10 Tips Jitu Cara Mendapatkan Konsumen (Terbukti)

Home - Tips Bisnis - 10 Tips Jitu Cara Mendapatkan Konsumen (Terbukti)

10 Tips Cara Mendapatkan Konsumen

Bagi usaha yang baru berdiri, masalah utama yang paling sering ditemui adalah sulitnya mendapatkan konsumen baru. Rata-rata setelah usaha buka, mereka bingung dengan cara mendapatkan konsumen. Salah satunya penyebabnya, pengusaha baru umumnya belum memiliki pengalaman, jejaring dan akses informasi yang cukup.

Padahal faktanya, untuk usaha yang baru berdiri, mendapatkan konsumen adalah prioritas utama dan paling penting. Tentu anda dapat dengan mudah mencari cara penjualan yang umum, namun ternyata, cara menggaet konsumen ini lebih kepada seni persuasif ketimbang teknis. 

Intinya sih, sebagai pengusaha baru, anda harus super kreatif, tidak mudah menyerah dan tidak gampak kapok mencoba berbagai cara mendapatkan konsumen.

Namun yang juga harus diingat, bereksperimen dengan berbagai cara kreatif untuk menarik perhatian calon konsumen adalah hal yang bagus, namun pada akhirnya ada dua faktor yang akan sangat  berperan, yaitu uang dan waktu

Karena setiap cara maupun strategi baru akan selalu membutuhkan waktu dan uang yang tidak sedikit, baik dalam proses merancangnya maupun melaksanakannya. Namun jika Anda saat ini mencari cara yang efektif dan relatif mudah untuk menggaet konsumen, lanjutkan membaca, karena membaca artikel ini mungkin adalah hal yang Anda butuhkan.

Kali ini saya akan membagikan kepada anda 10 tips jitu untuk mendapatkan konsumen pertama Anda, Gratis.

Cara-cara dibawah ini bukan hanya untuk menggaet konsumen baru, namun juga didesain untuk membangun kesesuaian yang selaras, antara bisnis yang Anda jalankan dengan tipe konsumen yang ingin Anda dapatkan.

Jujur saja, salah satu bagian yang paling menantang bagi setiap bisnis di industri manapun adalah mendapatkan konsumen yang tepat. Walau ada ribuan bahkan jutaan calon konsumen potensial di luar sana, namun tidak semua konsumen sesuai untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang usaha anda.  

Anda mungkin dapat meraih 1,000 konsumen, namun jika mereka bukan konsumen ideal dan mungkin tidak cocok dengan gaya atau karakter perusahaan Anda, keterikatan mereka terhadap produk atau brand Anda akan sangat minim.

Namun sebaliknya jika Anda berhasil mendapatkan konsumen yang memiliki keterikatan kuat dengan produk dan brand Anda, mereka akan menjadi pelanggan setia. Bukan hanya itu, mereka juga akan rela mempromosikan produk Anda secara cuma-cuma. 

Konsumen ideal bagi setiap bisnis bukan sekadar konsumen yang ‘asal’ membeli produk Anda. Mereka jauh, jauh lebih berharga. Itu kenapa sangat penting untuk mempertahankan mereka. Ini adalah salah satu hal yang harus anda tanamkan saat merencanakan strategi bisnis jangka panjang.

Jadi, jika Anda sudah siap meraih 100 pelanggan baru untuk perusahaan Anda hanya dalam beberapa minggu atau bulan saja, pelajari dan pahami 10 cara jitu untuk mendapatkan konsumen di bawah ini.

Kembangkan Jaringan

Saya yakin anda sudah sering mendengarnya: network network network!

Karena memang nyatanya, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan konsumen baru adalah dengan mengembangkan jaringan anda. Termasuk didalamnya adalah jaringan di kalangan keluarga maupun pertemanan. Namun yang lebih utama adalah membangun jaringan yang sesuai dengan ruang lingkup bisnis Anda.

