Skip links

8 Contoh Digital Marketing Agar Bisnis Cepat Melejit

Pemasaran digital merupakan strategi bisnis yang tergolong efisien dan mudah. Berikut contoh digital marketing yang perlu diketahui.

Table of Contents

Digital marketing merupakan salah satu hal yang penting dalam penjualan. Deretan contoh digital marketing bahkan mampu membuat produk dikenal secara luas oleh masyarakat.

Apa saja contoh digital marketing yang kerap digunakan dalam berbisnis? Penjelasan di bawah ini akan mengulas seluk beluk digital marketing mulai pengertian hingga tips sukses.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing merupakan upaya pemasaran barang atau jasa dengan menggunakan teknologi digital seperti misalnya media sosial, email marketing, atau Search Engine Optimisation (SEO). 

Salah satu kelebihan dari digital marketing dibanding dengan iklan melalui pamflet, billboard, radio, atau televisi adalah hasil-hasil yang berbasis data.

Dengan mengerti contoh digital marketing, Anda dapat memantau seberapa sering produk dilihat dan bagaimana minat konsumen terhadap penawaran. Melalui data-data tersebut, pengusaha akan lebih mudah memantau dan mengatur strategi bisnis kedepannya.

Manfaat digital marketing

Sebagai bentuk pemasaran yang lebih modern, ada beberapa kelebihan digital marketing. Apa sajakah itu?

1. Jangkauan lebih luas

Dibandingkan iklan dengan media-media seperti koran, televisi, atau billboard, digital marketing dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. 

Bahkan bisa menjangkau konsumen dari mancanegara terutama ketika menggunakan layanan iklan Google atau Facebook.

2. Mudah dipelajari

Meski terbilang kompleks, tapi digital marketing merupakan ilmu yang cukup mudah dipelajari. Apabila telah memahami konsep dan mampu menentukan strateginya, Anda bisa mempraktikkan sambil melakukan evaluasi.

3. Menjangkau konsumen dari berbagai kelas

Adanya digital marketing memungkinkan perusahaan untuk menjangkau konsumen dari kelas yang berbeda-beda karena perilaku yang dapat dipantau berdasarkan data. 

Dengan adanya data-data seperti jumlah, asal, dan usia audiens, maka pebisnis bisa mengambil keputusan yang tepat untuk membuat iklan produk.

4. Lebih mendekatkan perusahaan dengan pelanggan

Manfaat lain dari penggunaan digital marketing dapat lebih mendekatkan perusahaan dengan konsumen, mengingat semakin banyak orang yang terlibat dalam dunia digital khususnya media sosial. 

Digital marketing memungkinkan konsumen untuk terhubung langsung dengan perusahaan, sehingga mereka bisa memahami produk yang diinginkan. Sementara perusahaan juga lebih leluasa dalam melakukan promosi.

5. Mendukung personalisasi

Keuntungan lain dari digital marketing yaitu adanya personalisasi. Bila data audiens sudah terhubung ke website perusahaan, maka produk bisa ditawarkan sesuai dengan kriteria audiens yang saat itu berkunjung. 

Hal ini akan mempermudah audiens menentukan produk serta memperbesar kemungkinan mereka tertarik untuk membelinya.

6. Biaya yang lebih murah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, digital marketing dapat menjangkau pasar lebih luas serta berbagai kelas konsumen. Kelebihan tersebut tentu tidak bisa didapatkan oleh iklan-iklan konvensional seperti dari televisi, koran, radio, atau billboard

Oleh karena itu, digital marketing bisa menjadi langkah pemasaran yang sangat murah, apalagi jika dilakukan dengan tepat.

7. Cara yang beragam

Kelebihan lain dari digital marketing adalah banyaknya alternatif untuk sampai ke target yaitu konsumen atau audiens. Pemasaran dalam dunia digital bisa dilakukan dengan cara beragam seperti misalnya membuat unggahan di media sosial, blog, podcast, infografis, video, atau dalam bentuk email.

