Skip links

63+ Ide Bisnis Online Terpopuler Minim Modal

Di era digital, manusia tidak lagi dihalangi oleh jarak, termasuk soal berbisnis. Artikel ini akan memberi gambaran tentang ide bisnis online terpopuler dengan modal minim, bahkan ada yang hanya bermodalkan jaringan internet.

Table of Contents

Berbisnis identik kehadiran toko atau kantor fisik. Namun, era digital mengubah konsep tersebut. Kini, konsumen dimudahkan untuk berbelanja tanpa perlu repot keluar rumah. Inilah yang disebut dengan ide bisnis online yang sepenuhnya hanya memanfaatkan internet. 

Walau terdengar mudah, di satu sisi Anda tetap harus jeli dalam melihat peluang karena bagaimanapun, ini adalah bisnis. Online maupun offline, faktor kesuksesan setiap usaha tetap berlaku. 

Di artikel kali ini Crooud mencoba memberikan gambaran ide bisnis online populer, dibagi berdasarkan jenis bisnisnya!

Kategori 1: Dunia hiburan

Sebelum youtube dan video sharing platform lainnya populer. Masyarakat hanya menikmati hiburan dari media televisi dan radio. Namun saat ini, berbagai pilihan channel muncul sebagai wadah untuk menunjukan kreativitas. Perubahan tersebut dapat menjadi peluang sebagai ide bisnis online, berikut beberapa contohnya 

1. Youtuber

Menjadi youtuber saat ini telah menjadi profesi yang menjanjikan. Berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu ketika platform tersebut kurang populer. 

Namun saat ini, seorang yang bekerja sebagai youtuber memperoleh hasil yang fantastis secara finansial. Anda bisa memiliki akun Youtube sendiri dan menjadi CEO yang mengatur segala karya.

2. Streamer

Ide bisnis yang satu ini tidak kalah dengan youtuber, meskipun memang yang dilakukan serupa. Seorang streamer akan melakukan pekerjaannya dengan live di beberapa platform, diantaranya adalah Twitch dan Youtube.

Pendapatannya bisa dari berbagai sisi, mulai saweran atau donasi jika memang mengaktifkan tools, endorsement hingga dari siapa yang melihat dan iklan yang masuk saat live streaming.

3. Pelaku podcast

Podcast saat ini sedang digandrungi oleh beberapa orang di dunia maya. sebut saja Deddy Corbuzier, Raditya Dika, dan beberapa seniman lain. Bisnis ini sangat menjanjikan apalagi jika membahas isu yang sedang panas serta berbobot.

Cara melakukannya juga tidak harus berkolaborasi dengan orang lain, sehingga menghasilkan obrolan dua arah. Namun cukup dengan monolog dan mengeluarkan gagasan sendiri pun bisa menjadikan karya yang baik.

4. Selebgram

Platform besar seperti Instagram bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang uang. Caranya yakni memberikan konten melalui foto atau video dengan caption menarik.

Jika sudah menjaring banyak followers, maka berpeluang mendapatkan endorsement, kolaborasi dengan sesama produk kenamaan hingga dikenal publik.

5. TikTokers

Sama halnya dengan selebgram, saat ini pegiat aplikasi TikTok atau yang sering disebut TikTokers dapat menghasilkan uang. Yang perlu dilakukan pertama kali tentu bagaimana orang-orang dapat melihat dan mengenal akun TikTok Anda.

Setelah itu, bisa bermitra dengan klien untuk membuat project atau bahkan endorsement. Menarik, bukan?

6. Influencer

Menjadi influencer di era sekarang sangatlah menjanjikan. Cukup dengan memiliki keterampilan di depan kamera untuk mengajak followers menggunakan suatu produk, maka bisa mengumpulkan pundi-pundi uang.

Branding diri sendiri sebelum benar-benar terjun menjadi seorang influencer. Karakter yang kuat akan membuat lebih dikenal oleh publik, hingga menjadi bintang papan atas.