Promosikan produk atau jasa anda di kalangan keluarga dan teman, beritahu mereka semua tentang usaha baru Anda. Berikan mereka penawaran terbaik, namun minta juga mereka untuk mengabari anda jika ada orang yang mencari produk atau jasa Anda.

Anda juga bisa meminta dukungan teman dan keluarga di sosial media. Minta mereka untuk memberikan like, berkomentar serta menyebarkan postingan promosi Anda. Atau dengan menyukai fanpage Anda, akun di marketplace, berlangganan kanal YouTube Anda, dll. Hal ini akan menaikkan rating postingan Anda serta membuatnya lebih banyak terlihat di laman orang lain.

Di kalangan kolega bisnis dan rekan kerja Anda, promosi dapat dilakukan dengan mengirimkan surel atau langsung menelpon mereka. Biasanya cara ini lebih efektif. Walau terkesan ‘tembak langsung’, tapi jangan secara terbuka mempromosikan bulat-bulat produk Anda. Fokuslah pada menambang informasi dan kesempatan yang lebih luas.

Jika Anda meminta bantuan kepada para rekanan Anda, mereka akan berusaha menghubungkan Anda dengan pelanggan mereka. Ungkapkan bahwa Anda sangat menghargai bantuan mereka, saran dan dukungan mereka.

Tunjukkan bahwa Anda ingin belajar dan mengharapkan bantuan dari mereka. Lihat, akan ada respon positif yang Anda dapatkan. Berikut adalah contoh email yang bisa Anda gunakan untuk menggaet konsumen dari ruang lingkup pertemanan.

“Selamat siang, Pak… (sebutkan nama) Apa kabar? Semoga Anda baik-baik saja. Begini, saya sedang membuka usaha baru/sedang berusaha mempromosikan usaha baru, (tuliskan nama usaha Anda). Saya tahu Anda orang yang hebat di bidang (jelaskan kualitas yang dimilikinya, yang Anda harapkan bisa membantu Anda), dan saya ingin sekali berkonsultasi dengan Anda.

Apa saya bisa berdiskusi dengan Anda dalam beberapa hal? Saya ingin sekali belajar lebih dalam tentang (tuliskan jenis keahlian yang Anda inginkan). Saya akan sangat berterima kasih dan sangat menghargai saran–saran dari Anda. Terima kasih banyak sebelumnya.”

Tidak Memiliki Riset Pasar Sendiri? Gunakan Sosial Media

Salah satu hal yang paling sering menghantui bisnis yang sedang dirintis adalah tidak memiliki data atau cara melakukan riset dengan mudah.

Tidak seperti usaha yang sudah mapan, usaha baru yang sedang merintis harus menemukan cara sendiri untuk meraih konsumen tanpa riset dan statistik. Berita baiknya, ada platform media sosial yang memiliki segudang informasi dan riset.

Faktanya, menggunakan media sosial adalah cara yang fantastis untuk melakukan riset pasar. Hanya bermodalkan jari saja.

Banyak perusahaan startup dan bisnis yang baru dirintis menemukan kesuksesan mereka melalui media sosial. Dengan mencermati perilaku calon konsumen melalui status dan postingan mereka. Cara ini adalah metode yang paling efektif untuk menemukan konsumen baru.

Berikut adalah cara untuk melakukan riset pasar menggunakan media sosial.

  • Kunjungi akun-akun pendahulu Anda di lingkup usaha yang sama. Pesaing Anda.  Akun perusahaan yang produknya merupakan produk komplementer bagi produk Anda. Lihat dan cermati komentar para konsumen mereka di postingan produknya. Tarik kesimpulan dan temukan situasi yang terjadi melalui percakapan mereka. 

Apakah ada masalah yang kerap dikeluhkan oleh konsumen? Apa ada saran dan masukan dari konsumen yang juga cocok diaplikasikan ke produk Anda? Apakah konsumen mereka mencari suatu jenis produk yang tidak bisa diwujudkan pesaing? Siapa tahu perusahaan Anda bisa mewujudkannya.

  • Responlah secara langsung melalui media sosial calon konsumen saat mereka mengeluhkan suatu masalah atau kesulitan. Tunjukkan bahwa produk atau layanan dari perusahaan Anda dapat membantu mereka memecahkan masalah itu. 