3 Pilar dalam digital marketing

1. User-journey

User-journey merupakan hubungan dengan merek bisnis dalam bentuk interaksi seperti ketertarikan atau keinginan untuk melihat dan menyentuh produk. Interaksi ini nantinya yang akan membentuk emosi dan persepsi.

User-journey tercipta setelah meliputi beberapa tahap. Pertama adalah brand/product awareness atau kesadaran konsumen akan suatu produk. Kedua yaitu pertimbangan, mereka akan memikirkan nilai produk sebelum membuat keputusan membeli.

Selanjutnya pada tahap ketiga, konsumen yang sudah yakin akan membeli produk. Terakhir, mereka yang merasa puas akan berlangganan dan bahkan menyebarluaskannya pada orang lain.  

2. Jalur digital

Jalur digital merupakan pilar kedua dari digital marketing. Ini merupakan perantara atau media yang digunakan oleh pemilik brand untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. 

Jalur digital sangat penting untuk membuat konsumen memahami jenis bisnis serta barang atau jasa yang ditawarkan.

Adapun yang termasuk jalur digital antara lain seperti pencarian organik (misalnya pencarian langsung pada Google), email, tampilan iklan pada situs web, dan sosial.

3. Konten kreatif

Konten kreatif merupakan pilar ketiga dalam digital marketing dan penunjang agar konsumen dapat berinteraksi dengan merek bisnis. Beberapa contohnya adalah video, infografis, teks iklan, banner, serta artikel blog.                                              

Beberapa contoh digital marketing

Ada beberapa contoh digital marketing yang bisa diterapkan sesuai dengan perencanaan bisnis. Berikut daftarnya:

1. Media sosial

Contoh digital marketing pertama ialah media sosial merupakan salah satu alat yang paling banyak dikenal masyarakat. Bisa dilakukan secara langsung dengan membuat berbagai konten tentang produk, atau melalui iklan (ads) yang akan ditampilkan dalam bentuk Facebook ads, Instagram ads, TikTok ads, atau Twitter ads.

2. SEO

Pemanfaatan SEO (Search Engine Optimization) sebagai alat digital marketing sangat cocok untuk para pemilik website. Adapun tujuannya adalah memenangkan peringkat teratas dalam hasil pencarian pada mesin pencari atau search engine (misalnya Google).

Jika bisa memanfaatkan SEO dengan baik, maka saat audiens mengetikkan kata kunci atau keywords yang berhubungan dengan bisnis, website akan menjadi rekomendasi teratas dan meningkatkan kemungkinan audiens untuk membukanya.

3. SEM

Hampir sama dengan iklan media sosial (social media ads), SEM (Search Engine Marketing) merupakan contoh digital marketing dengan memanfaatkan mesin pencari untuk mempromosikan produk.

Tujuan dari contoh digital marketing ini kurang lebih sama dengan SEO, yaitu membuat website direkomendasikan oleh mesin pencari pada daftar pencarian paling atas agar audiens tertarik untuk mengunjungi website.

4. Konten

Pembuatan konten merupakan contoh digital marketing yang bisa digunakan untuk keperluan pemasaran. Buatlah yang sesuai platform misalnya unggahan berupa infografis atau foto di media sosial serta artikel atau video pada website.

Buatlah konten dengan rutin karena konsep algoritma baik media sosial atau Google (bila menggunakan SEO) kurang lebih sama, yaitu semakin banyak dan sering konten dibuat, maka bisnis akan direkomendasikan.  

5. Email

Email yang dulu adalah sarana untuk berkirim surat secara online kini bisa digunakan sebagai alat digital marketing. Mekanismenya adalah mengirimkan pesan komersial ke banyak orang. 

Tujuannya adalah menciptakan kesadaran produk, meningkatkan ketertarikan, serta meningkatkan penjualan.

Selain untuk keperluan bisnis, contoh digital marketing lewat email juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan penggalangan dana atau donasi.