7. Pencipta lagu

Proses menciptakan lagu dan memasarkannya sudah jauh berbeda dengan masa lalu. Jika dahulu harus menyewa studio rekaman, bahkan bermitra dengan label, maka saat ini seorang musisi dapat menciptakan sampai mem-publish karya mereka sendiri.

Ini tentu dapat menjadi peluang ide bisnis online yang menjanjikan bagi insan kreatif di bidang musik. Apalagi saat ini juga didukung oleh aplikasi musik, seperti Spotify, Joox, Soundcloud, Langit Musik dan lain sebagainya.

Kategori 2: Dunia penulisan

Menulis bisa menghasilkan uang? ide bisnis yang satu ini bisa dicoba. Cukup dengan keterampilan mengolah kata bisa membawa keuntungan yang besar. 

Ada beberapa ide bisnis dalam dunia penulis yang bisa dicoba, berikut beberapa diantaranya:

8. Content writer

Cakupan sebagai content writer sangat luas. Anda bisa bergabung dengan media online, digital marketing agency atau memiliki kanal sendiri untuk dikelola.

Terkadang, konsep penghasilan sebagai penulis adalah semakin banyak tulisan yang diciptakan, maka fee yang diterima juga besar.

9. Scriptwriter

Setiap karya film seperti  web series, dan media audio visual lainnya selalu membutuhkan seorang penulis untuk merancang alur cerita. Hal ini menjadi peluang sebagai ide bisnis online yang juga minim modal.

Yang perlu dilakukan adalah mulai memperbanyak tulisan dan mengirimkannya pada satu mitra yang memang sedang membutuhkan seorang penulis, lalu ikuti prosesnya. Jika cukup berbakat, maka pekerjaan ini dapat memberikan penghasilan yang besar.

10. Copywriter

Salah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang yang bergelut di dunia copywriter adalah dapat menyusun sekaligus memperindah kata-kata. Mengapa demikian? Karena memang tugas utama copywriter adalah membuat orang tertarik terhadap tulisan yang dibuat.

11. Editor

Bekerja sebagai editor dapat dilakukan di mana saja, termasuk rumah. Ide bisnis ini memang bisa dilakukan secara independen atau bergabung dengan media lain.

Untuk cara mendapatkan keuntungannya dapat dilakukan dengan berbagai macam bentuk. Bisa dari upah tiap artikel yang dikurasi atau menggunakan sistem bagi hasil dari traffic yang didapat.

12. Blogger

Ide bisnis ini telah ada sejak tahun 2010. Dengan menulis di blog milik pribadi serta tema yang beragam akan memberikan keleluasaan bagi seorang blogger. Cara mendapatkan keuntungannya bisa dengan berbagai macam.

Salah satunya adalah jika memang blog yang dikelola telah banyak dikenal, beberapa perusahaan akan menaruh kepercayaan untuk bekerja sama dalam pembuatan konten promosi yang diterbitkan di blog milik pribadi. 

13. Penulis lepas 

Hanya bermodalkan personal komputer bisa memiliki bisnis online dengan menjadi seorang penulis lepas. 

Sistem pembayarannya pun beragam, bisa didapatkan dengan melihat jumlah kata yang ditulis, atau bahkan dari banyaknya artikel yang diselesaikan.

14. Penerjemah

Masih terbilang sedikit orang yang melakukan usaha ini. Itu bisa menjadi peluang bisnis yang bernilai. Pasang iklan di beberapa media sosial agar pengikut mengetahui tentang jasa penerjemah.

Syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang penerjemah selain dapat menulis dengan baik, tentu memiliki keterampilan dalam berbagai macam bahasa asing.

15. Penulis buku

Saat ini buku tidak hanya diproduksi dalam bentuk fisik, tetapi juga ebook atau bahkan diterbitkan pada platform baca buku online

Kemudahan tersebut bisa menjadi ide bisnis online menjanjikan jika Anda memiliki skill dalam menulis cerita, jurnal, biografi hingga komik. Tidak main-main, pembaca bisa mencapai jutaan orang dan dari banyaknya online reader ini bisa menjadi sumber penghasilan. 