Untuk menemukan postingan yang cocok dengan kriteria produk Anda (atau yang berkaitan dengannya), gunakan hastag yang umum dipakai di lingkup usaha Anda.

  • Tapi ingat, selalu respon secara langsung di postingan pribadi mereka, atau melalui direct message. Jangan merespon dengan meninggalkan komentar di postingan perusahaan lain, karena tindakan ini hanya akan membuat image perusahaan Anda jadi jelek. Dianggap tidak sopan, misalnya.
  • Cari bahasan yang sedang viral di sosial media dalam ruang lingkup usaha Anda. bergabunglah dalam pembicaraan, berikan komentar dan tanggapi komentar orang lain. Biarkan nama perusahaan dan produk Anda terlihat dan bahkan disebutkan di sana agar orang mengenal perusahaan Anda.
  • Gunakan media sosial untuk menjangkau mereka yang sudah menjadi konsumen Anda. Minta mereka memberikan tanggapan, feedback, saran dan komentar. Usahakan ada engagement dengan mereka. 

Buat mereka merasa bahwa opini mereka berarti bagi usaha Anda. gunakan saran dari mereka untuk meningkatkan kualitas produk juga mutu layanan dan pemasaran Anda.

Ada banyak sekali cara untuk melakukan riset di media sosial. Seperti juga ada informasi yang berlimpah di luar sana, yang bisa Anda akses untuk mendapatkan pelanggan.

Gunakan Situs-situs Tertentu Seperti Quora

Situs keren lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah Quora. Situs ini adalah cara yang mudah dan bagus sekali untuk mendapatkan informasi dan mengarah kepada riset pasar. Termasuk juga cara ampuh untuk memperkenalkan produk Anda.

Bagi Anda yang belum familiar dengan Quora, situs ini adalah sebuah platform dimana penggunanya dapat memposting pertanyaan dan menerima jawaban. Sedikit banyak mirip dengan Yahoo Answer tapi dengan suasana yang lebih edukatif.

Mayoritas pengguna Quora adalah mereka yang lulus dari universitas. Para sarjana, profesional dan para praktisi. Quora memiliki cakupan topik yang sangat luas. Memberikan Anda kesempatan untuk melihat sisi lain dari pemikiran dan perasaan orang terhadap bidang usaha Anda.

Dengan menemukan pertanyaan yang relevan dan menjawabnya, Anda juga bisa mulai menancapkan citra sebagai pemimpin pasar. Jika Anda bisa eksis di situs Quora atau semacamnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru.

Teknik ini benar-benar bagus terutama jika Anda memiliki usaha perangkat lunak. Atau bekerja di bidang teknologi dan keuangan. Karena ada banyak sekali pertanyaan di Quora yang cocok dengan kategori ini.

Menyusun Tools Survey Untuk Pengembangan Konsumen

Platform seperti SurveyMonkey dan Qualaroo adalah tools yang bagus untuk memahami konsumen dan audiens. Tapi juga sangat membantu untuk menemukan konsumen baru. Ini yang harus Anda lakukan:

Gunakan platform seperti Qualaroo untuk mengajukan pertanyaan yang cerdas dan memancing pada form survey Anda. Misalnya Anda seorang penjual alat olahraga secara online. Kepada mereka yang mengunjungi situs Anda, ajukan pertanyaan seperti “Apakah Anda melakukan olahraga secara teratur?”

Tergantung pada respon pengunjung Anda, arahkan mereka untuk mendaftar agar Anda mendapatkan alamat surel mereka. Misalnya jika mereka menjawab “Tidak” arahkan mereka ke sebuah landing page. Dimana sebagai imbalannya mereka bisa mendapatkan contoh jadwal olahraga dan tip-tip penting seputar olahraga.

