Skip links

27+ Ide Usaha Kuliner Laris Dengan Modal Kecil

Ingin tahu ide usaha kuliner yang laris dengan modal kecil? Butuh tips untuk menjalankan usaha kuliner? Simak penjelasan pada artikel ini!

Table of Contents

Bisnis kuliner hingga saat ini masih menjadi pilihan banyak orang. Selain karena penjualan yang lebih mudah, juga bisa dimulai dengan modal kecil dan bahkan tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan.

Dengan penjelasan singkat di atas Anda mungkin akan tertarik untuk memulainya. Bila merasa kebingungan mencari jenis makanan apa yang akan dijual, berikut rekomendasi beberapa ide usaha kuliner modal kecil beserta tips menjalankan bisnis ini.

Pesan penulis : Jika membutuhkan bantuan dengan pembuatan website maupun jasa optimasi SEO, Crooud.com mungkin bisa menjadi pilihan partner anda.

Ide usaha kuliner laris dengan modal kecil

1. Aneka gorengan

ide usaha kuliner - aneka gorengan

Gorengan seperti mendoan, bakwan, tahu isi, dan pisang goreng merupakan favorit masyarakat Indonesia bahkan di saat harga minyak melambung seperti saat ini. Ide usaha kuliner yangg satu ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling menjanjikan dan tidak ada matinya.

Cukup sediakan lapak kecil untuk berjualan atau bisa juga dititipkan di warung-warung terdekat serta para penjual jajan pasar.

2. Rujak cireng

ide usaha kuliner - rujak cireng

Makanan khas Jawa Barat ini bisa menjadi salah satu ide usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal murah. Pembuatan cireng hanya membutuhkan bahan-bahan seperti tepung sagu, daun bawang bawang putih, merica, gula, dan garam. Sementara itu untuk bahan saus terbuat dari cabai, bawang putih, terasi, air asam jawa dan gula merah.

Anda bisa menjual rujak cireng ini dalam bentuk frozen dengan sistem COD atau same day delivery.  

3. Tahu walik

ide usaha kuliner - tahu walik

Makanan ini masih cukup tren hingga sekarang, sehingga cocok menjadi ide usaha kuliner mudah dan bermodal kecil. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tahu pong, tepung tapioka, daun bawang serta bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, gula kaldu bubuk, dan garam. Bisa menjualnya dalam bentuk frozen atau siap makan.

4. Bolu pisang

ide usaha kuliner - bolu pisang

Bagi yang suka membuat kue, bolu pisang ini bisa menjadi alternatif ide usaha kuliner yang simpel dan murah. Bahan-bahannya cukup sederhana seperti pisang, tepung terigu serbaguna, telur, susu bubuk, gula, sedikit garam, margarin, soda kue, dan vanili

Kue ini umumnya dibuat dengan cara dipanggang menggunakan oven. Namun bila tidak memilikinya, cukup gunakan panci kukus.

5. Bitterballen

ide usaha kuliner - bitterballen

Kudapan asal Belanda ini bisa menjadi ide usaha kuliner yang menjanjikan, apalagi masih tergolong asing di beberapa daerah. Bahan-bahannya antara lain yaitu kentang, wortel, seledri, garam, merica, susu cair, margarin, bawang bombay, keju, daging (bisa diganti sosis atau kornet), serta tepung terigu dan panir untuk membalurnya.

Bitterballen umumnya dijual dalam bentuk frozen food. Adapun harganya bervariasi sesuai dengan isian yang digunakan.

Baca Juga Artikel Ini :

Taktik Jitu Meningkatkan Penjualan Dalam 90 Hari! 

17+ Inspirasi Usaha Sampingan Sambil Bekerja WFH

Optimalkan Digital Marketing Untuk Kesuksesan Anda

6. Popcorn

ide usaha kuliner - popcorn

Ide usaha kuliner yang satu ini hanya membutuhkan bahan-bahan seperti biji jagung kering, margarin, gula, dan beberapa perisa makanan. Cobalah untuk menjual popcorn melalui toko online atau marketplace karena merupakan makanan yang awet dan tidak cepat basi.