16. SEO Konsultan

Salah satu hal yang harus dipenuhi untuk menjadikan tulisan mendapatkan nilai keuntungan besar adalah dengan memperhatikan sistematikanya. Pun dengan penggunaan search engine optimization (SEO) yang bisa dikatakan menjadi hal mutlak.

Maka dari itu, salah satu ide bisnis online yang bisa dilakukan adalah membuka jasa sebagai konsultan SEO. Syaratnya yakni pengalaman di berbagai media tulisan serta memiliki sertifikat spesialis SEO.

17. Penulis teknis

Tugas utama penulis teknis adalah mengubah tulisan yang secara sistematika penulisan terlalu teknis menjadi mudah dicerna. Ini dapat menjadi ide bisnis menggiurkan karena belum banyak yang menekuninya.

Keterampilan dan ketelitian dalam bekerja menjadi tuntutan paling utama jika memang berniat membangun bisnis ini.

Kategori 3: Penjualan non Jasa

Pada kategori ini akan diberikan gambaran terkait beberapa ide bisnis dengan konsep menjual barang yang berbentuk maupun non fisik. 

Bisnis online menjual sesuatu memang bisa dikatakan menjadi tren masa kini. di samping mudah dan menghasilkan, beberapa ide usaha penjualan tidak membutuhkan modal besar, bahkan tanpa modal. berikut beberapa contohnya;

18. Online Shop

Online shop adalah primadonanya bisnis saat ini. Meski memiliki modal minim, tetap bisa menjalankannya yakni dengan menerapkan konsep reseller atau dropshiper.

Prospek dan keuntungannya besar. Apalagi bisa dilakukan secara fleksibel dan kebiasaan orang yang tidak ingin ribet untuk membeli barang. Dengan demikian bisnis online ini sudah pasti menjanjikan.

19. Menjual pulsa

Memang membutuhkan ketelatenan jika ingin membuka bisnis penjualan pulsa online. Perkuat relasi dan informasi untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah, harus memiliki sistem dan cara pembayaran yang baik agar mendapatkan keuntungan dari berjualan pulsa.

20. Jual beli gadget

Menjual barang berharga mahal tidak selalu membutuhkan modal besar. Konsep bermitra dapat memberikan kemudahan untuk melakukan bisnis ini.

Cari salah satu penjual gadget yang memang dapat dipercaya dan tentunya harus dapat meyakinkan bahwa akan melakukan pekerjaan menjual gadget dengan baik.

21. Reseller gadget

Menjadi reseller merupakan ide bisnis menarik. Daftarkan diri kepada perusahaan untuk melakukan kerjasama.

Kemudian pasarkan produk secara online, baik melalui media sosial maupun marketplace. Cara ini dapat menjangkau pasar lebih luas dan memungkinkan berkembang.

22. Jual karya seni

Tidak ada salahnya mencoba menjual karya seni yang dibuat sendiri melalui dunia maya. Beberapa contohnya antara lain lukisan, kerajinan tangan seperti rotan, bambu, dst.

Untuk melakukan bisnis ini, sebaiknya memang bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa lainnya, salah satunya adalah jasa antar.

23. Broker properti

Bisnis properti memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan besar. Sebab semakin tahun harga rumah, tanah hingga bangunan akan terus melonjak. 

Manfaatkan kesempatan ini sebagai ladang bisnis. Meski tidak memiliki modal besar, mungkin bisa mencoba konsep agen properti. Lalu pasarkan melalui media sosial dan pembeli akan datang dengan sendirinya.

24. Berjualan NFT

Beberapa bulan ke belakang aplikasi atau platform di bawah naungan NFT sedang disorot. Bukan tanpa alasan karena memang ada keuntungan yang didapat jika bisa melihat peluang.

Misalnya seorang yang memiliki karya seni, bisa menjualnya di NFT untuk dipromosikan lebih lanjut lagi.