Dengan mengadopsi metode ini, Anda dapat mulai menargetkan konsumen yang paling sesuai dengan jenis usaha dan produk Anda. Juga dapat menjangkau mereka yang sebenarnya membutuhkan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Pada dasarnya, setiap surel yang Anda dapatkan melalui teknik ini bisa menjadi sasaran utama program pemasaran Anda.

Menyusun Daftar Surel Dengan Insentif

Cara ampuh lainnya untuk mendapatkan konsumen adalah melalui daftar surel. Walaupun dianggap sudah kuno, nyatanya email marketing alias pemasaran melalui surel tidak pernah mati. Faktanya, cara ini sangat efektif.

Untuk mulai membangun daftar surel (email list), Anda harus menggunakan cara yang tepat. Menawarkan sesuatu yang gratis sebagai imbalan, seperti e-book, template atau suatu ulasan mendalam tentang sebuah topik adalah yang paling efektif. Orang akan dengan senang hati mendaftarkan alamat surel mereka untuk hal-hal tersebut.

Begitu ada yang berlangganan, Anda harus memberikan nilai tambah yang pantas secara konsisten. Sehingga mereka tetap merasa terikat pada produk dan merek yang Anda bangun. Serta tetap menantikan penawaran terbaru dari Anda.

Aturan umumnya adalah dengan memberikan sebanyak mungkin nilai tambah pada beberapa surel awal agar calon konsumen tertarik. Setelah Anda membanjiri mereka dengan bonus pada satu hingga tiga surel pertama, Anda mulai bisa mempromosikan produk dan layanan perusahaan Anda.

Pelan-pelan saja supaya tidak terkesan ‘jualan banget’. Itu yang paling penting untuk diingat. Daripada mempromosikan langsung dagangan Anda, lebih baik jadikan mereka sebagai ‘hadiah tambahan eksklusif’ atau ‘penawaran terbatas’ yang hanya akan didapatkan oleh para subscriber saja.

Berikut adalah contoh bagaimana mengatur aliran surel pemasaran Anda.

Langkah 1: 

Edukasi audiens Anda, berikan penawaran yang umum didapat di dalam ruang lingkup usaha Anda. Misalnya produk Anda adalah kelas parenting online. Tawarkan e-book dengan tema-tema umum seperti ‘Mengendalikan Penggunaan Gawai Pada Anak’, dll. Biasanya butuh hingga tiga surel untuk mengeksekusi langkah ini dengan sukses.

Langkah 2: 

Sekarang, saat Anda telah mendapat kepercayaan mereka, mulailah menjelaskan tentang deskripsi produk dan layanan dari perusahaan Anda. Jelaskan pada para pembaca surel Anda mengapa Anda menawarkan produk dan layanan ini. Ajukan pertanyaan-pertanyaan umum mengenai masalah atau kekhawatiran yang kerap dialami calon konsumen.

Misalnya, “Mendidik anak di zaman digital tidaklah mudah. Kita tentu ingin anak-anak menjadi pribadi yang mandiri, kuat dalam menghadapi tantangan, serta kreatif, bukan? Bagaimana cara membentuk karakter-karakter tersebut? Blablabla.”

Biasanya dibutuhkan hingga dua surel untuk mengeksekusi langkah ini.

Langkah 3: 

Luncurkan produk dan layanan perusahaan Anda dan biarkan pembaca Anda tahu apa yang Anda tawarkan. Hubungkan mereka pada laman penjualan di situs Anda tapi jangan paksa mereka untuk membeli.

Langkah 4: 

Mulailah mengedukasi para audiens lagi. Kuatkan pengetahuan produk dan tetap berikan bonus atau nilai tambah. Anda bisa juga memberikan ulasan produk atau testimoni dari pembeli Anda yang lain.

Langkah 5: 

Ini langkah penjualan yang lumayan sulit, dimana Anda harus merayu pembaca untuk mengambil tindakan saat itu juga dan membeli produk anda. berikan batas waktu penawaran dan bangun suasana eksklusif selama penawaran.

Bentuk dasar ini tentu saja, harus disesuaikan dengan bentuk usaha Anda. tapi langkah-langkah ini sangat berguna bagi Anda yang sedang membuat aliran kerja dengan daftar surel.