Buatlah beberapa pilihan rasa dengan warna variatif agar konsumen tertarik dengan popcorn buatan Anda.  

7. Makanan bayi

ide usaha kuliner - makanan bayi

Bayi membutuhkan berbagai nutrisi tanpa tambahan zat-zat yang kurang baik untuk kesehatan seperti pemanis buatan, pengawet, MSG, dan gula terlalu banyak. 

Dengan gambaran soal kebutuhan bayi tersebut, maka bisa menjadi peluang untuk menjual ide usaha kuliner seputar produk bubur sayuran, jus, atau puree dari bahan-bahan alami.

8. Pie apel/nanas

ide usaha kuliner - pie apel

Dessert asal Inggris ini sangat cocok dijadikan ide usaha kuliner karena cara membuatnya juga mudah. Hanya memerlukan roti tawar, nanas atau apel, gula palem, bubuk kayu manis (opsional), panir, serta telur.

Buatlah isian dengan memasak apel bersama gula palem dan air. Setelah air habis dan menjadi karamel, letakkan di atas roti lalu lipat (bisa juga digulung). Balurkan pada telur lalu ke tepung panir dan pie siap digoreng. 

9. Roti goreng jagung

ide usaha kuliner - roti goreng jagung

Roti goreng jagung bisa dijual bersamaan dengan pie apel sebagai ide usaha kuliner pilihan, karena keduanya memiliki bahan utama yang sama, yaitu roti tawar. Adapun isian yang digunakan antara lain seperti jagung, sosis mayones, bawang bombay, margarin, dan saus sambal serta telur dan tepung panir untuk membalur roti saat sudah diisi.

10. Bola ubi lumer

ide usaha kuliner - bola ubi lumer

Cara membuat ide usaha kuliner yang satu ini hampir sama dengan pie apel. Cukup sediakan ubi, lalu masak dengan berbagai rasa, telur serta tepung panir. 

Bola ubi lumer ini bisa dijual dengan membuka lapak sederhana atau dalam bentuk frozen

11. Risoles manis

ide usaha kuliner - risoles manis

Bila tak mau repot untuk membuat ragout sebagai isian risoles, maka risoles manis bisa menjadi solusi untuk ide usaha kuliner. Untuk membuat makanan ini hanya membutuhkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, susu, dan kuning telur sebagai adonan kulit serta beberapa isian seperti coklat masak aneka rasa, keju, oreo, atau marshmallow sebagai isian.

12. Corndog

ide usaha kuliner - corndog

Corndog adalah alternatif lain bila membutuhkan ide usaha kuliner murah, trending dan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain seperti sosis, keju mozarella, tepung tapioka, kentang, garam, merica dan penyedap serta saus sambal dan mayones sebagai pelengkap.

13. Mie omelette

ide usaha kuliner - mie omelette

Ide usaha kuliner yang satu ini mudah dibuat dan bisa dijual dengan harga terjangkau agar menarik konsumen. Bahan-bahannya pun tergolong murah, yaitu mie instan, wortel, daun bawang, jagung, serta yang terpenting adalah telur.

Supaya lebih nikmat, tambahkan bumbu seperti garam, merica, dan kaldu bubuk.

14. Kremesan

ide usaha kuliner - kremesan

Kremesan merupakan ide usaha makanan yang murah dan mudah karena hanya berbahan tepung dan beberapa bumbu seperti gula, garam, kunyit, kaldu bubuk, merica, bawang merah dan bawah putih.

Sebagai ide usaha kuliner, Kremesan bisa dibilang nyaris tanpa resiko.

Anda bisa membuatnya dengan berbagai ukuran atau berat.

15. Brownies lumer

ide usaha kuliner - brownies lumer

Ide usaha kuliner Brownies lumer bisa dibuat bahkan tanpa bermodalkan oven seperti bolu pisang.

Cukup sediakan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, bubuk coklat, coklat masak, gula, dan sedikit garam untuk membuatnya. Setelah semua dicampur, kukus adonan hingga matang di luar dan dalamnya supaya meleleh.

Pembuatan makanan ini mungkin memerlukan beberapa kali eksperimen agar bisa meleleh saat disajikan.