25. Jual di marketplace

Dalam setiap penjualan, yang paling dibutuhkan adalah produk terjual cepat, mudah, dan tentunya bernilai tinggi. Solusinya yakni memanfaatkan platform marketplace untuk membuka toko secara online.

Ide bisnis ini tergolong menjanjikan karena memberikan banyak keuntungan bagi penjual, misalnya promosi gratis, transaksi mudah, menjangkau seluruh kalangan dan kemudahan pengiriman. 

26. Menjual produk digital

Kebutuhan akan penggunaan barang non fisik atau digital makin besar. Diantaranya adalah template untuk email, kalender, kartu nama, dsb. Itu bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis yang menghasilkan. Keterampilan dasar yang harus dimiliki tentunya adalah desain serta ketelatenan..

27. Jual beli nama domain

Perusahaan berani membayar dengan nilai tinggi untuk nama domain yang diinginkan. Ide bisnisnya adalah membeli nama domain di beberapa platform penjualan dengan harga murah.

Tentu dalam penjualan harus memerlukan beberapa waktu karena harus menunggu domain mengalami kenaikan harga.

28. Beli dan jual di ebay

Ide bisnis menguntungkan ialah membeli barang dengan harga murah di aplikasi ebay. Kemudian naikkan harga dan jual kembali. 

Pilih produk yang ramai peminat seperti aksesoris, barang-barang antik, dll. Pastikan meninggalkan kesan yang baik kepada pelanggan, dengan cara memberikan respon cepat dan ramah.

29. Jual resep makanan

Suka masak? nyoba bikin resepnya dan jual di berbagai platform seperti Amazon. Akan ada keuntungan yang besar ketika resep makanan atau minuman berbeda dari lainnya.

Supaya menarik, sisipkan gambar di dalam artikel atau tulisan. Lantas maksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan resep tersebut.

30. Produksi dan jual video

Selain menggunakan platform Youtube, beberapa aplikasi bisa dimanfaatkan untuk menawarkan video seperti iStock, ShutterStock, dll. Apalagi aplikasi yang digunakan cakupannya adalah internasional.

Berbagai tema dari video yang dapat dijual bisa berbagai macam, mulai dari komedi, pelatihan, resep, dsb. Tingkatkan kualitas agar mengundang ketertarikan calon konsumen. 

31. Pemasar afiliasi

Menitipkan barang untuk dijual di web bisa menjadi solusi efektif bagi pebisnis pemula. 

Caranya yakni menitipkan tautan barang yang akan dijual ke situs atau media sosial. Nantinya penjual sekaligus pemasar akan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.

Kategori 4: Jual jasa

Selain menjual barang, berbisnis jasa secara online cukup menjanjikan. Bahkan, modal yang dikeluarkan lebih sedikit. 

Syarat utama yang harus dimiliki tentu gadget dan keterampilan. Dari sekian banyak ide bisnis menjual jasa, berikut beberapa contohnya:

32. Desainer 

Menjadi seorang desainer bisa dilakukan di mana saja. Cukup cari klien dan berikan portofolio serta penawaran yang baik untuk bisa mendapatkan keuntungan.

Cakupan desainer pun luas, bisa desainer baju, pamflet, brosur, dan masih banyak lagi.

33. Pengajar

Di era pandemi, banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk mencari keuntungan. Keterbatasan anak belajar tatap muka bisa diakali secara daring.

Menariknya adalah, ide bisnis sebagai seorang pengajar online akan terus berkelanjutan meskipun pandemi usai. Pasarnya pun bukan hanya di lingkungan sekitar, melainkan seluruh Indonesia.

34. Pelatih kebugaran

Kini olahraga bisa dilakukan di dalam rumah. Manfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. 

Promosikan diri di beberapa media sosial dengan menarik. Keuntungannya tentu didapat dari uang jasa para klien yang mengikuti pelatihan kebugaran. Sistem fee bisa dibayarkan setiap bulan atau bahkan setiap pertemuan.