Menumpang Pada Merek Orang Lain

Salah satu cara paling mudah dan paling efektif untuk mendapatkan konsumen adalah dengan menggunakan kekuatan merek yang sudah lebih dulu eksis. Termasuk merek pesaing Anda.

Tawarkan pada mereka semacam kerja sama. Misalnya berkolaborasi dalam suatu event, saling bertukar informasi dan sumber daya, dll. Bentuknya bisa macam-macam. Wawancara di kanal podcast mereka atau Anda menulis artikel untuk blog dan publikasi mereka. Atau bisa juga menggandeng mereka dalam suatu acara offline, dimana mereka bisa mendapatkan hak promosi, dll.

Misalnya jika Anda ingin mendapatkan kesempatan publikasi luas di Kompas atau IDN Times, cari contributor mereka dan tawarkan kerja sama. Agar mereka bisa mempublikasikan postingan mengenai produk Anda. Disematkan dalam sebuah artikel, misalnya. Atau menempatkan Anda sebagai narasumber dalam artikel yang temanya sesuai dengan layanan perusahaan Anda.

Jika Anda sudah mendapatkan cara untuk bekerja sama dengan merek yang telah eksis lebih dulu, Anda akan terciprat popularitas mereka juga. Termasuk kepercayaan konsumen, publikasi yang lebih luas dan privilege lain yang mereka miliki.

Cara lainnya adalah dengan menjadi corong publikasi merek-merek yang lebih dulu terkenal. Istilah untuk merek-merek ini adalah Kickstarter. Mereka telah memiliki pelanggan setia, dan jika Anda bekerja sama dengan Kickstarter, Anda juga akan mendapatkan dukungan dari pelanggannya. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan antara Anda dan calon konsumen.

Misalnya Anda dengan produk kelas parenting online tadi. Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan lain yang sedang mempromosikan varian atau keunggulan baru produknya. Anggap saja sebuah merek cat terkenal yang sedang mengembangkan teknologi cat bebas racun dan mudah dibersihkan serta aman bagi bayi dan anak-anak.

Dalam satu sesi kelas gratis bagi para subscriber, Anda dapat sekaligus menjadi corong promosi produk cat tersebut. Dengan mengedepankan keunggulan cat yang aman dipakai dan mudah dibersihkan. 

Sehingga orang tua dapat membebaskan imajinasi dan kreativitas anaknya tertuang di dinding rumah, melakukan family project bersama, dll. Anda dan produsen cat juga bisa mengadakan challenge bersama bagi para subscriber.

Menjadi Kontributor Pada Blog Orang Lain

Menjadi kontributor tamu pada blog orang lain juga merupakan cara efektif untuk menjangkau calon konsumen. Sekaligus memperluas ekspansi usaha Anda. Temukan blog aktif yang temanya sesuai dengan jenis usaha Anda dan tawarkan kemungkinan Anda dapat mengisi artikel di situs mereka.

Hal penting yang harus diingat adalah pilih blog atau situs yang memiliki pengikut aktif di media sosial. Para pengikut yang kuat dan loyal. Jangan memilih blog atau situs yang hits dan pengikutnya lebih sedikit dari milik Anda. Karena ya sama saja, tidak akan ada perkembangan dan penambahan konsumen kalau begitu.

Manfaat lainnya dengan menjadi kontributor tamu adalah mendapatkan backlink. Hal ini akan mengoptimalkan SEO Anda, yang artinya mempermudah calon konsumen menemukan Anda di jagad maya.

Saat menentukan topik untuk ditulis, pikirkan tentang konsumen ideal Anda. Informasi apa yang paling mereka inginkan, paling memberikan mereka nilai lebih. Pastikan untuk menunjukkan pengetahuan Anda dan tawarkan saran yang berbeda. Lebih detail dan lebih mengena daripada yang sudah ada.

Menjadi kontributor tamu adalah cara yang tepat untuk menjangkau konsumen Anda, tapi langkah ini membutuhkan lebih banyak waktu. Menurut Leo Wodrich, co-founder Buffer, membutuhkan sekitar 150 postingan dalam waktu 9 bulan agar hasil yang dicapai memuaskan.