16. Aneka keripik dan makanan ringan

ide usaha kuliner - snack stik keju

Aneka keripik dan makanan ringan merupakan ide usaha kuliner yang cukup menjanjikan karena bisa menjangkau konsumen secara luas seperti popcorn mengingat ketahanan produknya cukup baik.

Anda bisa menjual beberapa variasi keripik dan makanan ringan seperti stik keju, keripik kaca, keripik singkong aneka rasa, makaroni aneka rasa, atau mie lidi aneka rasa.

17. Sempol

ide usaha kuliner - sempol

Sempol merupakan makanan yang disukai banyak orang terutama oleh anak muda. Menjadikannya ide usaha kuliner tentu sangat menjanjikan. 

Bahan yang dibutuhkan antara lain tepung tapioka, daun bawang, gula, garam, kaldu bubuk serta telur dan tepung panir sebagai pembalur.

Sempol asli menggunakan daging ayam sebagai bahan tambahan atau bisa juga menciptakan versi murah tanpa daging di dalamnya. 

18. Donat

ide usaha kuliner - donat

Donat merupakan favorit orang dari berbagai usia, sehingga bisa menjadi bisnis menjanjikan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain yaitu terigu protein tinggi, telur, susu, ragi instan, gula, garam, dan margarin.

Ada berbagai macam varian donat seperti donat gula, meses, atau bomboloni.

19. Odading/bolang-baling/kue bantal

ide usaha kuliner - odading

Makanan yang pernah viral pada masanya ini bisa dijadikan ide usaha kuliner bersama donat karena terbuat dari bahan yang sama dan hanya perlu menambahkan taburan wijen di atasnya.

20. Kue cucur

ide usaha kuliner - kue cucur

Makanan khas Betawi ini bisa menjadi pilihan lain untuk usaha kuliner. Hanya menggunakan bahan sederhana dan murah seperti tepung beras, terigu, gula merah, gula pasir, garam pasta pandan, serta vanili, anda sudah bisa membuat dua varian yaitu cucur gula merah dan pandan.

21. Jus buah

ide usaha kuliner - jus buah

Dengan bermodalkan blender, buah-buahan, gula, es, dan air, aneka jus bisa menjadi ide usaha menjanjikan, mengingat banyak orang yang membutuhkan minuman sehat dan menyegarkan. 

22. Es Buah

ide usaha kuliner - es buah

Es buah merupakan ide usaha kuliner lain yang bisa dijual bersama jus buah sebagai alternatif pengembangan bisnis karena memiliki bahan utama yang sama. Mungkin hanya perlu menambah beberapa bahan seperti sirup, selasih, kental manis, santan, agar-agar, serta kolang kaling.

23. Salad buah

ide usaha kuliner - salad buah

Salad buah merupakan alternatif usaha kuliner lain bila ingin berjualan dengan bahan dasar buah. Bahan lain yang diperlukan adalah mayones serta keju dan coklat sebagai topping.

24. Aneka puding

ide usaha kuliner - puding

Bahan-bahan seperti agar-agar, susu, coklat, pandan, atau perisa makanan lainnya dapat diolah menjadi puding dan bisa dikembangkan sebagai bisnis menjanjikan. Buatlah berbagai varian agar menarik konsumen.

25. Bakso dan sosis bakar

ide usaha kuliner - sosis bakar

Bakso dan sosis bakar adalah solusi usaha kuliner jika memiliki target pasar anak-anak hingga remaja karena makanan ini menjadi salah satu yang favorit hingga kini. 

Dengan bermodalkan alat panggang sederhana, bakso, sosis, lidi untuk menusuk, margarin, dan aneka saus, sosis, maka bakso bakar ini bisa memberikan prospek yang menjanjikan. 