35. Pelatihan public speaking

Berbicara dengan baik di muka umum sangat dibutuhkan oleh beberapa orang, contoh seorang MC, manajer, pemimpin, dsb. Maka Dari itu, jika memiliki kemampuan public speaking, tidak ada salahnya untuk membuka pelatihan di bidang ini.

36. Pelatihan menulis

Seorang penulis bisa memperluas bisnisnya dengan membuka pelatihan menulis. Manfaatkan teknologi dan dan tingkatkan relasi untuk dapat dikenal orang.

Lebih baik lagi jika memang memiliki pengalaman menulis di media dengan rentang waktu yang cukup, serta sertifikat sebagai bukti pengakuan profesionalitas.

37. Asisten pekerja

Menjadi asisten bukan hanya berlaku di dunia nyata, melainkan juga dunia maya. Pekerjaan ini dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan sebab banyak orang yang membutuhkannya untuk membantu mengatur usaha, mulai dari keuangan, pemasaran, distribusi hingga survey.  

38. Manajer media sosial

Kini Anda bisa menjadi manajer di dunia maya. Ada beberapa pilihan yakni secara independen atau memang bergabung di perusahaan yang bergerak di bidang industri online.

39. Jasa akuntan

Ide bisnis ini bisa dilakukan jika memiliki latar belakang ekonomi atau akuntansi. Di beberapa kota besar, beberapa orang tidak sempat mengatur keuangan pribadi. Tidak perlu bertatap muka dengan klien, jasa akuntan cukup dikomunikasikan melalui media sosial yang ada.

40. Jasa promotor unggahan di media sosial

Follower yang banyak menjadi salah satu syarat untuk memiliki bisnis ini. Cukup mempromosikan iklan di berbagai media sosial, dengan begitu akan ada keuntungan yang bisa diraih.

41. Pengisi suara

Film atau iklan biasanya membutuhkan pengisi suara. Pekerjaan ini hanya membutuhkan skill berbicara dan memiliki sara sesuai. 

Ide bisnis tersebut cocok bagi siapapun yang tidak percaya diri di depan kamera. Cukup membaca naskah, improvisasi dan merekamnya, maka pendapatan akan datang dengan sendirinya.

42. Konsultan iklan

Penjualan barang maupun jasa membutuhkan iklan yang efektif dan efisien untuk bisa memastikan apa yang dijual tepat sasaran. Sayangnya, beberapa orang masih belum paham mengenai hal itu.

Jika mampu serta memiliki pengalaman dalam pemasaran atau pengiklanan, maka ide bisnis ini tentu sangat menjanjikan.

43. Jasa ketik

Keterampilan mengetik cepat dan tepat bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis online. Beberapa sasarannya yakni lembaga dan instansi seperti pengadilan agama, hukum, asosiasi perdagangan, dll.

Tidak perlu modal yang besar, hanya koneksi internet dan keterampilan menulis yang baik dan benar.

44. Jasa konseling online

Jika memiliki latar belakang psikolog, ide bisnis membuka konseling online bisa menjadi pilihan. 

Dengan melakukan konseling online, tentu hanya memanfaatkan berbagai macam platform pertemuan yang ada, seperti Google meet, Zoom, dsb.

45. Penulisan CV atau surat lamaran 

Salah satu hal penting dan menjadi prasyarat untuk memulai pekerjaan adalah dengan memperlihatkan CV. beberapa orang akan kesulitan untuk mendesain CV yang menarik.

Ide bisnis online tersebut dapat dicoba tanpa harus bertemu dengan pelanggan. Cukup berikan beberapa contoh template CV yang bisa dibuat.

46. Riset web

Riset website wajib dilakukan untuk membangun situs yang bagus dan kuat. Kegiatan ini bisa memakan waktu cukup lama. 

Oleh sebab itu, perusahaan lebih memilih jasa riset website guna membantu pembangunan sebuah situs agar sesuai. 

47. Korektor teks

Tugas korektor teks biasanya adalah mengecek tulisan dengan berbagai tema seperti tanda baca, ejaan, sistematika penulisan, tipografi, dll.