Namun, cara ini dapat menghasilkan uang yang cukup lumayan dan membantu produk serta layanan perusahaan Anda terekspos lebih luas, lebih detail dan menjangkau lebih banyak konsumen lagi.

Optimalkan SEO Anda

Trafik SEO sudah lama diakui sebagai salah satu cara paling efektif dan paling baik dalam menjangkau konsumen baru. Namun masalahnya, mencapai ranking SEO yang optimal kian sulit dari hari ke hari. Terutama dalam bidang industri yang memiliki persaingan tinggi.

Hal ini khususnya jika Anda berkecimpung di bidang pemasaran atau teknologi yang memiliki banyak pemain yang bagus dan berpengalaman. Dan tentu saja beberapa di antara mereka mendominasi pasar.

Berita baiknya, ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan untuk mendorong naiknya peringkat Anda. Anda dapat membaca lebih detail tentang SEO di sini, tapi di bawah ini juga kami berikan beberapa saran yang simple namun efektif untuk membantu Anda memulai.

  • Fokuslah pada kata kunci yang agak panjang tapi tidak banyak digunakan orang.
  • Buat blog untuk meningkatkan SEO, pastikan untuk memasukkan kata kunci Anda pada postingan blog tersebut.
  • Tulislah artikel yang cukup panjang karena sudah terbukti dapat lebih baik mendongkrak SEO dan lebih mengena dengan algoritma Google.
  • Unduh plugin gratis seperti YoastSEO untuk membantu Anda me-manage SEO pada situs WordPress Anda.
  • Temukan cara agar orang mau menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda. Caranya dengan mengunggah video dan tools interaktif lainnya.
  • Memasukkan keywords pada artikel penjualan Anda.

Kirimkan Pesan Dan Telepon Calon Konsumen Anda

Salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan konsumen baru adalah dengan mengirimi mereka surel. Terkadang hal ini menyebalkan bagi penerima, tapi sudah terbukti keberhasilannya.

Jika Anda sulit mengumpulkan alamat surel, beralihlah ke media sosial. Saat ini Anda dapat mengirimkan banyak pesan pribadi pada akun media sosial manapun, dari LinkedIn hingga Facebook. 

Cari orang yang kira-kira berkualifikasi seperti konsumen ideal Anda. Kirimkan mereka pesan pribadi yang ramah. Kemungkinan besar 9 dari 10 pesan yang Anda kirimkan tidak akan mendapatkan respon. Tapi siapa tahu Anda beruntung dengan sisa 1 pesan lagi, bukan?

Untuk meningkatkan kesempatan mendapat balasan, kirimkan pesan kepada calon konsumen yang kira-kira tertarik pada produk dan layanan perusahaan Anda. Tawarkan pula nilai tambah atau bonus.

Berikut adalah contoh email yang dikirimkan oleh perusahaan B2B kepada lebih dari 16 konsumen baru. Dengan rata-rata dibuka 57% dan memperoleh rata-rata respon 21%.

Headline: 10x (perusahaan prospek)Dalam 10 Menit

“Halo (nama depan), saya butuh sepuluh menit saja dari anda untuk menerangkan pada Anda tentang cara (nama perusahaan) mendapatkan 100 konsumennya. Saya sudah menggunakan cara ini untuk membantu klien kami (sebutkan namanya) meningkatkan omzet bulanannya hingga tiga kali lipat.

(Nama depan), mari jadwalkan waktu agar kita bisa berbincang lain kali. Hanya 10 menit, saya akan menelepon Anda dan menerangkan cara keren ini kepada Anda. Kapan waktu terbaik Anda? Saya akan menunggu kabar dari Anda.”