6. E-commerce marketing

Contoh digital marketing ini melibatkan e-commerce platform sebagai tempat promosi. Tujuannya adalah meningkatkan engagement terhadap toko dan diharapkan bisa mendongkrak penjualan produk. 

7. Influencer marketing

Sesuai namanya, contoh digital marketing yang satu ini mengandalkan influencer sebagai agen pemasaran. Apabila produk yang ditawarkan berupa barang, Anda bisa melakukan endorse dengan biaya yang telah disepakati sebelumnya.

Nantinya, para influencer akan menceritakan hal-hal seputar produk disertai penggunaannya. Adapun tujuan digital marketing dengan bantuan influencer adalah memanfaatkan ketenaran dan followers setia mereka untuk melihat penawaran.

8. Contoh digital marketing menggunakan momen

Ada kalanya masyarakat dihebohkan dengan sesuatu yang menarik perhatian dan menjadi viral. Ini bisa dijadikan bahan untuk marketing di dunia digital. 

Ciptakanlah suasana tertentu seperti senang, lucu, atau sedih dalam mengolah momen viral ini menjadi alat promosi. Dengan begitu, akan memengaruhi psikologi konsumen, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk.

Tips sukses menjalankan digital marketing

1. Terbuka pada perubahan

Digital marketing tentu tak terlepas dari teknologi yang terus berkembang dan bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bisnis agar selalu terbuka pada perubahan. 

Dengan terbuka pada perubahan, pemasaran pun bisa dilakukan dengan tool, strategi, serta trik yang lebih baru.    

2. Membuat tujuan dengan konsep SMART dan eksekusi baik

Dalam sebuah proyek atau bisnis, dikenal konsep penentuan tujuan bernama SMART, merupakan singkatan dari Spesifik (spesifik), Measurable (terukur), Attainable (dapat dicapai), Relevant (relevan), dan Time-Bound (terbatas waktu). 

Penentuan tujuan dengan konsep SMART ini adalah untuk memastikan agar pemasaran yang dilakukan memiliki fokus dan kejelasan terhadap tujuan.

Setelah tujuan ditetapkan, maka bisa dilakukan eksekusi. Bertujuan agar nantinya data-data yang ada serta feedback dari konsumen sebagai bahan evaluasi dapat terkumpul dengan baik. 

3. Tentukan target konsumen dan segmentasi pasar

Kesuksesan dari digital marketing adalah ketika pesan dapat menyasar konsumen beserta posisi mereka (dalam hal ini umur, lokasi, kondisi ekonomi, serta perilaku) dengan tepat. 

Oleh karena itu, penting untuk menentukan target konsumen serta segmentasi pasar dan mempelajarinya agar bisnis yang dikembangkan dapat memahami kebutuhan serta menyelesaikan masalah para konsumen.

4. Kembangkan kreativitas

Dalam digital marketing, pengembangan kreativitas dan inovasi menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Melalui berbagai jalur digital seperti yang telah disebutkan di atas, Anda perlu membuat berbagai jenis konten yang bisa menarik minat konsumen.

5. Perbanyak jaringan, trik, dan strategi

Perlu diketahui bahwa sebuah strategi digital marketing bisa saja tidak berjalan mulus sesuai harapan, mengingat betapa kompleksnya perilaku konsumen serta perubahan yang mungkin akan terjadi dengan cepat.

Agar digital marketing bisa sukses, para pebisnis harus selalu menyiapkan ‘rencana B’ dengan memperbanyak jaringan serta memodifikasi trik dan strategi marketing yang digunakan.

Kesimpulan

Contoh digital marketing meliputi SEO, SEM, konten, email, e-commerce, influencer dan viral moment. Apabila dimanfaatkan dengan baik, maka dapat membawa usaha lekas dikenal oleh pasar.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh digital marketing yang meliputi pengertian, manfaat, dan tips sukses menjalankannya. Cobalah untuk menerapkan deretan ulasan  di atas agar bisnis yang dimiliki bisa berjalan dengan baik.

Leave a comment