunjukkan ruang lingkup usaha Anda dengan hastag umum.

Instagram juga sering memberikan saran hastag yang sesuai dengan lingkup usaha Anda. menggunakan hastag yang disarankan Instagram ini juga bagus dan bisa mendorong akun Anda agar lebih mudah terlihat.

Step 7: Tulis Caption Yang Unik Dan Menarik

Di Instagram, gambar dan video sangat penting, tapi caption juga tidak kalah penting. Riset membuktikan bahwa caption singkat namun unik yang gampang dimengerti dapat menambah ketertarikan audiens pada postingan Instagram Anda.

Meletakkan informasi pada caption dengan bentuk bullet list atau bahkan ringkasan dari artikel di blog juga memungkinkan. Bahkan ternyata cukup berefek positif.

Walau menyusun caption menarik juga terlihat memakan waktu lama dan sulit, tapi hasilnya sangat signifikan pada postingan dan akun Anda.

Cukup luangkan sedikit waktu untuk memikirkan bagaimana cara Anda membagikan hal menarik dan bermanfaat kepada audiens. Lakukan riset dan amati bagaimana akun-akun yang menarik dan inspiratif melakukannya.

Sebagai permulaan, coba perhatikan akun saingan Anda. lihat apa jenis caption yang berhasil menarik banyak reaksi di feed mereka. Manfaatkan inspirasi ini dan buatlah caption versi Anda sendiri yang lebih menarik dari milik mereka.

Seiring waktu, membuat caption yang bermanfaat dan menghibur. Namun di awal-awal memang memerlukan trial and error.

Step 8: Promosi Silang

Cara lain untuk meningkatkan follower adalah dengan menyambungkan akun-akun media sosial Anda. atau bisa juga dengan melakukan promosi silang antara platform media sosial Anda.

Jadi, jika Anda memposting suatu konten di Instagram, lakukan juga hal yang sama di platform medsos Anda yang lain. Sehingga audiens Anda di sana bisa melihat isi postingan Instagram Anda.

Seringnya jika Anda melakukan ini, audiens yang juga memiliki Instagram akan mencari akun Anda untuk di-follow. Teknik ini seperti iklan gratis bagi akun Instagram Anda.

Semakin banyak dan semakin sering Anda melakukan sharing postingan Instagram di platform medsos Anda yang lain, semakin banyak follower Instagram Anda.

Strategi lainnya adalah dengan mengirimkan email yang mencantumkan link profil Instagram Anda. Anda bisa saja mengirimkan email undangan kepada audiens Anda di blog.

Beri tahu mereka bahwa sekarang Anda memiliki akun Instagram dan ajak mereka untuk menjadi follower Anda. Anda juga bisa menarik atensi pengguna Instagram dengan melakukan semacam giveaway atau kuis. Jangan lupa cantumkan syarat untuk melakukan follow pada akun Anda pada mereka yang ingin ikut kuisnya.

Jadwal Manajemen Akun Instagram Agar Anda Meraih Lebih Banyak Follower Lagi

Setelah mempelajari semua langkah untuk menarik follower, berikut adalah jadwal harian manajemen akun Instagram bagi Anda. jika Anda mengikuti jadwal ini secara konsisten setiap hari, jalan untuk mendapatkan 25.000 follower akan lebih terbuka lebar.

Berikut adalah jadwal yang harus diikuti:

Memposting 1-2 gambar yang cantik di feed Instagram Anda per hari.

Tulis caption singkat yang menarik dan bermanfaat untuk gambar tersebut

Pastikan setiap gambar memiliki 11 hastag yang relevan dan ditulis di kolom komentar pertama.

Habiskan waktu 10 hingga 20 menit untuk merespon semua pertanyaan dan komentar yang ditinggalkan audiens di feed Anda.

Tinggalkan 3 komentar berbobot di akun Instagram lainnya, yang sesuai dengan bidang usaha dan jaringan Anda.

Setiap hari follow paling tidak 5 akun baru di dalam lingkaran usaha dan jejaring Anda.\

Cobalah melakukan pengunggahan postingan di beberapa waktu berbeda. Lihat mana yang paling banyak mendapat reaksi dan konsistenlah untuk mengunggah konten di waktu tersebut.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas setiap hari secara konsisten, Anda akan mendapat hasil nyata dalam waktu tidak terlalu lama.

Kesimpulan

Instagram adalah salah satu platform sosial media yang paling cepat pertumbuhannya di dunia. dengan memiliki akun di sana Anda juga akan mempercepat pertumbuhan popularitas produk dan laba.

Untuk mendapatkan follower yang banyak di Instagram (follower yang merupakan akun nyata tentunya, bukan akun palsu atau bot), ada langkah-langkahnya.

Setiap langkah harus dilakukan secara rutin. Semakin konsisten Anda, semakin cepat penambahan follower Anda. plus semakin kuat pula loyalitas dan engagement follower Anda.

Berbagi konten dan postingan di Instagram juga memerlukan penampilan gambar dan video yang menarik dan berkualitas tinggi. Bukan hanya indah dan artistik tapi juga memiliki nilai tambah.

Nah, nilai tambah tersebut bisa didapat dari caption yang berkualitas pula. Caption yang menarik perhatian di Instagram adalah yang singkat, unik, informatif.

Anda juga tidak boleh pelit berkomentar, membalas komentar audiens di postingan Anda, serta membuat caption yang komunikatif. Misalnya dengan memberikan pertanyaan yang memancing komentar audiens.

Luangkan waktu untuk memberi komentar di postingan orang lain. Juga untuk membalas komentar para follower. Hal ini akan meningkatkan loyalitas serta menyebarkan citra merek dan usaha yang lebih kuat.

Instagram juga platform yang tepat untuk memberikan informasi dan saran. Anda memang tidak bisa mencantumkan tautan yang bisa langsung di-klik di postingan Instagram. Tapi Anda bisa membangun citra positif yang kuat di sana.

Juga membangun hubungan yang loyal dan kuat dengan audiens dan follower Anda. jauh lebih kuat daripada hubungan dengan audiens di website, landing page maupun blog Anda.

Semakin banyak orang yang menggunakan Instagram untuk mencari produk dan layanan yang sesuai bagi mereka. Transaksi jual beli melalui Instagram jauh lebih akrab dan mengena di hati konsumen daripada bertransaksi di marketplace maupun website.

Jadi, pastikan Anda juga bisa membangun citra produk dan layanan kuat di sana. serta tidak lupa melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah follower.

Dengan konsistensi dan rutinitas selama tiga bulan saja, akun Anda dapat meraih 25.000 follower, bahkan lebih. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah membangun akun dan mengembangkan usaha Anda di

Instagram dan rasakan keuntungannya.