26. Mizu shingen mochi

ide usaha kuliner - raindrop cake
foto oleh ireland studio

Mizu shingen mochi atau raindrop cake adalah dessert khas Jepang yang bentuknya mirip tetesan air. Makanan ini dibuat dengan mudah karena hanya membutuhkan bahan-bahan seperti agar-agar putih, gula merah, dan bubuk kedelai atau diganti kacang tanah yang dihaluskan. Silahkan check resep raindrop cake disini

27. Susu kedelai

ide usaha kuliner - usus kedelai

Selain menjual jus buah dan salad, susu kedelai adalah produk menyehatkan lainnya yang bisa dijual. Bahan yang dibutuhkan hanyalah kedelai, air, gula, jahe, dan beberapa perisa seperti pandan, pisang, atau coklat.

Anda bisa menjual susu kedelai menggunakan kemasan botol atau bisa juga menggunakan kemasan plastik.

28. Martabak manis mini

ide usaha kuliner - martabak manis mini

Martabak mini adalah salah satu ide usaha kuliner berprospek baik, terutama untuk menarik pelanggan yang menginginkan martabak manis dengan porsi kecil dan berbagai varian rasa.

Selain panggangan martabak sebagai alat utama, juga dibutuhkan bahan-bahan seperti terigu protein sedang, gula, susu, telur, baking powder, ragi instan, margarin, soda kue serta berbagai topping seperti meses, keju, kacang, dan aneka selai.

Kesalahan yang harus dihindari saat menjalankan usaha kuliner

1. Mengabaikan kualitas dan kebersihan

Banyak penjual makanan yang hingga kini hanya menargetkan dengan harga murah agar cepat laku tanpa memerhatikan kualitas dan kebersihan. Padahal, banyak konsumen, terutama mereka yang tinggal di kota besar sangat perhatian dengan kebersihan dan kualitas.

Oleh karena itu, penting agar menjual makanan dengan pembuatan yang higienis serta berkualitas baik dari segi rasa, tekstur, dan penyajian.

2. Kurang promosi

Meskipun beberapa makanan bisa dijual melalui marketplace, tapi bila produk kurang dipromosikan, maka tidak akan dikenal luas dan jumlah konsumen pun terbatas. 

Padahal, saat ini promosi usaha sudah dimudahkan dengan banyaknya media sosial serta gadget murah.

3. Minim riset

Poin ini sering dilakukan hingga akhirnya membuat seseorang gagal menjalankan usaha kuliner. Beberapa cenderung terburu-buru untuk membuka bisis tanpa melihat berbagai potensi serta kendala yang akan dialami.  

4. Manajemen keuangan yang buruk

Manajemen keuangan yang berantakan bisa menjadi masalah besar meski telah sukses menjalankan ide usaha kuliner. Hal paling buruk yang mungkin saja terjadi bila tak segera memperbaikinya adalah gulung tikar alias bangkrut. Sebab, financial management yang baik adalah salah satu kunci agar sebuah bisnis bertahan dan berkembang.

Tips menjalankan usaha kuliner

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisnis kuliner:

  • Lakukanlah riset mengenai berbagai hal seperti target konsumen, suplai bahan, dan kompetitor agar bisa menentukan konsep serta jenis usaha kuliner yang akan dijalankan.
  • Cari suplai bahan yang murah dan berkualitas.
  • Desainlah sebuah logo serta buatlah nama yang bisa menggambarkan usaha kuliner Anda.
  • Bila membuka lapak, tentukanlah lokasi yang tepat. Selalu ingat prinsip “jangan menjual es krim pada orang eskimo”.
  • Selalu jadikan kualitas sebagai prioritas.
  • Andalkan sosial media sebagai sarana promosi.
  • Jangan ragu untuk belajar dari pendahulu. Misalnya jika berjualan nasi goreng, cobalah untuk sesekali membeli nasi goreng dari beberapa penjual berbeda agar bisa mempelajari rasa dan penyajiannya.
  • Selalu minta saran dan penilaian, terutama dari orang-orang terdekat serta pelanggan setia agar bisa membenahi hal-hal yang kurang.

Kesimpulan

Berbagai ide usaha kuliner bisa diwujudkan dengan menerapkan teknik serta sistem bisnis yang tepat. Misalnya saja, dimulai dari rencana, survey pasar, segmentasi, riset hingga penerapan marketing.

Dari ulasan di atas, adakah yang menginspirasi Anda dalam memulai bisnis kuliner?

Leave a comment