Ketelitian menjadi bagian yang harus terus diasah untuk mendapatkan kepercayaan dari klien atau pengguna jasa.

48. Coding specialist

Keterampilan ini memang dimiliki oleh keterbatasan orang. Jika Anda memilikinya, maka ide bisnis sebagai seorang spesialis coding bisa menjadi pilihan. Salah satu tugasnya adalah dengan menciptakan sebuah aplikasi yang diantara banyaknya proses adalah coding.

49. Desain buletin

Desain buletin bermodalkan kreativitas, kemampuan menggambar serta gadget seperti laptop atau smartphone. Kendati demikian, pekerjaan ini cukup fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja dan sesuai dengan hobi atau passion.

50. Event Organization (EO)

Siapa sangka pekerjaan ini dapat dilakukan tanpa harus keluar atau menuju ke suatu tempat. Dengan keterampilan mengelola, memimpin, dan kreativitas, dan bantuan beberapa rekan sudah dapat dijalankan.

Tawarkan jasa atau ide bisnis melalui berbagai media massa dengan menonjolkan kelebihan ketika memakai jasa.

51. Pelatihan Bahasa Inggris

Era yang semakin maju dan persaingan global menuntut seseorang untuk dapat berbahasa asing, khususnya bahasa inggris. 

Oleh sebab itu pelatihan Bahasa Inggris memberikan ide bisnis baru yang menghasilkan. Untuk menarik siswa datang, pastikan memiliki beberapa keterampilan Bahasa Inggris mumpuni yang dibuktikan oleh sertifikat tertentu.

52. Jasa membuat presentasi

Mereka yang memiliki mobilitas tinggi terkadang tidak akan sempat membuat bahan presentasinya sendiri. Dengan demikian, ada potensi besar untuk membuka jasa membuat presentasi.

Ide bisnis ini dapat dilakukan secara online dan tentunya tidak membutuhkan modal selain jaringan internet dan personal computer.

53. Percetakaan 3D

Membuat karya dengan konsep 3D menarik banyak perhatian. Maka tidak ada salahnya membuka bisnis di bidang ini.

Tidak harus menunggu memiliki printer 3D, bisa juga berkolaborasi dengan penyedia fasilitas. Nantinya konsep pembagian hasil menjadi solusi yang paling adil.

54. Konsultan SDM

Setiap perusahaan atau instansi memiliki tujuan untuk terus maju. Tidak jarang mereka mencari konsultan yang mahir dalam pengelolaan SDM.

Konsultan SDM memiliki tanggung jawab besar. Sebab mereka ikut andil dalam menentukan pekerja yang cocok dan sesuai dengan visi misi perusahaan. Kendati demikian berpeluang untuk berkembang karena banyak membangun relasi.

55. Perancang busana

Dunia fashion terus berkembang setiap tahunnya. Para fashion designer dituntut untuk terus berkreasi menciptakan tren-tren terbaru. 

Beruntungnya saat ini mereka dibantu oleh media sosial atau situs sebagai referensi mencari ide. Pun demikian, hasil karya bisa dipamerkan serta dipromosikan lewat media tersebut, sehingga berpeluang dikenal oleh khalayak.

56. Layanan sulih suara

Layanan sulih suara bisa menjadi alternatif terbaik dalam berbisnis. .Tidak perlu keluar rumah atau menampakkan diri, cukup memiliki kemampuan berbicara yang bagus dan berkomunikasi lancar maka keuntungan bisa didapatkan.

57. Konsultan manajemen proyek

Sistem manajemen sangat dibutuhkan dalam sebuah proyek. Tuntutan perencanaan sesuai dengan hasil menjadi alasan bahwa menjadi konsultan manajemen proyek online sangat dibutuhkan.

Memang tidak sembarangan dan semua orang bisa melakukan bisnis ini. Namun jika memiliki keterampilan dan ilmu dasarnya, maka akan sangat menghasilkan.

58. Konsultan pertanian

Petani nyatanya masih membutuhkan orang untuk membantu dalam perawatan pertanian secara keseluruhan. Dengan demikian, menjadi konsultan di bidang ini bisa menjadi pilihan untuk memiliki bisnis sendiri.

Selain itu, bisa saja mengkolaborasikan dengan berbagai pekerjaan lain, seperti menjadi promotor dalam kebutuhan pertanian seperti pupuk, bibit tanaman, dsb.

59. Editor video

Sebuah film atau cerita bergambar membutuhkan proses editing. Di sisi lain, ini menjadi bagian terpenting untuk menghasilkan karya yang baik. 

Ide bisnis menjadi seorang editor video sepertinya menarik. Promosikan beberapa karya editing di berbagai media sosial atau bekerja sama dengan beberapa perusahaan atau instansi.

60. Pengembang web

Perkembangan teknologi membawa website sebagai media penting untuk berbagai hal, mulai dari bisnis, pendidikan, pemerintahan, kesehatan hingga hobi. 

Pentingnya website juga membuka pintu peluang bagi pengembangnya untuk menekuni bidang ini dan menjajal usaha sendiri. Hanya perlu skill teknologi informasi serta ketelatenan, maka ide bisnis online sebagai web developer dapat dijalankan dengan lancar.

Kategori 5: Ide bisnis lain

Selain beberapa kategori di atas, masih ada beberapa ide bisnis online yang bisa dimiliki hanya dengan bermodalkan internet dan gadget dengan modal minim. Berikut beberapa contohnya:

61. Pemilik portal web

Tidak harus mengeluarkan uang untuk memiliki portal web sendiri. Jika memang memiliki pengalaman di dunia media, maka bisa bermitra dengan beberapa perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan portal web secara gratis.

Berbagai macam portal web yang bisa dikelola dan tentunya menghasilkan melalui iklan yang masuk. Dengan menulis sesuai kaidah SEO, maka akan berpotensi dilirik Google dan menghasilkan uang.

62. Pemilik aplikasi 

Bermodalkan pengetahuan tentang coding dan memanfaatkan peluang yang ada, maka menciptakan sebuah aplikasi adalah salah satu ide bisnis yang layak dicoba.

63. Mengambil bagian di pasar saham

Bermain saham juga bisa dijadikan sebagai bisnis. Tentu saja membelinya saat harga terendah dan menjual kembali ketika naik. Alhasil akan mendapatkan keuntungan, bukan?

Namun yang perlu diperhatikan adalah memilih tempat atau saham yang memang terdaftar secara hukum atau lembaga keuangan.

64. Menjadi telemarketer

Seorang telemarketer bukan hanya memasarkan, namun harus memiliki kemampuan berbcara yang baik. Modal awal yakni telepon, gadget, dan keterampilan dalam berkomunikasi.

Di sisi lain, membangun relasi dan kepercayaan kepada klien menjadi hal yang penting untuk mengembangkan bisnis ini.

65. Membangun komunitas di media sosial

Membangun komunitas di media sosial dimulai dari ketertarikan yang sama. Kemudian menetapkan visi misi dan keberlanjutan. 

Komunitas yang mudah ditemui di media sosial, seperti fanbase artis, pecint hewan, animasi dan lain sebagainya. Jika jumlah pengikut banyak, maka bisa sekaligus membuka endorsement.

66. Peneliti

Menyukai penelitian di bidang akademik bisa jadi ladang usaha. Anda dapat menjual atau menerbitkannya di jurnal untuk dipresentasikan secara online. Keuntungan akan didapat dari harga per jurnal yang diunggah oleh user.

Kesimpulan

Beberapa ide bisnis online di atas menjadi gambaran bahwa berbisnis tidaklah harus membutuhkan modal yang besar. Selain itu, keuntungan lainnya adalah dapat dikerjakan dimana saja asalkan ada jaringan internet. Yuk, pilih mana yang paling disukai dari deretan di atas!

Leave a comment