Anda bisa saja menggunakan template ini sesuai keperluan perusahaan Anda, tapi ada beberapa hal yang harus Anda cermati:

  • Pastikan subjek surel jelas dan mudah dimengerti
  • Tawarkan hal lain sebagai bonus
  • Gunakan prestasi Anda untuk membangun kredibilitas
  • Gunakan kalimat CTA yang kuat

Gunakan Penawaran Diskon Referral

Diskon referral adalah potongan harga yang akan didapatkan konsumen jika berhasil mengajak teman atau keluarga mereka menggunakan produk atau layanan Anda. Cara ini sangat ampuh dalam menggaet konsumen baru karena, ayolah, siapa sih yang tidak suka diskonan?

Dengan menawarkan diskon referral, Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi konsumen baru. Jika konsumen merasa puas dengan produk dan layanan Anda, mereka tentu akan memberitahukannya pada teman dan keluarga. Apalagi jika ada diskon atau bonusnya, tentu mereka akan lebih bersemangat mempromosikan produk Anda.

Cara paling baik untuk melakukan langkah ini adalah dengan menawarkannya pada semua orang yang mendaftar di situs Anda, atau membeli produk Anda. Teknik ini digunakan oleh banyak perusahaan pemula, termasuk Uber dan Lyft. Hasilnya tentu saja, peningkatan konsumen dan melonjaknya omzet kedua perusahaan ini.

Manfaat tambahannya adalah Anda juga bisa memberikan reward pada pelanggan setia Anda. saat pelanggan merasakan manfaat reward tadi, mereka merasakan perhatian dan rasa terima kasih dari anda. Mereka akan kembali membeli produk Anda. Kembali bertransaksi dan semakin terikat dengan perusahaan Anda.

Kesimpulan

10 Cara jitu di atas akan membantu Anda menumbuhkan dan mendapatkan konsumen baru dalam waktu singkat. Jika Anda menginginkan hasil yang cepat, kami rekomendasikan untuk menggunakan setiap teknik di atas secara bergantian. Lalu pelan-pelan menghilangkan cara yang tidak efektif bagi usaha Anda.

Berikut adalah kesimpulan dari 10 cara jitu untuk mendapatkan konsumen pertama Anda:

  • Jangkau kembali jaringan pertemanan Anda. beritahukan bahwa Anda sedang mengembangkan sebuah usaha. Minta bantuan mereka untuk  mempromosikan produk Anda. Atau bisa juga Anda minta mereka memberi saran terkait usaha baru Anda. beritahu mereka apa yang Anda butuhkan.
  • Gunakan media sosial untuk melakukan riset pasar secara gratis. Juga untuk lebih mengenal pola hidup dan kebiasaan calon konsumen Anda.
  • Gunakan situs seperti Quora untuk memantapkan peran Anda dan menguatkan citra merek Anda.
  • Gunakan tools untuk mengembangkan perolehan konsumen, seperti survey, dll. Hal ini berguna untuk memahami pasar dan calon konsumen Anda.
  • Kumpulkan alamat surel calon pelanggan dengan memberikan bonus tambahan pada mereka. Tawarkan nilai lebih kepada mereka yang sudah berlangganan di situs Anda. Sementara Anda memperkenalkan produk dan layanan perusahaan secara perlahan.
  • Memanfaatkan pengaruh dari merek-merek top yang sudah lebih dulu terkenal. Dengan cara berafiliasi atau berkolaborasi dengan mereka.
  • Anda bisa menjadi kontributor tamu pada blog orang lain atau situs yang mirip untuk memaksimalkan SEO dan menambah kredibilitas Anda.
  • Optimalkan penggunaan SEO Anda
  • Kirimkan pesan kepada para calon pelanggan melalui surel dan platform perpesanan di medsos. Seperti yang ada pada Facebook, Instagram, dll.
  • Tawarkan diskon referral dan promosi lainnya kepada mereka yang sudah menjadi pelanggan Anda. Tujuannya agar mereka bersedia mempromosikan produk Anda kepada lingkaran keluarga dan pertemanan mereka.
Author avatar
Ahmad Chaidir
Ahmad adalah CEO di Crooud. Menyukai SEO, konten yang baik, ramen dan dota 2. Sangat percaya jika siapapun bisa sukses dengan SEO.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *